Posted On: Agustus 26, 2020

Sekilas Tentang Akses Air Bersih di Indonesia

akses air bersih

Air adalah salah satu hal yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Air digunakan untuk mandi, mencuci, makan, dan juga minum. Tidak ada air maka semua manusia pasti tidak akan bisa hidup. Oleh karena itu, perlu akses air yang baik bagi para masyarakat untuk bisa memenuhi kebutuhannya. Lalu, bagaimana akses air untuk masyarakat di Indonesia? Berikut penjelasannya:

Pentingnya Air Bersih untuk Manusia

Air bersih merupakan air yang keadaannya terbebas dari berbagai jenis kotoran, polutan, apalagi bakteri atau mikroorganisme lain yang membahayakan tubuh.

Air bersih sangat penting digunakan sebagai air minum karena sangat dibutuhkan sebagai komponen penyusun tubuh manusia. Oleh karena itu, masyarakat berhak mendapatkan akses air yang layak untuk digunakan sebagai air minum atau lainnya.

Keadaan Masyarakat Indonesia dalam Akses Air Bersih

Jika membahas mengenai keadaan masyarakat Indonesia dalam akses air bisa dikatakan masih sangat jauh dari sebuah kesempurnaan. Indonesia ini memiliki banyak daerah yang terkadang tempatnya sangat terpencil sehingga tidak dapat terjangkau air. Selain itu, rendahnya sumber daya khususnya dari segi finansial untuk membuat suatu akses air juga menjadi salah satu kendalanya.

Selain keadaan geografis dan sumber daya yang rendah, ketersediaan air juga sering kali masih berkaitan dengan kerusakan alam sehingga memperburuk kualitas air. Masyarakat Indonesia masih banyak yang mengaku mengalami kesulitan mendapatkan air. Apalagi ketika musim kemarau tiba sehingga akses air menjadi sangat terhambat. Bahkan air dengan kualitas buruk pun sangat sulit.

Akses Air Bersih di Indonesia

akses air bersih lebih mudah dengan pompa tenaga surya

Akses air bersih di Indonesia pada umunya bisa berasal dari PDAM, mata air, atau juga bisa dengan menggunakan sumur pompa. Masyarakat memiliki akses air yang sangat luas bagi yang tinggal di kota atau pedesaan yang sudah maju. Masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan air bahkan hanya dengan cara membuka kran saja.

Namun untuk daerah dengan geografis yang sulit maka mereka banyak yang melakukan berbagai cara. Akses air  ini bisa didapatkan dari proses penyulingan, pemurnian dengan menggunakan penyaringan alami, atau juga memanfaatkan sumber air yang keluar melalui beberapa saluran di bagian tanah. Memang sungguh sangat miris.

Baca juga:

Yang Sudah Dilakukan Pemerintah untuk Mengatasi Kekurangan Air Bersih di Indonesia

Pemerintah sendiri untuk mengatasi berbagai masalah di bidang akses air juga sudah melakukan berbagai cara. Pertama, pemerintah berupaya menjamin ketahanan air dengan mengubar sikap dan juga perilaku masyarakat untuk menjaga kelestarian alam serta meningkatkan pengetahuan masyarakat.

Selanjutnya, pemerintah juga berusaha untuk menyediakan infrastruktur yang baik dengan menerapkan perencanaan, penganggaran, dan juga investasi. Pemerintah juga melakukan penyelenggaraan air minum dan sanitasi di tingkat nasional hingga daerah.

Berikutnya, pemerintah juga akan memanfaatkan infrastruktur dengan lebih efektif, meningkatkan peran tata ruang dan juga meningkatkan kualitas pelayanan untuk memberikan akses air. Dengan cara ini, diharapkan adanya suatu peningkatan dalam akses masyarakat untuk air bersih di tahun 2025.

Yang Harus Dilakukan Oleh Masyarakat untuk Memenuhi Kebutuhan Air Bersih untuk Kebutuhan

Sebagai masyarakat, memang harus selalu mandiri. Terkadang menunggu pemerintah merupakan salah satu hal yang sia-sia. Mengapa demikian? Yang pertama, pengajuan yang sangat sulit, prosesnya yang panjang, banyak masyarakat di daerah lain yang juga memiliki masalah yang sama sehingga pemerintah harus melakukan penanganan untuk semua masalah tersebut.

Sebagai masyarakat sambil menunggu bantuan dari pemerintah, lebih baik meningkatkan pengetahuan di bidang pengelolaan air sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang. Selain itu, Anda pun juga bisa membeli alat misalnya pompa untuk sumur bor dengan dana kolektif masyarakat sehingga dapat digunakan untuk mendapatkan akses air yang mudah.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *