Posted On: Agustus 25, 2020

Pompa Air Tenaga Surya, Solusi Sistem Air Mandiri

sistem pompa air tenaga surya

Pompa air tenaga surya saat ini sebenarnya sudah mulai banyak dilirik masyarakat Indonesia. Terutama bagi yang tingal di daerah-daerah tertentu yang sulit dijangkau pasokan listrik. Selain itu, pemanfaatannya biasanya dilakukan di area peternakan, persawahan, perkebunan, dan lainnya. Pompa air jenis ini memang mudah untuk digunakan. Anda tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan besarnya biaya operasional. Maka dari itu,  pilih pompa air panel surya untuk efisiensi biaya.

Seperti kita ketahui, selama ini Indonesia terkenal sebagai sebuah negara kepulauan yang terbesar di wilayah khatulistiwa, dan terdiri atas pulau-pulau kecil dan besar. Hal inilah yang membuat Indonesia sebagai tujuan pariwisata dunia yang begitu populer, namun sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan pemerataan pasokan air maupun listrik yang memadai hingga di pelosok daerah.

Pemanfaatan Pompa Air Bertenaga Surya

pemasangan panel surya

Kita ketahui semua bahwa kebutuhan paling utama manusia ialah air. Rasanya mustahil jika manusia hidup tanpa ketersediaan air, mengingat air biasanya dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan manusia yang paling mendasar, seperti untuk memasak, mencuci, mandi, pengairan sawah, dan lain sebagainya.

Guna menyiasati terjadinya krisis air di area terpencil, tentu saja pemanfaatan panel surya merupakan pilihan terbijak saat ini. Untuk mendapatkan sumber air bersih, maka penggunaan pompa air yang bertenaga surya bisa menjadi alternatif untuk mengatasi hambatan yang terjadi. Pompa air bertenaga surya ini ialah pompa air dengan tenaga penggeraknya memakai tenaga surya.

Pompa jenis ini sangat tepat diaplikasikan di daerah-daerah terpencil, mengingat cara kerjanya sendiri dilakukan secara mandiri dan tanpa menggunakan jaringan Pembangkit  Listrik Negara atau PLN. Biasanya pompa air tenaga surya ini bekerja tanpa menggunakan baterai, melainkan memakai sinar matahari, sehingga sangat cocok diterapkan di daerah-daerah tertentu yang tidak mendapat pasokan listrik.

Baca Juga:

Bagaimana Cara Kerja dari Pompa Air Bertenaga Surya?

cara kerja pompa air tenaga surya

Prinsip kerja singkat dari pompa air bertenaga surya ialah memanfaatkan panel surya. Panel surya inilah yang dijadikan sebagai alat untuk mengonversi tenaga surya hingga menjadi listrik. Cahaya matahari yang sudah ditangkap panel surya, akan diubah menjadi energi listrik arus searah. Melalui sebuah panel kontrol baru kemudian bisa dimanfaatkan sebagai penggerak pompa.

Pompa air bertenaga surya yang dipakai untuk sistem ini ialah jenis pompa submersible atau pompa air celup yang berarus DC. Adapun alasan memakai pompa tanam/celup ini yaitu dikarenakan lebih efisien. Anda tidak perlu lagi memakai pipa hisap sebagai salah satu faktor kerumitan saat memasang pompa biasa. Mengingat seringnya  mengalami kebocoran di pipa tersebut sehingga membuat pompa pun sulit menghisap air.

Jika Anda memakai pompa submersible atau pompa celup, maka Anda tidak perlu repot lagi dengan pemakaian pipa hisap, cukup dicelupkan saja ke sumber airnya, dan pompa pun sudah bisa dioperasikan.

Sementara pemakaian listrik DC pada pompa ini juga benar-benar memberikan dampak positif, karena lebih efisien. Belum lagi, listrik bertegangan DC ini adalah listrik yang memang dihasilkan dari panel surya, karenanya Anda tidak perlu lagi menambahkan inverter untuk mengonversi dari arus DC menuju AC. Secara teori Anda hanya perlu menghubungkan kabel yang berasal dari pompa menuju kabel yang berasal dari panel surya. Tetapi tetap harus dilengkapi panel kontrol untuk keamanan dan mengatur kerja pompa.

Apa Saja Manfaat Pompa Air Bertenaga Surya?

manfaat pompa air tenaga surya

Berikut ini, setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan jika memakai pompa bertenaga surya, diantaranya:

  1. Walaupun mengandalkan tenaga surya atau cahaya matahari sebagai tenaga penggeraknya, namun pompa air bertenaga surya ini tetap dapat menangkap cahaya matahari walaupun cuaca sedang hujan atau mendung sekalipun. Jadi, penggunaannya lebih mudah dan fleksibel.
  2. Para pengguna pompa air bertenaga surya selamanya tidak harus mengeluarkan biaya operasional untuk pembayaran bahan bakar atau atau listrik.
  3. Pompa air yang memanfaatkan panel surya ini dapat bekerja dengan otomatis, selain itu perawatan kebersihannya juga lebih mudah, sehingga tidak mengandalkan operator khusus untuk mengoperasikan pompa tersebut setiap harinya.
  4. Semakin banyaknya distributor dan agen yang menjual pompa air tenaga surya ini, tentu saja mempermudah para pengguna untuk menemukan produk pompa air sesuai kebutuhan.
  5. Kebutuhan debit setiap jam serta kedalaman pompa bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan, sebab pompa air ini tersedia lewat berbagai macam kapasitas dan jenis pompa air itu sendiri.
  6. Dibandingkan pemakaian pompa air bertenaga listrik dari PLN, yang membutuhkan infrastruktur jaringan kabel. Di daerah-daerah terpencil justru pemakaian pompa air yang bertenaga surya ini sangat mudah pemasangannya. Dimana saat pemasangan, pompa ini tidak harus menunggu pemasangan jaringan kabel PLN dulu.
  7. Pompa air ini  bisa dipakai untuk berbagai macam sumber air, baik itu untuk sumur bor, mata air, sumur yang dangkal, dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui manfaat dan kemudahan pemakaian pompa air dari tenaga surya ini, jadi wajar rasanya jika pompa ini menjadi alternatif banyak orang untuk memenuhi ketersediaan air besih di daerah-daerah tertentu yang tidak terjangkau aliran listrik, mengingat pompa air ini sangat efisien, tahan lama dan juga lebih efektif penggunaannya.

Jenis Pompa Air Tenaga Surya Untuk Sumur Bor

jenis pompa submersible

Seperti kita ketahui, sumur bor mempunyai tingkat kedalaman berbeda, hal ini umumnya disebabkan oleh tempat pembangunan sumur bor itu sendiri. Adapun alasan kenapa tempat menentukan tingkat kedalaman sumur bor yaitu dikarenakan kontur atau kondisi tanahnya yang berbeda-beda.

Dengan perbedaan tingkat kedalaman sumur bor itu sendiri, tentu saja berpengaruh terhadap penggunaan pompa air. Tidak terkecuali pompa air bertenaga surya untuk sumur  bor, harus benar-benar sesuai kondisi kedalaman pada sumber air.

Jenis pompa yang umum digunakan untuk sumur bor adalah pompa submersible. Sesuai namanya, arti dari submersible itu sendiri adala menyelam. Jenis pompa ini juga bersifat menyelam, yakni dengan diletakkan jauh dari bawah permukaan sehingga terendam air. Adapun kepala hisap pompa ini jaraknya melebihi 10 meter. Variasi jenis pompa ini sangat beragam, untuk sumur kedalaman 5 m sampai lebih dari 200 m juga tersedia.

Baca Juga:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *