Posted On: Agustus 26, 2020

Standar Kebutuhan Air Bersih

kebutuhan air

Air Bersih adalah salah satu hal yang paling dibutuhkan manusia. Ketersediaan air merupakan suatu anugerah tersendiri bagi setiap orang. Banyak wilayah di Indonesia yang masih kesulitan mendapatkan akses air bersih. Penggunaan air bersih ini berbeda-beda, ada yang banyak dan ada juga yang sedikit sehingga perlu pembahasan yang lebih lanjut. Untuk standar kebutuhan air bersih untuk wilayah Indonesia sendiri dapat dibagi dalam beberapa pembahasan sebagai berikut:

Standar Kebutuhan Air Bersih Dilihat dari Wilayah

Pertama, standar kebutuhan air bersih dapat dilihat dari wilayahnya. Kebutuhan air di daerah pedesaan dan juga di perkotaan sangat berbeda. Di pedesaan, kebutuhan akan air lebih sedikit jika dibandingkan dengan kebutuhan air di wilayah perkotaan. Warga di pedesaan dan juga di perkotaan memiliki pola hidup yang berbeda sehingga kebutuhannya pun juga akan berbeda.

Untuk kebutuhan air minum sendiri, di wilayah pedesaan memiliki kebutuhan sekitar 60 liter per kapita per harinya. Untuk kota dengan ukuran yang relatif kecil memiliki kebutuhan sekitar 90 liter per kapita per hari. Untuk kota degan ukuran sedang membutuhkan sekitar 110 liter per kapita per hari. Kota besar sekitar 130 liter per kapita per hari, dan terakhir untuk kota metropolitan memiliki kebutuhan sekitar 150 liter per kapita per hari.

Standar Kebutuhan Air Bersih Dilihat dari Kebutuhan per Kapita

Jika dilihat lagi, setiap orang atau sekelompok orang misalnya keluarga memiliki perbedaan kebutuhan air. Antar satu keluarga dan keluarga lainnya memiliki kebutuhan akan air yang sangat beragam dan tidak bisa disamakan.

Suatu keluarga bisa membutuhkan air dengan cukup banyak karena digunakan sebagai air minum, mandi, mencuci pakaian, mencuci piring, menyiram bunga, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk keluarga yang lainnya ada yang tidak melakukan semua hal tersebut, mungkin hanya memasak, mandi, dan mengepel saja lalu mencuci baju dilakukan dengan menggunakan jasa laundry, dan lain sebagainya.

Standar Kebutuhan Air Bersih Dilihat dari Iklim dan Cuaca

Selanjutnya, standar kebutuhan air bersih juga sangat bergantung dengan iklim serta cuaca. Iklim di Indonesia ini adalah tropis yang mana memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan juga musim hujan. Cuacanya pun terkadang dingin tetapi juga terkadang sangat panas.

Saat musim hujan, kebutuhan air cenderung lebih turun apalagi untuk kebutuhan air minum, manusia cenderung kurang minum saat cuaca dingin. Namun berbeda dengan kebutuhan saat cuaca terasa panas karena Anda pasti memerlukan minum yang lebih banyak serta membutuhkan mandi yang lebuh banyak pula.

Standar Kebutuhan Air Bersih Dilihat Dari Kondisi per Orang

Setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda sehingga tidak bisa disamakan. Kebutuhan air untuk bayi, anak, orang dewasa, orang tua, dan ibu hamil semuanya berbeda. Kebutuhan air bayi dan anak tentu hanya sedikit dibandingkan dengan kebutuhan orang dewasa. Orang dewasa apalagi ibu hamil membutuhkan air minum yang lebih banyak pula.

Bukan hanya soal usia saja. Kondisi manusia memang tidak dapat di sama ratakan. Bagi Anda yang memiliki penyakit dalam khususnya jantung maka tidak diperkenankan untuk meminum air terlalu banyak sehingga tentu kebutuhan akan air menjadi lebih turun. Oleh karena itu, standar kebutuhan terhadap air sangat bergantung dengan bagaimana kondisi orang tersebut.

Standar Kebutuhan Air Bersih Dilihat Dari Jenis Pemakaiannya

Dan yang terakhir adalah standar kebutuhan yang bisa dilihat dari jenis pemakaiannya. Bagi orang yang memiliki rumah dengan desain banyak akuarium, air mancur, kolam, dan lain sebagainya membuat standar kebutuhan setiap orang juga lebih tinggi. Namun, jika pemakaiannya standar seperti hanya digunakan untuk minum, makan, mandi, dan lain-lain maka tentu standarnya juga akan lebih rendah.

Penggunaan air juga sering kali digunakan di beberapa mal atau bangunan besar yang lain. Dengan tempat yang sangat besar sehingga memerlukan standar yang lebih baik dalam penyediaan air.  Banyak orang yang berkunjung sehingga akan banyak juga kebutuhan akan air yang garis terpenuhi.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *