Posted On: Oktober 30, 2020

Penjelasan Mengenai MC4 Conector pada Panel Surya

konektor panel surya

Penjelasan Mengenai MC4 Conector pada Panel Surya. Penggunaan energi matahari sebagai sumber daya alternati pengganti sumber daya listrik belakangan banyak di lirik oleh masyarakat. Apalagi dengan tersedianya banyak peralatan dan mesin panel yang mulai dipasarkan, membuat akses penggunaan sumber daya alternatif menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Di panel surya/solar panel, terdapat banyak komponen yang diperlukan, karena jika kurang satu komponen saja maka mesin tidak berjalan secara optimal. Salah satu jenis komponen yang cukup penting MC4 connector. Komponen tersebut memiliki fungsi vital sebagai penghantar arus listrik dari panel ke dalam kabel Anda.

Dengan begitu, daya yang berhasil diubah oleh komponen konversi cahaya matahari ke energi listrik dapat dialirkan langsung ke kabel dan Anda gunakan. Peralatan ini umumnya berada dalam satu paket dengan panel surya, namun juga bisa Anda dapatkan secara terpisah di distributor penyedia peralatan tenaga surya.

Jika Anda membutuhkan informasi yang lebih lengkap mengenai komponen tersebut, berikut merupakan ulasan singkat yang akan membahas mengenai konektor MC4 pada panel surya. Sehingga Anda akan lebih mudah memahami fungsi dan kegunaannya apabila hendak memasang solar panel di rumah ataupun lingkungan Anda.

Tentang MC4 Connector

connector panel surya

Pada panel surya yang dibuat beberapa dekade lalu, ia dibuat dengan boks khusus, sehingga komponen positif dan negatif berada dalam satu tempat yang sama. Dengan begitu pihak pemasang hanya perlu memasang boks tersebut dengan menyambungkan bagian positif dan negatif di dalamnya. Berbeda dengan panel surya yang dibuat baru-baru ini, penggunaan konektor MC4 membuat panel surya menjadi lebih efisien dan mudah untuk dipasang.

Komponen konektor MC4 ini memiliki dua tipe yang semuanya tetap harus digunakan, yakni tipe male dan female. Awalnya dua tipe ini akan dipisahkan sebelum proses pemasangan dilakuan, namun jika panel surya hendak digunakan Anda harus menggabungkannya. Tipe konektor ini juga cocok digunakan untuk eksositem luar ruangan.

Baca Juga:

Pemasangan MC4 Connector

Pemasangan konektor ini sebenarnya cukup mudah untk dilakukan, Anda bisa memperhatikan bagian positif dan negatif pada komponen kabel yang hendak digunakan. Satu kabel akan memiliki daya DC positif, sedangkan satu kabel di sebelahnya menggunakan daya DC negatif. Umumnya, female konektor akan digabungkan dengan kabel positif, sedangkan untuk male konektor akan dipasangkan ke kabel negatif.

Namun hal tersebut tidak terjadi di semua panel surya, jadi Anda harus melihat dengan seksama penjelasan yang terdapat dalam instruksi pemasangan yang disediakan. Anda juga dapat menggunakan volmeter digital guna mengetahui mana arus positif dan negatif di kabel tempat pemasangan konektor MC4.

Pemasangan MC4 Connector Secara Paralel

mc4 panel surya paralel

Ternyata konektor ini juga dapat dipasangkan secara paralel untuk membuat penggunaan daya menjadi makin efisien. Untuk membuat pemasangan paralel dapat dilakukan, Anda harus menggabungkan kabel positif dengan kabel positif dan sebaliknya, sebelum mengabungkan antara kabel positif dan negatif. Dengan begitu, ia dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan daya pada mesin panel yang Anda gunakan.

Jika hendak memasangkan konektor MC4 secara paralel di panel surya, Anda memerlukan beberapa komponen tambahan, yakni konektor multibranch untuk menggabungkan kutub negatif dengan kutub negatif dan sebaliknya. Mudahnya, Anda akanmenggabungkan dua kabel yang bermuatan positif dan negatif menjadi satu kabel dengan muatan yang sama.

Berbeda jika Anda hendak menggabungkan lebih dari dua buah konektor, Anda harus mengunakan komponen combiner box. Komponen tersebut akan memudahkan Anda untuk menggabungkan lebih dari satu kabel dari berbagai kutub. Memaksakan menggunakan multibranch komponen dibandingkan dengan combiner box guna memasang lebih dari dua kabel paralel akan menyulitkan Anda.

Demikianlah informasi singkat mengenai pemasangan dan informasi konektor MC4 pada panel surya. Apabila terdapat kesulitan dalam pemasangan, Anda bisa bertanya kepada tukang yang lebih ahli mengenai masalah tersebut. Saat ini konektor MC4 dapat Anda beli di berbagai distributor dan toko solar panel di Indonesia.

Baca Juga:

PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *