Posted On: Oktober 30, 2020

Macam-Macam Cara Pembersihan Panel Surya

cara membersihkan panel surya

Macam-Macam Cara Pembersihan Panel Surya. Penggunaan tenaga listrik sekarang sudah banyak menggunakan berbagai alternatif. Penggunaaan alternatif ini sangat menguntungkan bagi orang-orang yang menggunakan karena terbilang ramah lingkungan dan lebih efektif. Berbagai alternatif ini sudah banyak digunakan orang -orang dan mungkin Anda bisa menggunakan salah satunya.

Namun pada ulasan kali ini yang akan dibahas adalah mengenai Panel surya atau energi surya dan macan-macam pembersihannya. Bagi Anda yang menggunakan salah satu alternatif pembangkit listrik ini mungkin sudah tahu bagaimana cara perawatannya agar tidak mengganggu sistem kerja panel tersebut. Peletakan energi surya biasanya datar dan miring serta berada di atas atap rumah untuk penyerapan energi yang lebih maksimal.

Penggunaan energi surya itu sendiri sebenarnya tidak memerlukan perawatan yang ekstra, hanya saja mungkin Anda bisa memantau panel milik Anda apakah bermasalah atau tidak. Pembersihan panel itu sendiri sebenarnya tidak dianjurkan untuk sering dilakukan, sebaiknya tunggu hujan turun untuk membersihkan panel milik Anda secara menyeluruh.

Namun jika Anda ingin membersihkannya pastikan menggunakan selang air yang tidak bertekanan tinggi, air sabun yang tidak mengandung bahan kimia tinggi Seperti sabun pencuci piring, dan spons non-abrasif. Penggunaan spons jenis ini untuk mrnghindari terjadinya goresan  pada permukaan panel. Pembersihan panel dilakukan saat kondisi sedang sejuk, karena jika dalam kondisi matahari terik bisa membuat air yang digunakan menguap dan meninggalkan bekas.

Baca Juga: Bisa Dicoba, Inilah Alasan Mengapa Panel Surya Sangat Cocok Di Gunakan Di Indonesia

Dibawah ini merupakan metode yang bisa Anda gunakan dalam pembersihan Panel surya milik Anda.

1. Pembersih Elektrostatis

pembersihan panel surya elektrostatis

Teknologi pembersihan yang biasa juga disebut pemanenanan listrik, sistem kerja dari pembersih elektrostatis adalah dengan menggunakan plastik transparan yang nantinya akan diberikan bahan muatan listrik statis pada seluruh bagian panel untuk mengontrol kotoran yang melekat pada panel. Jika kotoran terdeteksi menghambat kinerja panel, maka sensor yang ada pada plastik mengirimkan signal yang nantinya sistem akan berubah ke mode pembersih.

Kotoran yang ada pada panel nantinya akan bersih karena gelombang permukaan listrik tadi pecah di permukaan material yang menyebabkan terjadinya goncangan pada debu. Sebenarnya penggunaan pembersih panel surya dengan metode elektrostatis terlalu bahaya dan juga bisa membuat Anda cidera karena ketika sistem sedang beroperasi pada mode pembersihan akan mengalami guncangan yang bisa menyebabkan longgarnya sambungan panel ke atap dan roboh.

2. Pembersih Teknologi Heliotek

pembersihan panel surya helliotek

Teknologi heliotek merupakan pembersih otomatis panel dengan cara mencuci dan membilas permukaan panel apabila sudah kotor. Anda bisa melakukan sistem pemrograman pembersihan yang sesuai dengan kondisi alam disekitar Anda. Sistem pembersihannya tergolong aman digunakan jika Anda menempatkan panel di atas atap rumah, karena cara kerja dari teknologi ini hanya melakukan penyemrotan yang ada disela-sela panel.

3. Pembersih Robotik

pembersihan panel surya robotik

Pembersih panel surya selanjutnya yaitu menggunakan pembersih robotik. Penggunaan sistem pembersih yang satu ini menggukan alat penggerak yang sudah dirancang sedemikian rupa dengan sistem pemrograman otomatis. Untuk memaksimalkan pengeluaran energi yang terdiri dari kepala pembersih dan sistem penggerak. Kepala pembersih berada dibagian sisi depan dan belakang yang terdiri dari dua sikat silinder. Dua sikat silinder ini bisa bergerak ke atas dan ke bawah.

Sistem penggerak dari alat pembersih yang satu ini yaitu seperti troli bermotor. Troli ini bergerak disetiap tepi permukaan panel untuk menghasilkan panel yang bersih. Penggunaan sistem pembersihan ini sebenarnya cukup efektif bagi Anda yang ingin membersihkan panel surya di atap rumah.

Sebenarnya untuk membersihkan panel milik Anda sekarang banyak perusahaan yang menyediakan layanan  pembersihan. Hanya saja biaya yang akan Anda keluarkan tergolong mahal. Mungkin alternatif yang bisa Anda gunakan yaitu membersihkan sendiri dengan menggunakan selang air bertekanan rendah. Jangan sampai menggunakan selang air yang bertekanan tinggi karena  itu akan merusak panel.

Untuk pembersihan panel bisa menggunakan spons. Sudah kita jelaskan diatas yaitu menggunakan spons non-abrasiv untuk memberikan air sabun pada permukaan panel. Pastikan selang yang Anda gunakan untuk membersihkan tidak mengenai permukaan panel yang lain. Jika itu terjadi bisa menyebabkan panel surya milik Anda tergores.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai pembersihan panel surya. Sempat kita bahas tadi di atas bahwa pembersihan panel itu sendiri sebenarnya tidak bisa dilakukan terlalu sering. Anda bisa menanyakan pada perusahaan tempat Anda membeli panel tersebut bagaimana perawatan dan cara untuk mengoptimalkan kinerja panel.

Baca Juga:

PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *