Posted On: Oktober 28, 2020

Bisa Dicoba, Inilah Alasan Mengapa Panel Surya Sangat Cocok Di Gunakan Di Indonesia

panel surya

Inilah Alasan Mengapa Panel Surya Sangat Cocok di Gunakan di Indonesia – Di berbagai negara, listrik bisa diperoleh melalui berbagai hal seperti menggunakan pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga uap, pembangkit listrik tenaga nuklir dan juga pembangkit listrik tenaga surya serta masih banyak lagi pembangkit listrik yang lainnya.

Penggunaan pembangkit listrik tenaga surya sudah tak asing lagi diberbagai negara, terutama negara-negara maju. Baru-baru ini, di Indonesia terdapat himbauan untuk menggunakan pembangkit listrik tenaga surya yang dipasang di atap. Terdapat banyak respon yang berdatangan dari masyarakat. Ada yang tidak mau dan tak sedikit pula yang setuju dengan adanya himbauan tersebut.

Terdapat banyak keunggulan ketika memasang panel surya di atap. Salah satu keunggulan yang akan diperoleh adalah menghemat pengeluaran. Maksudnya, listrik tersebut akan diperoleh dari sinar matahari. Sinar matahari bisa diperoleh dengan percuma atau gratis. Maka dari itu, Anda hanya perlu untuk membeli  peralatan yang dibutuhkan di awal saja.

Keunggulan tersebut tak banyak yang mengetahuinya dan pastinya sudah dirasakan oleh masyarakat yang menggunakan pembangkit listrik tenaga surya. Di Indonesia, memang sangat cocok untuk menggunakan pembangkit listrik tenaga surya di masing-masing rumah. Hal tersebut didasarkan pada beberapa alasan. Alasan-alasan tersebut adalah:

1. Cocok Dengan Iklim di Indonesia

Indonesia memiliki iklim yang sangat sesuai untuk menggunakan pembangkit listrik tenaga surya. Panas matahari yang sangat menyengat dan bersinar sepanjang hari dengan sinarnya yang stabil akan menghasilkan aliran listrik yang banyak juga sehingga akan sangat sesuai bila ingin memasang panel surya di atap rumah.

Pemilihan atap sebagai tempat pemasangan panel karena atap akan mendapatkan sinar matahari secara langsung. Selain itu, juga untuk menghemat tempat. Sehingga pemanfaatan sinar matahari tersebut akan lebih maksimal.

2. Meningkatkan Keamanan Jaringan

Masih banyak yang meragukan untuk memasang panel surya di rumah dan memilih menggunakan listrik dari PLN. Perlu Anda ketahui bahwa ketika menggunakan listrik yang biasa atau listrik lokal atau listrik dari PLN, sering terjadi pemadaman bukan? Bahkan terkadang pemadaman tersebut dilakukan secara mendadak tanpa adanya himbauan atau pemberitahuan terlebih dahulu.

Bukan hanya akan berdampak pada pencahayaan di rumah tetapi juga pemadaman ini akan sangat mengganggu kelancaran jaringan. Terlebih lagi, sejak awal 2020 Indonesia bahkan berbagai negara di dunia diserang pandemi covid -19. Seperti yang kita ketahui bahwa, rakyat Indonesia dituntut untuk melakukan berbagai hal dari rumah.

Mulai dari bekerja dari rumah hingga bersekolah pun dari rumah. Tentunya keadaan tersebut memaksa kita untuk mendapatkan jaringan yang stabil dengan koneksi internet yang cepat. Tentu akan sangat menyebalkan jika tiba-tiba terjadi pemadaman listrik secara mendadak disaat kita membutuhkan koneksi internet dan dalam keadaan yang mendesak.

Maka, penggunaan panel surya untuk memperoleh energi listrik dari sinar matahari akan sangat sesuai karena tidak akan mengganggu jaringan.

panel surya atap

3. Ramah dan Baik Untuk Lingkungan

Penggunaan pembangkit listrik tenaga surya akan sangat ramah lingkungan. Pasalnya, dengan menggunakan tenaga surya tidak akan menghasilkan dan meninggalkan limbah. Selain itu, penggunaan tenaga surya juga akan mengurangi jejak karbon yang berasal dari sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Sehingga menjadikan tenaga surya menjadi salah satu sumber tenaga listrik yang patut diterapkan di Indonesia.

Jadi sampai disini, apakah Anda juga ingin menggunakan panel surya sebagai penghasil energi listrik yang hijau dan bersih itu?

5. Panel Surya Bisa Bertahan Sampai 20 Tahun

Salah satu keunggulan yang bisa Anda dapatkan adalah bahwa panel-panel yang dibutuhkan untuk memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber energi listrik bisa bertahan sampai 20 tahun. Bukankah hal tersebut sangat menguntungkan? Dengan begitu, Anda akan menghemat pengeluaran bukan?

Meskipun sudah sampai 20 tahun, efisiensi dari panel akan tetap sangat bagus. Itulah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang beralih untuk menggunakan listrik tenaga surya di zaman sekarang ini.

6. Tidak Menimbulkan Polusi Suara

Listrik tenaga surya tentunya tidak akan menghasilkan suara apapun meskipun matahari sangat terik pada siang hari. Panel surya memang di desain bukan hanya ramah lingkungan tetapi juga menciptakan ketenagan dan keamanan.

Alasan mengapa pembangkit listrik tenaga surya tidak menimbulkan suara karena cara kerjanya. Cara kerja yang hanya mengubah cahaya matahari menjadi aliran listrik. Tentu hal ini sangat berbeda konsidinya jika menggunakan listrik yang biasanya di peroleh dari Genset.

panel surya menghelat listrik

7. Menghemat Pengeluaran Untuk Membayar Tagihan Listrik

Keunggulan ini sudah disinggung di atas. Namun untuk memperjelasnya akan diulas lebih rinci berikut ini. Listrik tenaga surya dihasilkan dengan memanfaatkan sinar matahari. Sinar matahari di Indonesia yang sangat stabil dan kondisi Indonesia yang dilintasi garis katulistiwa akan memberikan keuntungan tersendiri.

Cahaya matahari diperoleh secara percuma tanpa harus membayar kepada siapapun. Dengan pemasangan panel surya di atap atau memanfaatkan lahan kosong bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk memanfaatkan apa yang sudah disediakan oleh alam.

Dalam hal ini, kita hanya akan membayar dan mengeluarkan uang untuk pembiayaan di awal saja. Maksudnya pembiayaan tersebut digunakan untuk pembelian dan menyewa orang yang ahli untuk pemasangan alat-alat seperti panel surya dan kelengkapannya. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kenyataan bahwa tagihan listrik akan berkurang.

Hal tersebut terjadi karena Anda hanya kan menggunakan listrik yang dihasilkan PLN ketika malam hari saja. Sedangkan ketika siang harinya, Anda akan menggunakan energi listrik yang dihasilkan dari panas matahari tersebut.

8. Harga Panel Surya yang Bersahabat dan Pemasangan yang Mudah

Harga panel yang dibutuhkan untuk memanfaatkan sinar matahari untuk dijadikan sebagai energi listrik cukup bersahabat dan ramah dikantong. Meskipun pada kenyataanya, banyak orang yang mulai berbondong-bondong untuk menggunakan matahari sebagai sumber mendapatkan listrik, tetap saja tidak menjadikan harga panel tersebut menjadi mahal. Bahkan harga panel tersebut sekarang sedang turun.

Hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membeli panel sesegera mungkin, agar mendapatkan harga yang murah dengan kualitas yang tidak murahan. Selain itu untuk menghemat pembiayaan, Anda bisa melakukan pemasangan sendiri sehingga tidak harus menyewa orang lagi. Pemasangan panel surya di atap maupun di lahan terbuka terbilang sangat mudah. Anda bisa melakukannya sendiri, asalkan mengikuti langkah-langkah yang tepat.

Selain itu, perawatannya juga tergolong sangat murah. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak hanya untuk perawatannya.

Sebenarnya masih banyak lagi keunggulan-keunggulan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan sinar matahari untuk dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga surya baik diletakkan di  atap maupun di lahan kosong. Namun untuk menghemat tempat, alangkah baiknya agar pemasangan panel surya diletakkan di atas atap saja. Selain untuk menghemat tempat, atap rumah Anda juga kan terlihat lebih indah dengan adanya panel-panel tersebut.

Jadi apakah Anda akan menjadi salah satu dari orang-orang yang akan merasakan manfaat dari listrik tenaga surya tersebut?

 

PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *