Posted On: Desember 22, 2020

Meningkatkan Kesejahteraan Warga Dengan Dana Desa – Pompa Air Tenaga Surya Pilihannya

fungsi dana desa

Fungsi Dana Desa. Di Indonesia setiap desa mendapatkan anggaran dana yang berasal dari APBN. Nantinya pihak desa akan menerimanya dan menggunakan sesuai kebutuhan yang diperlukan untuk seluruh warganya. Tujuan pemerintah menggelontorkan dana ini ialah mempercepat pembangunan di desa sekaligus meningkatkan taraf kehidupan warganya.

Melalui semua perancangan yang matang maka pemanfaatan ini bisa dilakukan sebaik mungkin sehingga fungsi dana desa lebih terarahkan dan produktif. Salah satu fungsi dana desa yang sangat diharapkan oleh warga adalah pembangunan infrastruktur yang memadai di lingkungan desa. Seperti pembangunan jalan, saluran irigasi, dan penyediaan sarana prasarana air bersih bagi warga. Terlebih pada desa terpencil yang masih kesulitan untuk mengakses sumber air bersih.

Air Bersih – Kebutuhan Vital Yang Belum Merata

Meskipun Indonesia terkenal dengan sumber daya alamnya namun tidak semua wilayah sudah mendapatkan akses air yang bersih untuk irigasi ataupun kebutuhan lainnya. Oleh karenanya fungsi dana desa dapat dialokasikan untuk meningkatkan infrastruktur penyediaan air bersih bagi warga, dengan begitu ketersediaan air dapat terpenuhi.

Fungsi dana desa dapat digunakan untuk instalasi pompa air tenaga surya (PATS). Pemanfaatan cahaya matahari ini dinilai sangat efektif dan efisien karena bisa digunakan secara berkelanjutan tanpa harus terdampak efek negatif yang akan merusak lingkungan. Selain itu dengan adanya penerapan PATS keinginan untuk menjadikan desa berenergi bersih dan terbarukan akan terwujud. Desa dapat menjadi contoh yang baik bagi desa-desa lainnya.

Baca Juga:

Desa Sehat Sejahtera – Fungsi Dana Desa Lainnya

Kesehatan dan kesejahteraan juga menjadi persoalan utama yang harus diperhatikan oleh desa. Apalagi jika kawasan masih minim akan kedua komponen ini, sehingga perangkat desa haruslah segera menyediakan infrastrukturnya guna memudahkan masyarakat untuk menjangkaunya.
Fungsi dana desa yang tidak kalah penting adalah untuk mewujudkan desa sehat dan sejahtera. Kesehatan dan kesejahteraan merupakan pondasi penting bagi kemakmuran bangsa. Dengan badan yang sehat, masyarakat desa dapat lebih mudah untuk berkreasi dalam meningkatkan taraf hidupnya sehingga kesejahteraan akan terwujud.

Kesejahteraan dapat diwujudkan dengan adanya air bersih baik itu untuk konsumsi rumah tangga atau pun irigasi. Air bersih sebagai kebutuhan minum sangat diperlukan warga untuk meningkatkan kesehatan mereka. Air bersih juga dapat digunakan irigasi sayuran dan tanaman pangan lainnya. Sehingga swasembada pangan akan tercapai. Selain itu, hasil perkebunan juga dapat dijual sebagai peluang usaha baru untuk meningkatkan kesejahteraan.

Banyumeneng Semakin Sejahtera Dengan Sistem PATS Di Desanya

fungsi dana desa

Daerah Gunung Kidul merupakan wilayah yang sering dilanda kekeringan, termasuk di dalamnya Desa Banyumeneng. Warga desa tersebut kesulitan mendapatkan akses air bersih untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Merka harus berjalan sejauh 4 km untuk mengambil air.
Selain tenaga yang habis terkuras, warga masih harus mengeluarkan uang setidaknya 150 ribu rupiah setiap bulannya. Padahal pendapatan mereka tidak lebih dari 400 ribu rupiah. Mirisnya dampak ekonomi menjadi momok tersendiri bagi warga Desa Banyumeneng. Belum lagi ditambah dampak sosial berupa konflik antarwarga yang saling memperebutkan air untuk irigasi pertanian sebagai sumber mata pencaharian utamanya.
Berbagai masalah yang dialami warga Desa Banyumeneng berangsur terselesaikan setelah dilakukan pemasangan sistem pompa air tenaga surya (PATS). Pembangunan ini dimulai dengan pembuatan sistem pengangkatan air yang dapat mengaliri 30 KK di Dusun Banyumeneng I. Merasa sukses dengan debit rata-rata 5 m3 per hari, pengembangan tahap lanjutan dilakukan untuk mengaliri 40 keluarga lainnya. Hal ini terus dikembangkan sampai dengan tulisan ini dibuat sudah mampu mencukupi kebutuhan 120 KK.

Menggunakan PATS Sebagai Media Irigasi Untuk Kesejahteraan Warga

Pompa Air Tenaga Surya atau disingkat PATS merupakan sistem penyedia air bersih yang sangat berguna bagi warga. Bagaimana tidak. Warga tidak perlu mencari kontur tanah yang sesuai untuk mengaplikasikannya, sebab fitur-fitur yang ada sangat menyesuaikan dengan kondisi lingkup penduduk, sehingga penyaluran air pun akan lebih mudah.

Fungsi dana desa dapat lebih optimal jika dialokasikan untuk PATS. Sistem ini berkelanjutan dan tidak hanya satu kali pakai saja. Warga akan mendapatkan air bersih untuk semua kebutuhan rumah tangga seperti memasak, mencuci saja atau kebutuhan lainnya. PATS juga dapat digunakan sebagai irigasi sawah maupun kebun milik warga desa.

Dengan menggunakan sistem PATS, kesejahteraan warga akan meningkat secara bertahap. Ini sangat sesuai dengan fungsi dana desa yang dikehendaki pemerintah. Bermanfaat dan tepat sasaran. Pagu alokasi yang dibutuhkan tidak terlalu besar, akan tetapi manfaat yang dihasilkan sangatlah banyak.

Baca Juga: Inilah Program Unggulan Tepat Guna Dana Desa 2021

PT Java Surya Teknik (Sanspower) telah membangun ratusan Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan pembangunan PATS di wilayah anda kepada perusahaan yang memiliki  reputasi dalam membangun dan merancang solusi untuk proyek Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *