Desember 15, 2020

Berbagai Referensi Program Sukses Dana Desa

program sukses dana desa

Berbagai Daftar Program Sukses Dana Desa! Pemanfaatan dana yang diberikan kepada desa memang sebisa mungkin digunakan dengan maksimal. Jika dana tersebut dimanfaatkan dengan baik tentu saja kesejahteraan rakyat semakin terjamin. Ada berbagai program dana desa 2021 yang bisa dilakukan. Sebagai contoh kita akan membahas beberapa daftar program dana desa yang sukses di tahun-tahun sebelumnya.

Contoh Program Sukses Dana Desa

Program Dana Desa Sumur Kondang

program sukses dana desa

Desa Sumur Kondang yang terletak di Kecamatan Karangwareng di Kabupaten Cirebon ini mampu memanfaatkan dana desa dengan baik. Dimana Desa Sumurkondang mampu membangun jalan desa dengan menggunakan dana desa tersebut. Sehingga efek positifnya isolasi dengan desa lain dapat dibuka.

Desa ini menjadi salah satu desa yang cukup terpencil di kabupaten Cirebon. Bahkan hampir separuh dari desa ini masih berupa hutan. Desa ini dihuni oleh sekitar 2.000 jiwa dengan 200 kepala keluarga. Luas keseluruhan desa ini ialah lebih dari 900 hektar. Akan tetapi desa ini masih dalam berada dalam keberadaan ketika itu. Beruntung program sukses dana desa mampu menjadikan desa ini mulai maju.

Jika dulu jalanan masih berupa tanah dengan bebatuan maka kini sudah diaspal dan masih sangat baru. Jika dulu sarana air bersih sulit didapatkan dan hanya mengandalkan air hujan kini tidak lagi. Saat ini sudah ada sumur bersama dengan pipanisasi ke rumah-rumah warga.

Program Dana Desa Harapan Mulia

program sukses dana desa

Desa Harapan Mulia ini berada di kecamatan Sukadana di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Desa ini dihuni oleh 3.124 jiwa dengan 909 kepala keluarga. Melalui program sukses dana desa menjadikan desa ini mampu mewujudkan fasilitas air bersih agar lebih mudah dijangkau. Sehingga masyarakat dapat dapat mengakses air bersih dengan layak, aman juga mudah pastinya.

Desa Harapan Mulia ini pada akhirnya di tahun 2017 mulai membuat integrasi irigasi. Bahkan mulai dibuat pula pembuatan infrastruktur dasar distribusi dengan bentuk pintu air sederhana atau bentuk pintu flip. Dapat dikatakan jika desa Harapan Mulia ini sukses dalam pengelolaan Sumber Air Baku menggunakan dana desa yang diberikan.

Baca Juga: Inilah Program Unggulan Tepat Guna Dana Desa 2021

Program Sukses Dana Desa Budo

program sukses dana desa

Desa Budo, Kecamatan Wori, di Kabupaten Minahasa Utara ini juga melakukan program sukses dana desa dengan baik. Sebelumnya, setiap tahun desa ini kerap mengalami kekurangan air bersih. Hal tersebut dikarenakan sulitnya mendapatkan mata air. Sehingga masyarakat hanya bis mengandalkan air hujan untuk keperluan sehari-hari dan MCK. Sedangkan untuk minum, air yang digunakan merupakan hasil distribusi air isi ulang dari pabrik.

Pada tahun 2015, pemerintah Desa Budo ini menggunakan dana desa untuk membuat 7 unit sumur bor di pemukiman warga. Air-air tersebut ditampung ke dalam bak penampungan dan dialirkan menggunakan selang air minum. Melalui pembangunan sumur tersebut menjadikan masyarakat dapat menikmati air bersih dengan mudah dan murah.

Program Dana Desa Sugiwaras

program sukses dana desa

Desa Sugiwaras terletak di kecamatan Kepohbaru, kabupaten Bojonegoro di Jawa Timur. Pada mulanya setiap kemarau warga selalu mengalami kesulitan air bersih. Bahkan berbagai kegiatan rumah tangga juga sulit untuk dilakukan karena kurangnya air bersih. Puncaknya pada tahun 2007, masyarakat melayangkan protes ke Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum atau HIPPAM. Pada akhirnya HIPPAM yang merupakan bagian unit BUMDes mulai melakukan program sukses dana desa.

Setelah melakukan kajian pada akhirnya menemui titik temu masalah. Hingga diambil solusi perbaikan sumur dengan menggantinya dengan sumur pompa sentrifugal dan sumur submersible. Sumur-sumur tersebut dapat mencapai 60 meter kedalamannya. Dimana leber sumber air terbaik memang berada pada kedalaman 60 sampai 69 meter.

Penggantian yang dilakukan benar-benar membawa dampak positif. Dimana masyarakat dapat kembali menikmati air bersih dengan begitu lancar tanpa menunggu lama lagi. Bahkan air bersih dapat diterima sepanjang hari. Dapat dikatakan jika program sukses dan desa Sugiwaras benar-benar berhasil dan mengubah keadaan sebelumnya.

Air memang menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Untuk itu pemanfaatan dana desa untuk pembuatan sumur juga program air bersih memang perlu dilakukan. Tentunya demi membuat masyarakat sejahtera.

Program Pompa Air Tenaga Surya

program sukses dana desa

Program yang bisa jadi pertimbangan adalah program Pompa Air Tenaga Surya (PATS). Sesuai namanya, pompa ini beroperasi menggunakan tenaga matahari, atau lebih tepatnya mengubah tenaga matahari menjadi listrik untuk menggerakkan pompa. Keunggulan dari pompa ini adalah dapat dibangun di daerah manapun, terlebih di daerah yang belum dijagkau PLN. Menggunakan energi bersih dan terbarukan adalah keunggulan PATS ini. Masyarakat dapat menghasilkan air dengan gratis karena tidak perlu membayar listrik bulanan PLN ataupun membeli BBM setiap hari.

Itulah tadi beberapa contoh-contoh program sukses dana desa di beberapa desa. Semoga melalui pembahasan di atas kita menjadi lebih paham akan besar manfaatnya pengelolaan dana desa secara tepat.

Baca Juga: Inilah Program Unggulan Tepat Guna Dana Desa 2021

PT Java Surya Teknik (Sanspower) telah membangun ratusan Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan pembangunan PATS di wilayah anda kepada perusahaan yang memiliki  reputasi dalam membangun dan merancang solusi untuk proyek Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *