Posted On: Desember 14, 2020

Inilah Program Unggulan Tepat Guna Dana Desa 2021

dana desa 2021

Inilah Program Unggulan Tepat Guna Dana Desa 2021. Desa merupakan suatu kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batasan wilayah serta berwenang untuk mengatur serta mengurus urusan pemerintahan yang didasarkan atas kepentingan masyarakat berdasarkan hak yang mereka miliki. Setiap wilayah yang ada di Indonesia memiliki istilah desa berbeda-beda misalnya, di daerah Aceh, desa seringkali diistilahkan dengan sebutan gampong, di Sumatera Barat desa di istilahkan sebagai Nagari, di papua di istilahkan sebagai Kampung dan masih banyak lagi. Dari perbedaan penyebutan tersebut, tentu kita mengetahui bahwa ini merupakan bentuk keragaman dari bangsa Indonesia.

Agar bisa mendukung pelaksanaan serta tugas yang ada di suatu desa, maka pemerintah menyelenggarakan penggunaan dana desa sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2014. Dana tersebut setiap bulannya akan disalurkan ke seluruh desa yang membutuhkan melalui APBN sebagai salah satu pendapatan desa untuk memperbaiki, meningkatkan dan membuat lebih baik kualitas desa itu sendiri.

Dana Desa 2021 untuk program apa?

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa menjelaskan bahwa tujuan utama pembangunan desa adalah meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa. Selain itu juga untuk penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kabutuhan dasar sarana dan prasarana pembangunan desa serta pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Pada implementasi Dana Desa 2021, Permendesa PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 telah diatur 18 prioritas progam. 18 program tersebut adalah penjabaran dari Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs. 18 program tersebut meliputi,

dana desa 2021

  1. Desa tanpa kemiskinan
  2. Desa tanpa kelaparan
  3. Desa sehat dan sejahtera
  4. Pendidikan desa berkualitas
  5. Keterlibatan perempuan desa
  6. Desa layak air bersih dan sanitasi
  7. Desa berenergi bersih dan terbarukan
  8. Pertumbuhan ekonomi desa merata
  9. Infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan
  10. Desa tanpa kesenjangan
  11. Kawasan permukiman desa aman dan nyaman
  12. Konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan
  13. Desa tanggap perubahan iklim
  14. Desa peduli lingkungan laut
  15. Desa peduli lingkungan darat
  16. Desa damai berkeadilan
  17. Kemitraan untuk pembangunan desa
  18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif

inilah Program Andalan Dana Desa 2021 yang bisa mencakup 6+ program SDGs sekaligus

Kembali pada tujuan utama pembangunan desa adalah meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa. Selain itu juga untuk penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kabutuhan dasar sarana dan prasarana pembangunan desa serta pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan. Maka salah satu kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi adalah kebutuhan akses air, baik air bersih konsumsi maupun air untuk kebutuhan lain seperti pertanian dan lainnya.

Tantangan yang dihadapi di Indonesia terkait air pada umumnya adalah sulitnya akses air bersih. Kendala ini umumnya muncul karena kondisi geografis dan iklim. Sumber air ada dan melimpah tapi letaknya jauh di dalam jurang, atau jauh beberapa kilometer dari pemukiman. Kendala lain karena iklim yaitu kekeringan panjang melanda banyak wilayah di Indoneia. Data menyebutkan bahwa pada bulan September 2020 sebanyak 87 persen wilayah Indonesia dilanda kekeringan.

Solusi untuk ketersediaan air ini adalah dengan membangun sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) berbasis lingkungan. Pompa Air Tenaga Sur

ya (PATS) beroperasi dengan mengubah energi cahaya m

atahari menjadi energi listrik yang dapat menggerakkan pompa untuk memompa air. Menggunakan energi surya/matahari maka sistem PATS ini dapat dibangun dimanapun selama masih disinari matahari. Artinya, dimana sumber airnya, disana Anda bisa membangun sistem pompa tanpa harus memikirkan jaringan listrik PLN ataupun BBM solar untuk genset diesel.

dana desa 2021

Program PATS bisa mencakup 6+ Porgram SDGs sekaligus, berikut penjelasannya

  1. Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi. PATS Dana Desa 2021 dapat menjadi program untuk mempermudah akses air bersih di suatu desa. Terutama di daerah yang sumber airnya jauh dari pemukiman, atau dengan membangun sumur bur di area setempat. Tanpa perlu jaringan listrik PLN membuat sistem PATS dapat dibangun di wilayah manapun di Indonesia. Akses air bersih mudah, masyarakat bisa hidup lebih sehat.
  2. Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan. Sistem PATS menggunakan energi matahari sebagai sumber energi utamanya, sehingga bebas polusi dan ramah lingkungan. Energi matahari juga termasuk energi terbarukan karena selalu tersedia dan diperkirakan masih akan terus bersinar hingga beberapa miliar tahun ke depan.
  3. Infrastruktur dan Inovasi Desa Sesuai Kebutuhan. Sistem PATS dapat menjadi inovasi dan solusi untuk daerah-daerah yang belum terjangkau PLN, sulit BBM untuk pompa air, atau bahkan untuk daerah yang ingin mengubah teknolodi pompa diesel/listrik menjadi tenaga surya. Ini adalah inovasi tersendiri memanfaatkan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan. PATS menggunakan tenaga surya yang bebas polusi, tidak menggunakan BBM, menggunakan pompa khusus tanpa oli. Tentu ini adalah jawaban untuk sistem irigasi pertanian yang bersih dan ramah lingkungan. Sumber air yang bersih, sistem pompa bersih, tidak tercemar oli dan bbm tentu dapat menghasilkan tanaman organik sehat.
  5. Desa Tanggap Perubahan Iklim. Menggunakan PATS berarti Anda sudah ikut andil dalam mengurangi konsumsi BBM, konsumsi listrik PLN yang banyak pembangkitnya dari PLTU (tenaga uap menggunakan batubara). Langkah ini akan ikut mengurangi polusi di udara yang menjadi pemicu utama pemanasan global yang berujung pada perubahan iklim.
  6. Desa Peduli Lingkungan Darat. Menggunakan PATS yang ramah lingkungan berarti Anda juga ikut menjaga kelestarian lingkungan sekitar Anda. Agar lingkungan tetap terus produkti memberikan manfaat bagi masyarakat.

Selain 6 program Dana Desa 2021 tersebut, secara tidak langsung pogram lain akan ikut tercapai. Karena akses air bersih mudah bisa terwujud Desa Sehat dan Sejahtera dengan konsumsi air bersih cukup, sayur-sayuran bisa ditanam, dan lainnya. Jika masyarakanya sehat, proses pertanian mulai tumbuh baik maka bisa terwujud Desa Tanpa Kemiskinan, Desa Tanpa Kelaparan.

Prioritas Dana Desa Dengan Penggunaan PATS

PATS tentu menjadi suatu solusi yang sangat penting untuk meningkatkan perekonomian Indonesia di berbagai desa tertinggal. Adanya PATS akan memudahkan para petani dan peternak untuk mendapatkan air dengan mudah tanpa menggunakan listrik serta bahan bakar minyak bumi.

Penggunaan PATS bisa menjadi suatu solusi terbaik yang bisa didapatkan dari dana desa 2021. Para penduduk tidak perlu membayar listrik dan mengeluarkan biaya banyak untuk menggunakan pompa air, karena sumber energi yang dibutuhkan berasal dari tenaga surya saja.

Itulah beberapa informasi seputar dana desa 2021 yang bisa Anda ketahui untuk melihat ada berapa banyak daerah yang sudah mendapatkan dana dari pemerintah. Dana itu akan disalurkan setiap bulan dengan evaluasi terbaik agar semua dana bisa sampai ke desa yang membutuhkan tanpa ada kendala apapun.

PT Java Surya Teknik (Sanspower) telah membangun ratusan Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan pembangunan PATS di wilayah anda kepada perusahaan yang memiliki  reputasi dalam membangun dan merancang solusi untuk proyek Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *