Posted On: Oktober 22, 2020

Rekomendasi Penggunaan Dana Desa 2021

dana desa dengan pompa air tenaga surya

Rekomendasi Penggunaan Dana Desa 2021 – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia telah menerbitkan Permendesa Nomor 13 tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2021. Peraturan ini telah sesuai dengan model Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan atau SDGs (Sustainable Development Goals) yang ada pada Peraturan Presiden Nomor 59 tahun 2017. Permendesa inilah yang nantinya menjadi acuan bagi aparat desa di seluruh Indonesia dalam menyusun rencana kerja dan anggaran pemanfaatan Dana Desa di tahun 2021.

Dalam Permendesa ini dijelaskan tentang penggunaan dana desa yang diprioritaskan untuk mewujudkan 18 tujuan SDGs sebagai berikut:

  1. Desa tanpa kemiskinan
  2. Desa tanpa kelaparan
  3. Desa sehat dan sejahtera
  4. Pendidikan desa berkualitas
  5. Keterlibatan perempuan desa
  6. Desa layak air bersih dan sanitasi
  7. Desa berenergi bersih dan terbarukan
  8. Pertumbuhan ekonomi desa merata
  9. Infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan
  10. Desa tanpa kesenjangan
  11. Kawasan permukiman desa aman dan nyaman
  12. Konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan
  13. Desa tanggap perubahan iklim
  14. Desa peduli lingkungan laut
  15. Desa peduli lingkungan darat
  16. Desa damai berkeadilan
  17. Kemitraan untuk pembangunan desa
  18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif

Dengan adanya 18 fokus SDGs maka diharapkan desa mampu menggunakan dana desa sesuai kondisi aktual di desa dan hasilnya dapat memberikan dampak nyata bagi masyarakat.

Jika Anda kebingungan untuk menentukan program inovasi yang menarik dan bermanfaat di desa, berikut merupakan beberapa program inovasi yang bisa Anda pertimbangkan. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan desa dan besarnya anggaran yang dimiliki oleh aparatur desa.

Rekomendasi Penggunaan Dana Desa 2021

dana desa tenaga surya

1. Pembuatan Sumur untuk Mendapatkan Air Bersih

Tidak semua wilayah di Indonesia memiliki akses air yang bersih, karena itu Dana Desa 2021 juga dapat digunakan membuat sumur sebagai sumber mata air yang bersih. Masih banyak daerah di Indonesia yang memiliki sumber air tapi letaknya jauh dari pemukiman warga. Kasus lain sumber air yang ada sulit diakses karena kondisi geografis daerah yang sulit.
Penggunaan dana desa untuk membuat sumur bor tentu akan tepat sasaran mempermudah akses air bagi warga. Secara langsung atau tidak langsung akses air bersih yang mudah tentu akan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat sekitar.

2. Sistem Distribusi Air Bersih Berbasis Energi Terbarukan

Setelah didapatkan sumber air bersih yang potensial, masalah berikutnya yang perlu dipecahkan adalah sistem distribusinya. Dalam sistem distribusi terdapat beberapa komponen penting yaitu pompa air, sumber energi listrik, dan jaringan distribusi. Mengakomodasi program Dana Desa 2021 terdapat teknologi baru yang bisa Anda gunakan, yaitu sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS).

Alasan Sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS)  sangat sesuai dengan SDGs

  • Mengoptimalkan Program Air Bersih

Program air bersih masuk dalam prioritas dana desa 2021 karena merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. PATS dapat berfungsi sebagaimana pompa air pada umumnya, sehingga tidak perlu takut untuk mengoperasikan pompa ini.

  • Menggunakan Energi Terbarukan

Sesuai dengan namanya, PTAS menggunakan energi matahari sebagai sumber energinya. Energi matahari, lebih tepatnya cahaya matahari dengan bantuan panel surya selanjutnya diubah menjadi energi listrik yang bisa menggerakkan pompa air. Energi matahari adalah energi yang melimpah, disediakan gratis oleh alam dan masih akan terus ada. Berbeda dengan energi yang menggunakan bahan bakar minyak, batubara, atau lainnya yang jumlahnya semakin terbatas.

  • Mendukung Program Ramah Lingkungan

Pembangkit listrik menggunakan panel surya yang digunakan PATS menggunakan tenaga surya yang tentu tidak menimbulkan polusi udara. Karena tidak menimbulkan polusi tentu desa setempat ikut punya andil dalam merawat kelestarian lingkungan.

  • Hemat Biaya Operasional

Langsung setelah sistem PATS terpasang, warga tidak akan dibebani biaya listrik bulanan karena energi matahari gratis bisa dimanfaatkan siapapun. Perawatan sistem PATS juga sangat mudah, warga hanya perlu mempersihkan panel surya secara berkala agar tetap bersih sehingga cahaya matahari bisa terserap sempurna. Selebihnya perlu menjaga sumber airnya tetap jernih agar tidak ada kotoran masuk ke pompa yang bisa merusak komponen di dalam pompa itu sendiri.

Baca Juga:

dana desa irigasi

3. Sistem Irigasi Pertanian Tenaga Surya

Sebagai tambahan, selain dapat menggunakan Dana Desa 2021 untuk air bersih, sistem PATS dapat pula digunakan untuk sistem irigasi pertanian. Masih banyak wilayah di Indonesia yang masih berupa lahan tandus dan kurang produktif. Memanfaatkan potensi sumber air di wilayah tersebut, bisa dari mata air, sungai, danau, atau lainnya lahan kurang produktif tersebut bisa dimanfaatkan untuk pertanian dengan mengalirkan air ke lokasi tersebut. Kondisi geofrafis terkadang masih menjadi kendala sistem pertanian tidak berkembang. Karena akses air yang sulit menjadikan warga tidak dapat bercocok tanam jens tanaman yang bervariasi. Menggunakan Pompa Air Tenaga Surya (PATS) air dapat dialirkan ke lahan, sehingga lebih banyak jenis tanaman yang bisa ditanam. Imbasnya adalah roda ekonomi warga akan terus berputar karena hasil panen dapat terus ada tanpa bergantung pada musim.

Nilai Tambah Sistem Air Bersih dan Pertanian Tenaga Surya

  • Lebih Sehat

Akses air bersih yang mudah sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas kesehatannya. Air minum mudah, sanitasi lebih bersih, keperluan air untuk memasak memadai, air bersih untuk proses bersalin dan lainnya adalah sedikit contoh pentingnya mempermudah akses air bersih. Air bersih mudah didapat akan sangat membantu perbaikan dan peningkatan kesehatan masyarakat.

Air sumur atau mata air yang dipompa dengan pompa tenaga surya (dalam hal ini pompa Lorentz) dapat menghasilkan air yang terjaga kebersihannya. Teknologi pompa yang digunakan tidak menggunakan oli sebagai pelumas di mesinnya melainkan menggunakan air di sumber itu sendiri. Karena tidak menggunakan oli pelumas tentu tidak ada resiko oli bocor yang bisa mencemari sumber air, yang mana hal ini sangat berbahaya jika sampai dikonsumsi.

  • Hasil Pertanian Organik

Menggunakan teknologi tenaga surya ramah lingkungan tentu mendorong untuk menghasilkan produk pertanian organik. Nilai jual produk pertanian organik tentu dapat meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat. Selain itu, hasil pertanian yang organik dapat mendukung peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Tentunya sistem pertanian tenaga surya ini tidak bisa berdiri sendiri, harus didukung juga dengan cara bercocok tanam yang bersih dari unsur kimia agar hasilnya benar-benar organik dan sehat.

Demikian Rekomendasi Penggunaan Dana Desa 2021 yang bisa kami berikan, tetap utamakan potensi dan kebutuhan mendasar masyarakat desa. Dana Desa diberikan dengan harapan desa mampu memaksimalkan potensi daerahnya untuk meningkatkan kualitas hidup seluruh warganya. Mengembangkan potensi yang ada terlebih yang berkaitan dengan kebutuhan dasar adalah yang paling utama, karena semua pergerakan masyarakat akan dipengaruhi ketersediaan kebutuhan dasarnya.

 

PT Java Surya Teknik (Sanspower) telah membangun ratusan Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan pembangunan PATS di wilayah anda kepada perusahaan yang memiliki  reputasi dalam membangun dan merancang solusi untuk proyek Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495
Baca Juga:

2 thoughts on “Rekomendasi Penggunaan Dana Desa 2021

  1. Selamat siang, mohon maaf saya dari garut mau tanya berapa harga untuk pemasangan satu paket

    • Ardhi Kusuma

      Selamat siang Pak, semoga sehat selalu.
      Umumnya di harga 90-100 jt-an, menggunakan pompa PS2-1800 C-SJ5-12 (head 50 meter). Sebelum menentukan jenis pompa, kelengkapan instalasi, dll, tim kami akan bantu hitung desain sistem seperti apa yang sesuai dengan karakteristik lokasi dan kebutuhan Bapak. Jadi di daerah berbeda untuk head yang sama bisa menggunakan pompa dan jumlah panel surya yang berbeda. Silakan menghubungi tim kami di telp/WA 081392276191 – 081249911495 untuk diskusi lebih lanjut ya Pak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *