Posted On: September 22, 2020

Pompa Air Tenaga Surya Sanspower Sebagai Solusi Hemat Energi

pompa air tenaga surya sanspower

Air merupakan kebutuhan yang sangat vital untuk kehidupan manusia. Air banyak digunakan untuk berbagai kegiatan, baik untuk kegiatan rumah tangga, keperluan irigasi hingga berbagai keperluan industri. Kebutuhan air bersih sangat penting untuk mendukung kehidupan manusia. Namun, tidak semua daerah mendapatkan sumber air yang sama dan tidak semua orang juga memiliki akses untuk mendapatkan air yang baik. Salah satu teknologi yang dimanfaatkan untuk mempermudah akses air adalah Pompa Air Tenaga Surya (PATS).

Apa Itu Pompa Air Tenaga Surya?

Sesuai dengan namanya, PATS adalah sistem pompa air yang menggunakan tenaga surya (sinar matahari) sebaggai sumber listrik utamanya. Pompa air umumnya menggunakan listrik dari PLN, pada PATS sumber listriknya diganti menggunakan listrik dari panel surya. Jadi sistem PATS ini berjalan secara mandiri, sama sekali tidak terhubung dengan listrik PLN.

Komponen-komponen Pompa Air Tenaga Surya

pompa air tenaga surya sanspower

Secara sederhana komponen sistem PATS Sanspower adalah sebagai berikut:

1. Pompa Air

Pompa air sebagai komponen utama sistem ini, ada berbagai macam jenis pompa yang bisa digunakan. Tipe pompa yang sesuai untuk tenaga surya adalah pompa listrik DC. Sanspower menggunakan pompa air Lorentz yang memang didesain khusus untuk tenaga surya. Ulasan pompa Lorentz dapat dilihat DI SINI.

2. Panel Surya

Panel surya berfungsi sebagai sumber energi listrik utama di sistem ini. Panel surya adalah komponen yang didesain sedemikian rupa untuk bisa mengubah energi dari cahaya matahari menjadi listrik. Listrik inilah yang nantinya digunakan untuk memutar pompa. Ulasan tentang penel surya bisa dilihat DI SINI.

3. Controller

Controller atau panel kontrol adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur listrik yang mengalir ke pompa dan mengatur kinerja pompa yang lainnya. Ulasan tentang controller Sanspower dapat dilihat DI SINI.

4. Penampungan Air

Air hasil pemompaan perlu ditampung lebih dulu sebelum diistribusikan. Alasan perlu penampungan adalah agar kebutuhan air siang dan malam dapat dicukupi.

5. Sistem Distribusi Air

Dari penampungan selanjutnya air dapat didistribusikan tergantung penggunaannya.

Pada sistem yang lebih kompleks, dapat ditambahkan komponen-komponen lain untuk menunjang kinerka pompa. Komponen lain tersebut dapat berupa sensor-sensor dan komponen pengaman pompa.

Cara Kerja PATS Sanspower

cara kerja pompa air tenaga surya sanspower

Secara sederhana, sistem PATS Sanspower bekerja sebagai berikut:

Sinar matahari yang menyinari permukaan panel surya (6-8 jam sehari) diubah menjadi listrik DC. Listrik ini selanjutnya mengalir ke controller, di dalam controller arus listrik dari panel surya diatur sedemikian rupa dan dialirkan ke pompa. Menerima perintah dan arus listrik dari controller, pompa berputar dan memompakan air. Selanjutnya air yang dipompakan dapat ditampung dulu atau dapat langsung dialirkan ke pengguna. Ulasan lebih lanjut tentang PATS dapat dilihat DI SINI.

Perbedaan Pompa Listrik Biasa Dan PATS Sanspower

perbedaan pompa air tenaga surya dan pompa listrik biasa

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *