Posted On: September 7, 2020

Pompa Air Tenaga Surya: Kontribusi Sanspower Dan NGO Untuk Indonesia

pompa air tenaga surya sanspower dan NGO

Sanspower adalah perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan khususnya dalam penggunaan energi surya. Seperti diketahui bersama energi yang diberikan oleh matahari ini termasuk salah satu energi yang ramah lingkungan. Sanspower berusaha mengoptimalkan enrgi surya diubah menjadi energi listrik utntuk menggerakkan pompa air. Solusi sistem pemompaan air yang bisa diimplementasikan di daerah manapun di seluruh Indonesia. Dimana matahari masih bersinar, teknologi pompa air tenaga surya bisa memberikan solusi berkelanjutan untuk masyarakat khusunya dalam hal akses air.

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang energi terbarukan, Sanspower telah dipercaya untuk melakukan banyak pemasangan Sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Sanspower telah melakukan pemasangan sistem PATS lebih dari 200 sistem di seluruh Indonesia.  Total daya semua pemasangan tersebut lebih dari 500.000 Wp dan mendistribusikan air lebih dari 7500 m3 setiap harinya.

Sanspower juga telah bekerjasama dengan pemerintahan, swasta, maupun lembaga non profit lainnya untuk menciptakan keadilan dalam pemenuhan air bagi seluruh rakyat Indonesia. Beberapa lembaga non profit yang pernah bekerjasama dengan kami diantaranya adalah UNDP, Enerbi, dan SurfAid. Berikut ini rangkuman singkat kerjasama Sanspower dengan beberapa NGO tersebut.

United Nation of Development Program (UNDP)

kerjasama sanspower & ngo pomp air tenaga surya

UNDP bersama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berusaha untuk memecahkan masalah ini. Kerjasama ini melahirkan Strategic Planning and Action Strengthen Climate Resilience of Rural Communities (SPARC) atau Perencanaan Strategis dan Tindakan untuk Memperkuat Iklim Komunitas Pedesaan. Salah satu daerah yang menjadi sasaran program ini adalah daerah Palanggai, Sumba. Dengan permasalahan utama akses air bersih sehingga dibangun Sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS). Dibantu oleh BAPPEDA NTT, dan GEF (Global Environmental Fund) diharapkan memberi dampak nyata. Bekerjasama dengan Sanspower sebagai perusahaan penyedia PATS Lorentz, program ini adalah Program Crowdfunding pertama yang berhasil dijalankan oleh UNDP di Asia Pasifik.

Implementasi pompa air tenaga surya berjenis pompa submersible dapat memberikan perbedaan yang signifikan pada kehidupan warga Desa Palanggai. Ibu-ibu tidak lagi harus berjalan jauh untuk mengambil air, mereka tidak perlu membayar Rp. 5.000 untuk satu jerigen air yang akan habis dalam satu hari. Mereka hanya perlu membayar Rp. 10.000 per bulan yang akan digunakan untuk pemeliharaan sumur. Warga bisa mencuci setiap hari, padahal sebelumnya hanya bisa dilakukan satu minggu sekali karena kekurangan akses air bersih. Anak-anak bisa bersekolah lebih tenang karena tidak perlu menyisihkan waktu untuk mengambil air.

Energi Bersih Indonesia (ENERBI)

kerjasama sanspower dan energi untuk pompa air tenaga surya

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang energi terbarukan, Sanspower telah dipercaya untuk bekerjasama dengan ENERBI dengan melakukan Implementasi Sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di Padukuhan Banyumeneng – Gunung Kidul.

Pemilihan sumber energi matahari untuk pompa air merupakan pilihan paling rasional. Pembangunan sistem pompa air tenaga surya diawali dengan pembuatan sistem pengangkatan air dengan panel surya bertenaga 1200 Wp. Daya tersebut kemudian mampu mengaliri 30 KK di Dusun Banyumeneng I dengan debit rataan 5 m3/hari. Dengan kesuksesan program tahap I, dilakukan pengembangan tahap lanjutan dengan kapasitas Panel Surya 4000 Wp untuk dimanfaatkan 40 Kepala Keluarga. Hingga saat ini total terdapat 120 KK yang telah mendapatkan manfaat dari program ini.

SURFAID IINDONESIA

kerjasama pompa air tenaga surya sanspower surfaid

SurfAid tergerak untuk membantu memperbaiki kualitas kesehatan warga Desa Kanca, Bima. Surfaid ingin meningkatkan taraf hidup warga tanpa merubah mata pencaharian utamanya. Sehingga dibangun Sistem Drip-Irigasi Tenaga Surya. Bekerjasama dengan Sanspower sebagai sebagai penyedia teknologi Pompa Air Tenaga Surya (PATS) Lorentz di Indonesia. Program ini dibangun dengan tujuan untuk menyediakan air irigasi sepanjang waktu. Sehingga warga Desa Kanca bisa menanam berbagai jenis tanaman dan tidak khawatir akan mengalami gagal panen akibat rendahnya curah hujan.

Sistem Drip-Irigasi Tenaga Surya yang dibangun di Desa Kanca ini adalah yang pertama di Indonesia. Berjalannya sistem ini telah membuat perubahan besar pada warga Desa Kanca. Mereka tidak perlu lagi mengalami gagal panen akibat tidak adanya air untuk irigasi. Selain itu, taraf hidup warga meningkat karena mereka bisa menanam berbagai jenis tanaman konsumsi dan tanaman yang bisa diperjual belikan sepanjang tahun, tanpa bergantung dengan curah hujan.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *