Posted On: September 1, 2020

Pompa Air Tenaga Surya (PATS) Solusi Dapatkan Pasokan Air Melimpah Yang Mudah Dan Minim Biaya

pompa air tenaga surya

Kebutuhan air sangatlah penting, terutama bagi Anda yang setiap harinya menggunakan air dalam jumlah yang sangat banyak, seperti untuk perkebunan dan peternakan. Jika Anda menggunakan listrik yang bersumber dari PLN, tentu akan banyak sekali biaya yang harus Anda keluarkan. Hal ini juga berlaku pada daerah-daerah tertentu yang terpencil, di mana listrik PLN belum menjangkau daerah tersebut. Tentu ini akan menjadi kesulitan tersendiri. Oleh karena itu, keberadaan pompa air tenaga surya (PATS) menjadi sangat dibutuhkan untuk menjadi solusi di tengah permasalahan tersebut.

Pompa Air Tenaga Surya Tidak Membutuhkan Listrik PLN

Ketika Anda menggunakan PATS, maka Anda tidak lagi membutuhkan listrik yang bersumber dari PLN. Bahkan Anda juga tidak membutuhkan BBM untuk bisa mengoperasikan PATS ini. Dengan begitu, penggunaannya pun sangat cocok untuk beberapa wilayah di Indonesia yang sepanjang tahunnya selalu mendapatkan sinar matahari secara baik.

Karena diketahui bahwa tidak sedikit dari penduduk Indonesia yang bermatapencaharian sebagai seorang petani. Di mana proses irigasi atau pengairan sangatlah diperlukan dengan menggunakan air dalam jumlah yang melimpah. Anda bisa menggunakan pompa air tenaga surya untuk diletakkan di lahan pertanian Anda dan bisa mendapatkan pasokan energi matahari secara baik selama kurang lebih 8 jam saat matahari benar-benar dalam kondisi yang terik.

Energi matahari ini bisa Anda dapatkan secara gratis dan akan semakin menguntungkan jika pompa air tersebut digunakan secara bersama di dalam suatu desa. Sehingga dengan begitu akan bisa meminimalkan biaya untuk membeli solar panel di setiap orangnya. Karena diketahui bahwa solar panel sendiri tidaklah murah.

Sehingga pompa air ini menjadi pilihan yang tepat dan ekonomis karena membuat Anda tidak harus menggantungkan diri pada sumber listrik lainnya yang dinilai akan banyak mengeluarkan biaya dan dampaknya terhadap lingkungan yang tidak baik. Hal ini juga tidak akan memberikan beban yang besar pada para petani untuk melakukan perawatan pada pompa tersebut dan akan lebih banyak memiliki waktu untuk mengurus sawahnya dengan lebih baik.

Pompa Air Tenaga Surya Beroperasi Secara Otomatis

Ketika Anda menggunakan pompa submersible yang harus selalu diletakkan di dalam air agar terus beroperasi secara otomatis, maka hal ini juga terjadi pada PATS. Di mana pompa air dengan menggunakan tenaga surya ini juga bisa beroperasi secara otomatis. Dan akan bisa beroperasi dengan lebih kencang ketika cuaca sedang dalam kondisi yang cerah. Sedangkan jika cuaca sedang dalam kondisi yang mendung atau pun hujan, maka proses beroperasi pompa akan menurun.

Tetapi tentu saja ketika hujan turun, hal ini sangatlah baik. Karena lahan pertanian Anda akan mendapatkan pasokan air secara tercukupi dan Anda tidak akan membutuhkan pompa air tenaga surya (PATS) untuk mengairi sawah.

Baca Juga:

Keuntungan Menggunakan Pompa Air Tenaga Surya

pemasangan pompa air tenaga surya

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika Anda menggunakan PATS. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1.   Tanpa Menggunakan Infrastruktur Khusus

Dengan menggunakan tenaga surya, maka Anda bisa melakukan pemasangan PATS di mana saja sesuai dengan keinginan Anda serta tidak membutuhkan adanya infrastruktur jaringan listrik konvensional. Karena pada dasarnya PATS sudah didesain agar bisa digunakan secara mandiri di wilayah yang belum terjangkau dengan jaringan listrik konvensional atau listrik PLN.

  1.   Biaya Operasional Yang Rendah

Ketika Anda membangun sebuah PATS, maka salah satu tujuannya adalah untuk menghemat biaya operasional yang harus Anda keluarkan. Di mana dengan PATS, maka Anda tidak lagi membutuhkan bahan bakar yang berasal dari fosil serta bisa dikelola secara penuh dari jarak jauh dan dirancang untuk masa kerja yang panjang. Dan hal ini sangat memungkinkan Anda untuk bisa menghemat biaya operasional.

  1.   Investasi Yang Murah

Ketika Anda menggunakan PATS, maka Anda berpotensi untuk bisa mendapatkan air dalam jumlah yang banyak. Hal ini membuat pompa air dengan tenaga surya memiliki efisiensi yang tinggi dan memungkinkan investasi yang lebih murah.

  1.   Memiliki Risiko Teknis Yang Rendah

Pompa air tenaga surya (PATS) tersusun dari perangkat-perangkat yang lengkap dan disesuaikan dengan kebutuhan dari sistem pompa air bertenaga surya. Hal ini mampu memberikan hasil berupa kebutuhan Anda yang bisa selesai dengan tepat waktu, sesuai dengan anggaran Anda, serta tidak memiliki risiko teknis.

Komponen Di Dalam Pompa Air Tenaga Surya (PATS)

komponen sistem pompa air tenaga surya

Untuk dapat beroperasi, PATS membutuhkan adanya komponen-komponen penting di dalamnya. Dengan begitu, PATS tersebut bisa memberikan manfaat yang sangat besar untuk aktivitas Anda di dalam memenuhi kebutuhan air dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa komponen yang ada di dalam PATS.

  1.   Generator Fotovoltaik

Keberadaan generator fotovoltaik ini sangatlah penting untuk bisa mengubah energi dari cahaya matahari langsung menjadi listrik oleh adanya efek fotovoltaik.

  1.   Inverter Atau Pengendali

Inverter di dalam PATS memiliki fungsi untuk mengubah arus DC menjadi arus AC. Di mana inverter ini akan mengendalikan sistem operasi dan melakukan penyesuaian keluaran arus listrik yang dihasilkan dari intensitas cahaya matahari. Sehingga nantinya listrik tersebut bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan Anda.

  1.   Penampungan Air

Di dalam pompa tenaga surya terdapat penampungan air yang fungsinya adalah untuk menyimpan air dalam jumlah yang banyak saat musim kemarau tiba. Hal ini bisa Anda manfaatkan pada malam harinya, di mana saat itulah tidak terdapat cahaya matahari.

  1.   Sistem Distribusi Air

Di dalam PATS terdapat sistem distribusi air yang bisa berupa saluran terbuka seperti selokan dengan dilengkapi oleh beberapa pintu air yang berfungsi sebagai pengatur pembagian air. Atau Anda juga bisa menggunakan jaringan pipa yang dilengkapi dengan katup pembagi.

  1.   Pompa Air

Tentunya pemilihan pompa sangat penting dalam sistem PATS. Penggunaan pompa dengan arus DC akan sangat cocok digunakan dengan tenaga surya. Hal ini karena listrik dari panel surya adalah listrik DC sehingga akan lebih efisien jika menggunakan pompa DC.

Pengaplikasian Pompa Air Tenaga Surya

Selain untuk kebutuhan irigasi, PATS juga bisa diaplikasikan pada beberapa kebutuhan lainnya.

  1.   Air Minum

Air minum adalah kebutuhan pokok masyarakat yang harus selalu terpenuhi setiap harinya. Air minum yang baik adalah air yang bersih dengan tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna. Dengan adanya PATS, maka akan sangat membantu untuk memompa air dari sumber-sumber air yang baik dan layak seperti mata air alami, sungai, maupun sumur bor untuk kemudian bisa dialirkan dengan lebih mudah hingga bisa dijangkau atau digunakan oleh masyarakat.

  1.   Kolam Renang

Kolam renang juga membutuhkan pasokan air dalam jumlah yang banyak. Dengan adanya pompa air menggunakan tenaga surya, maka sangat memungkinkan untuk digunakan pada kolam renang di rumah-rumah, kolam renang umum, atau untuk aktivitas spa. Hal ini akan membuat Anda lebih hemat listrik karena memanfaatkan energi dari matahari dan pastinya bermanfaat untuk lingkungan.

Dengan begitu, memilih PATS untuk memenuhi kebutuhan akan air Anda dalam jumlah yang besar sangatlah efektif. Hal ini selain lebih meminimkan biaya yang harus Anda keluarkan, juga lebih mudah untuk mendapatkan energi matahari yang selalu ada setiap harinya untuk mengoperasikan PATS.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *