Posted On: Desember 22, 2020

Dana Desa Tahun 2021 untuk Membangun Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi

dana desa tahun 2021

Dana Desa Tahun 2021 untuk Membangun Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi. Mengutip dari laman resmi Kementerian Keuangan, dana desa merupakan suatu dana yang sumbernya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dikucurkan untuk desa guna menyokong penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan juga pemberdayaan masyarakat. Dana desa juga termasuk hal krusial dalam sistem kelembagaan pemerintah, sehingga harus tetap dikawal agar dapat tersalurkan ke arah yang efektif.

Salah satu prioritas dalam alokasi dana desa tahun 2021 adalah untuk mewujudkan desa layak air bersih dan sanitasi. Dalam hal ini, desa diberi kesempatan untuk mengalokasikan anggaran dana desa tahun 2021 untuk berbagai keperluannya yang paling mendesak. Termasuk di dalamnya perbaikan infrastruktur pengadaan air bersih bagi warga dan sanitasi yang memadai.

Jika air dan sanitasi di desa berkualitas baik, tentu hal ini akan berdampak signifikan bagi perkembangan sektor pertanian dan peternakan yang menjadi ladang utama pencaharian masyarakat desa. Selain itu, hal ini juga berpengaruh besar pada peningkatan kebersihan dan kesehatan warga.

Air Bersih dan Sanitasi Prioritas Unggulan Dana Desa Tahun 2021 yang harus Didahulukan

Kehidupan warga desa akan meningkat lebih baik jika ketersediaan air bersih di desa terjamin dan sanitasinya berkualitas. Apalagi, jika alokasi dana desa tahun 2021 dapat dialokasikan untuk inovasi-inovasi baru di sektor pertanian, maka selain kesehatan, kesejahteraan juga akan dirasakan oleh warga. Pemanfaatan pompa air tenaga surya misalnya.

Air Bersih merupakan kebutuhan pokok warga yang harus didahulukan. Karena semua aktivitas warga dapat berjalan dengan baik jika air bersih telah tersedia. Dari kebutuhan minum, mencuci, mandi, bahkan keperluan MCK memerlukan akses air bersih yang memadai. Oleh karena itu benar kiranya jika pendanaan desa layak air bersih dan sanitasi dimasukkan ke dalam salah satu prioritas dana desa tahun 2021.
Kebutuhan infrastruktur sanitasi juga dibutuhkan oleh warga. Dengan adanya sanitasi yang baik maka sirkulasi air kotor akan menjadi lancar. Hal ini juga akan meningkatkan kesehatan warga desa.

Baca Juga:

dana desa tahun 2021

Seperti yang kita tahu bahwa kondisi pertanian di Indonesia belum mampu memberikan hasil panen yang menggembirakan. Selama ini, pemerintah lebih menitikfokuskan pembangunan pada infrastruktur yang tidak bersentuhan langsung dengan rakyat kecil, seperti warga desa. Sehingga perlahan-lahan perhatian kepada para petani di desa semakin berkurang.

Pemerintah perlu mendukung kinerja petani melalui pembaruan cara bertani yang lebih efektif. Salah satu caranya yakni dengan mengalokasikan dana desa tahun 2021 untuk pompa air tenaga surya. Kenapa pompa air tenaga surya (PATS)? Jawabannya adalah karena PATS dapat menjadi suatu solusi atas permasalahan yang selama ini dialami oleh para petani dan pemerintahan Indonesia. PATS dapat digunakan untuk meningkatkan produktifitas desa yang belum punya air bersih, sanitasi, dan irigasi yang baik.

Memanfaatkan Fungsi Dana Desa 2021 Dengan Instalasi Pompa Air Tenaga Surya (PATS)

PATS menawarkan solusi memompa air selama 24 jam sehari tanpa takut listrik konvensional mati. Hal ini dikarenakan PATS hanya menggunakan energi yang dihasilkan sinar matahari yang disimpan di dalam baterai. PATS memberikan kepastian pasokan air kepada warga. Memanfaatkan PATS berarti telah memanfaatkan dana desa tahun 2021 dengan benar.

Fungsi dana desa tahun 2021 untuk menjadikan desa layak air bersih dan sanitasi akan dapat dicapai dengan menerapkan sistem pompa air tenaga surya. Sistem pompa tenaga surya sangat memungkinkan untuk diterapkan di desa-desa terpencil yang bahkan belum dialiri listrik. Syarat pompa ini dapat dipasang hanya dua, yaitu terdapat sumber air dan sinar matahari. Di mana syarat ini hampir bisa dipenuhi oleh semua desa dengan tipologi seperti Indonesia Ini.

PATS menjadikan hidup warga lebih mudah. Aliran air bersih yang dihasilkan oleh PATS dapat mendorong kemakmuran warga melalui penyediaan air bersih dan sanitasi untuk warga desa. Dana desa tahun 2021 akan dapat terserap dengan maksimal karena PATS memiliki sistem yang sangat efisien, minim biaya operasional dan dapat dipasang di mana saja sesuai dengan kebutuhan warga. Ayo kita sukseskan program pemerintah untuk mewujudkan negara yang sehat melalui pembangunan desa layak air bersih dan sanitasi.

Baca Juga: Inilah Program Unggulan Tepat Guna Dana Desa 2021

PT Java Surya Teknik (Sanspower) telah membangun ratusan Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan pembangunan PATS di wilayah anda kepada perusahaan yang memiliki  reputasi dalam membangun dan merancang solusi untuk proyek Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *