Posted On: April 9, 2021

Solar Cell untuk Pompa Air – Wujud Pemanfaatan Sinar Matahari sebagai Sumber Energi

solar cell sanspower

Keberadaan sinar matahari di sekitar kita yang sangat melimpah merupakan anugerah tersendiri bagi kehidupan. Sinar matahari sangat bermanfaat untuk membantu manusia memenuhi hajat hidupnya. Bukan manusia saja, akan tetapi seluruh makhluk hidup sangat bergantung dengan keberadaan sinar matahari. Bahkan dewasa ini sedang dikembangkan pemanfaatan sinar matahari sebagai sumber energi seperti solar cell untuk pompa air.

Solar cell untuk pompa air hanya merupakan salah satu contoh aplikasi pemanfaatan sinar matahari sebagai sumber energi. Di sekitar kita sudah banyak sekali peralatan yang memanfaatkan sinar matahari. Dari peralatan umum sampai dengan kebutuhan pribadi.

Bahkan pemerintah juga sedang gencar membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang tentu saja sinar matahari sebagai sumber energinya. Beberapa contoh peralatan lain di sekitar kita yang memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi adalah sebagai berikut.

Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS)

lampu jalan tenaga surya

Tidak ayal lagi, lampu jalan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk semua orang. Terkadang dalam tagihan listrik bulanan kita dimasukkan juga unsur lampu jalan. Akan tetapi dalam perkembangannya, lampu jalan mulai disinkronkan dengan pemanfaatan panel surya.

Baca Juga: Pompa Air Tenaga Surya Terbaik Untuk Semua Kebutuhan Air Anda

Sistem tenaga surya ini sudah lama sekali diterapkan pada penerangan jalan umum. Penggunaan sistem ini dinilai sangat efektif dan efisien karena dapat menjangkau semua daerah termasuk daerah yang sangat jauh dari infrastruktur jaringan listrik dari PLN. Sistem penerangan jalan umum tenaga surya sangat cocok untuk kebutuhan daerah terpencil.

Lampu/ Rambu Lalu Lintas Tenaga Surya

lampu rambu lalu lintas tenaga surya

Menyusul penerangan jalan umum tenaga surya, lampu untuk rambu lalu lintas juga menerapkan sistem tenaga surya sebagai sumber energinya. Di banyak wilayah Indonesia sudah banyak yang menggunakan lampu lalu lintas yang dengan sumber energi tenaga surya. Dengan menggunakan sistem sumber energi mandiri, menjadikan lampu lalu lintas dapat bekerja secara terus-menerus tanpa khawatir terjadi pemadaman listrik mendadak. Sehingga keamanan berkendara menjadi lebih terjamin.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap

plts atap

Selain untuk kebutuhan umum, pemanfaatan sinar matahari untuk keperluan rumah tangga juga sedang digalakkan dalam bentuk pembangkit listrik tenaga surya atap. Sesuai dengan namanya, atap yang semula dari genteng atau jerami, diubah fungsinya menjadi panel surya. Jadi selain sebagai pelindung dari panas dan hujan, panel surya di atap ini juga berfungsi untuk menangkap sinar matahari dan dirubah ke aliran listrik.

Setelah berkembang, sistem ini menjadi sistem yang paling umum digunakan untuk memanfaatkan energi surya. Energi listrik dihasilkan dari rangkaian sistem panel surya yang diletakkan di atap-atap rumah atau bangunan lainnya. Selanjutnya energi listrik ini diproses sedemikian rupa sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyalakan alat-alat listrik di rumah.

Pompa Air Tenaga Surya (PATS)

pompa air tenaga surya

Selanjutnya, solar cell untuk pompa air. Sistem ini lebih dikenal dengan sistem PATS. Pemanfaatan solar cell untuk pompa air ini banyak digunakan di daerah-daerah yang belum terjangkau jaringan listrik PLN tetapi tingkat sinar mataharinya berlimpah.

Dengan adanya pompa air dengan sumber energi tenaga surya memberikan manfaat yang sangat besar bagi petani. Petani tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk operasional pompa. Pengeluaran bahan bakar minyak atau tagihan listrik tidak perlu lagi ada.

Solar cell untuk pompa air merupakan terobosan penting yang wajib untuk didukung, dikembangkan dan dibudidayakan dalam rangka mewujudkan lingkungan yang bersih dan ramah lingkungan. Untuk itu, jadikan sistem solar cell untuk pompa air sebagai sitem pilihan anda untuk pompa air tenaga surya terbaik.

Baca Juga:

PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *