Posted On: Juli 19, 2020

Perhatikan Hal-Hal Berikut Dalam Pemasangan Pompa Submersible

pemasangan pompa submersible

Ada banyak jenis pilihan pompa air yang banyak digunakan. Salah satunya adalah jenis pompa submersible atau dikenal dengan pompa celup. Pompa submersible sering digunakan untuk jenis sumur bor dengan kedalaman lebih dari 100 meter. Hampir di seluruh Indonesia, Anda bisa dengan mudah menemukan penggunaan pompa yang satu ini.

Tidak hanya digunakan untuk jenis sumur bor saja, untuk jenis pompa yang satu ini pun ternyata juga bisa anda temukan pada sumur gali biasa. Ukuran pompa submersible sangat bervariasi, mulai dari kapasitas kecil untuk rumah tangga hingga yang digunakan untuk distribusi air skala besar. Cara pemasangan pompa submersible ini sendiri ternyata tidaklah mudah dan dibutuhkan kehati-hatian agar pompa bekerja optimal dan tidak menimbulkan hal yang bahaya.

Cara Pemasangan Pompa Submersible

cara pemasangan pompa submersible

Untuk Anda yang belum mengetahui bagaimana cara untuk memasang pompa submersible ini, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Hal ini agar pemasangan pompa submersible tepat sesuai kebutuhan Anda, dan aman untuk dioperasikan dalam janngka waktu yang lama. adapun beberapa hal yang harus Anda perhatikan diantaranya adalah kebutuhan debit air yang akan dikonsumsi, kedalaman sumur, ketersediaan daya listrik, dan aksesoris pengaman yang tersedia.

Baca Juga:

 

Selain itu, pemilihan daya motor juga harus Anda perhatikan, pemasangan pipa harus sesuai dengan spesifikasi dari pompa, pemilihan kabel dan penyambungan motor ke kabel juga harus benar. Teknik pengecekan instalasi listrik pompa juga harus Anda perhatikan. Jika sudah, maka Anda bisa langsung memulai pemasangan pompa ini.

1. Pasang Kabel Terlebih Dahulu 

Perlu Anda ketahui apabila ada dua jenis pompa submersible dimana sudah dilengkapi dengan adanya kabel dan tidak. Untuk Anda yang tidak mempunyai kemampuan untuk memasang dan menyambung kabel, maka ada baiknya Anda memilih pompa yang sudah dilengkapi dengan adanya kabel untuk menghindari adanya konsleting pasalnya nantinya pompa akan dicelupkan ke dalam air. Jika menggunakan pompa yang tidak dilengkapi kabel bawaan di bagian motornya, perlu Anda pastikan bahwa sambungan kabel sudah tepat. Teknik penyambungan kabel juga perlu Anda perhatikan, gunakan aksesoris

2. Ikat Pompa Submersible Dengan Menggunakan Tali 

Langkah berikutnya Anda bisa langsung melakukan pengikatan dengan menggunakan tali. Tali yang biasa digunakan adalah jenis sling kawat anti karat. Pengikatan ini bergunan untuk menempatkan pompa di posisi yang ideal di dalam sumur. Selain itu juga berguna untuk memberikan kemudahan pengangkatan apabila nantinya terjadi kerusakan pada mesin pompa.

3. Pasanglah Pipa Paralon Dan Aksesoris Lainnya

Langkah berikutnya, Anda bisa segera memasang pipa paralon dan aksesoris lainnya. Untuk pemilihan jenis pipa tersebut harus sesuai dengan standar yang ada. Anda juga bisa memilih jenis pipa yang paling berkualitas agar mempunyai daya tahan yang lebih lama sehingga tidak membuat anda mengeluarkan uang lagi. Pasang juga aksesoris pengaman seperti sensor sumur, sensor tandon, breaker.

4. Masukkan Pompa ke Dalam Sumur

Apabila langkah yang ada di atas sudah Anda lakukan, maka Anda bisa segera memasukkan pompa tersebut ke dalam sumur bor. Berhati-hatilah di dalam memasukkan pompa tersebut ke dalam sumur bor.

5. Cobalah Nyalakan

Jika pompa sudah terpasang ke dalam, maka langkah berikutnya adalah anda bisa segera mencoba untuk menyalakan pompa air tersebut. jenis pompa yang satu ini memang mempunyai semburan yang cukup kencang karena tugasnya adalah untuk mendorong  air ke atas.

Kelebihan-Kelebihan

kelebihan-kelebihan pompa submersible

Selain Pompa air tenaga surya yang mempunyai banyak kelebihan, jenis pompa yang satu ini pun ternyata juga mempunyai sederet kelebihan yang ditawarkannya. Inilah yang menjadi alasan mengapa anda wajib untuk memilih jenis pompa yang satu ini. berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan.

1. Pemasangan Lebih Mudah Dan Praktis

Setelah mengetahui bagaimana cara pemasangan pompa submersible, Anda wajib mengetahui kelebihan yang ditawarkan oleh jenis pompa yang satu ini. Pertama, pompa ini menawarkan proses pemasangan yang sangat simple dan praktis. Hal ini jelas berbeda dengan jenis pompa yang lainnya.

Bagaimana tidak, untuk pemasangan jenis pompa yang satu ini hanya dilakukan dengan cara melempar pompa tersebut ke dalam sumber air sumur bor saja. Jika sudah maka air akan segera menyembur di pipa dorongannya.

2. Pompa Akan Tetap Dingin dan Bisa Digunakan 24 Jam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya apabila pompa jenis ini akan dimasukkan ke dalam air maka secara tidak langsung juga akan membuat pompa tersebut dingin sehingga bisa anda gunakan selama 24 jam. Sangat cocok buat anda yang mempunyai akuarium dengan ukuran yang besar untuk menjaga kesegaran dari ikan anda tersebut.

Tidak hanya itu saja, pompa submersible ini pun juga sangat cocok untuk anda yang setiap hari membutuhkan pasokan air dalam jumlah yang besar. Anda tidak perlu khawatir pompa akan meledak atau rusak akibat kepanasan.

“Keberadaan pompa submersible ini pun juga akan membuat anda lebih irit dan hemat listrik.”

kelebihan-kelebihan pomap submersible sanspower

3. Mempunyai Debit Air Yang Lebih Besar

Sering kesal saat melakukan pengisian tampungan air karena debit yang lama sehingga proses selesai juga akan lama? Kini, anda tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya berkat adanya pompa submersible ini semua hal bisa anda atasi dengan mudah dan cepat. bagaimana tidak? Jenis pompa yang satu ini ternyata mempunyai debit air yang cukup besar jika dibandingkan dengan pompa biasanya. Sehingga untuk pengisian tampungan akan lebih cepat.

4. Tidak Membutuhkan Ruangan Khusus

Masih berhubungan dengan poin 1 dan dua, pemasangan dari pompa yang satu ini ternyata juga lebih irit terhadap ruangan. Bagaimana tidak, untuk jenis pompa yang satu ini tidak membutuhkan ruang penyimpanan di tempat terbuka. Karena ruang penyimpanan berada di dalam sumur bor itu sendiri. Sehingga secara langsung akan menghemat ruang di rumah anda bukan.

5. Hemat Listrik 

Keberadaan pompa submersible ini pun juga akan membuat anda lebih irit dan hemat listrik. Hal ini tidak lain karena jenis pompa yang satu ini sudah dilengkapi dengan listrik DC sehingga anda juga lebih hemat biaya pengeluaran listrik.

Selain itu, dengan adanya listrik DC, maka memungkinkan apabila pompa ini dikombinasikan dengan sel surya sehingga bisa bekerja dengan menggunakan sinar matahari.

Pompa submersible ini sendiri memang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk anda yang ingin hemat biaya pengeluaran. Untuk anda yang ingin menginstall pompa ini, anda wajib mengetahui cara pemasangan pompa submersible ini.

Baca Juga:

46 thoughts on “Perhatikan Hal-Hal Berikut Dalam Pemasangan Pompa Submersible

  1. Saya ingin pasang Pompa Sumersible pump untuk kebutuhan Rumah dengan kedalaman 50 mtr – 75 mtr jenis pompa yg bagus Tahan Lama dan harganya berapa yaaaa…. Terima kasih

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.
      Pompa skala rumahan yang tersedia masih seri PS2-100 saja dengan head max 40 m.
      Pompa yang kemungkian sesuai untuk kebutuhan Bapak adalah tipe PS2-600 HR-07 yang punya rentang head 30-90 m.
      Silakan bisa kontak ke Tim kami untuk diskusi lebih lanjut.
      PT Java Surya Teknik.
      Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
      Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
      Email: hello@sanspower.com
      Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

  2. Gan mau bertanya apakah submersibble pun bisa tahan guncangan engga?. Terimakasih.

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.
      Sejauh ini belum ada kasus yang secara spesifik seperti itu, jadi kami belum bisa memberikan data ketahanan pompa terhadap guncangan yang dimaksud.
      Umumnya pompa submersible digunakan di lingkungan yang sudah dikondisikan sedemikian rupa sehingga pompa bisa bekerja memompa air tanpa ada material asing.
      Kalaupun dipasang pada area yang khusus misal di ponton terapung, maka pompa diikat kuat sehingga pompa tetap diposisinya.
      Semoga dapat menjawab pertanyaannya.
      Silakan menghubungi tim kami di telp/WA 081392276191 – 081249911495 untuk diskusi lebih lanjut ya Pak.

  3. Min saya ingin pasang Pompa Sumersible pump untuk kebutuhan irigasi sawah dengan kedalaman sumurbor 150 mtr, jenis pompa sumersible yg bagus Tahan Lama dan harganya berapa yaaaa…. Terima kasih

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih telah berkunjung ke website Sanspower. Ada beberapa tipe pompa yang bisa digunakan, tapi ada data lain yang kami butuhkan untuk menentukan tipe pompa yang sesuai. Data tersebut adalah data lokasi dan kebutuhan air. Silakan menghubungi tim kami di telp/WA 081392276191 – 081249911495 untuk diskusi lebih lanjut ya Pak.

    • Apakah pompa sumersibel di pasang untuk pengairan sawah tak ada hujan dan kedalamanya hampir 70 meter di daerah indramayu mohon bantuanya apa saja alat yang harua di gunakan trima kasih

      • Ardhi Kusuma

        Terima kasih telah berkunjung ke website Sanspower. Pemasangan pompa submersible biasanya memerlukan tiang penyangga/crane untuk membantu menurunkan pompa ke dalam sumur. Perlu diperhatikan juga jika menggunakan tenaga surya, perlu disediakan lahan untuk meletakkan panel suryanya. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
        Telp/WA 081392276191 – 081249911495

  4. Mau tanya kalo pakai mesin submersible untuk keperluan siram pakai springkle aman gak?

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih telah berkunjung ke website Sanspower. Pompa Submersible bisa digunakan pada sprinkle, untuk keamanan sistem lebih baik air ditampung dulu di tandon agar tekanan air di sprinkle bisa lebih konstan. Sesuaikan juga spesifikasi sprinkle dengan tipe pompa dan desain tandon agar sistem bisa lebih optimal. Silakan kontak tim kami untuk diskusi lebih lanjut Telp/WA 081392276191 – 081249911495.

  5. apakah overload pada pipa berpengaruh pada meningkatnya watt listrik dan menjadi boros listrik serta tekanan kecil?

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. Penggunaan ukuran pipa yang tidak sesuai dengan ukuran output pompa bisa mempengaruhi kinerja pompa. Penggunaan pipa yang lebih besar akan membuat pompa tidak bisa mendistribusikan air dengan optimal, Anda akan perlu kerja pompa lebih lama dari biasanya sehinga penggunaan listrik lebih boros. Kasus lain jika pipa ditutup atau tersumbat, maka akan overload/tekanan berlebih akan membuat pompa stuck/berhenti berputar yang akhirnya bisa merusak komponen pompa. Umumnya akan membuat pompa/controller terbakar karena lonjakan arus listrik juga terjadi. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
      Telp/WA 081392276191 – 081249911495

  6. Rencana mw pake 0.25hp,,,Cocok kah dgn kedalam -+35 meter ..

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. Bisa disesuaikan dengan spesifikasi pompanya. Spesifikasi pompa dicek di datasheet masing-masing pompa. Dalam datasheet pompa bisa dilihat berapa head maksimal dan minimal yang bisa dijangkau pompa tersebut. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
      Telp/WA 081392276191 – 081249911495

      • Untuk mesin sibel apakah mesin nya di tanam atau di gantung?

        • Ardhi Kusuma

          Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower.Pompa submersible idealnya digantung, tidak sampai dasar sumur karena ada resiko menghisap lumpur dari dasar sumur.Semoga sudah cukup menjawab. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
          Telp/WA 081392276191 – 081249911495

  7. Min, mau tanya.. apa benar setelah pompa submersible dipasang, kran air harus dinyalakan terus menerus agar lumpur dalam tanah bisa terangkat?

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. saat dioperasikan pertama kali memang lebih baik air dipompa terus sampai keluar air yang jernih saja. kalau untuk mengeluarkan lumpur sebaiknya menggunakan pompa khusus lumpur. kalau menggunakan pompa biasa malah akan merusak ompa itu sendiri. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
      Telp/WA 081392276191 – 081249911495

  8. Blh tdk pompa sibel d pasang pada pipa casing yg cuman 6 meter, ukuran pipa 4″ Bawaan dari developer posisi kedalaman sumur 40 mtr.

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. Kalau casingnya cuma 6 meter jadi sangat beresiko untuk pompanya. Daya hisap kuat dari pompa bisa mengakibatkan lubang sumurnya beresiko longsor. Akibatnya bisa mengubur pompa dan membuat casing sumur di atasnya bisa masuk juga. Kemungkinan terburuknya pompa tidak bisa diangkat. Semoga sudah cukup menjawab. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
      Telp/WA 081392276191 – 081249911495

  9. Salam… saya ingin menggunakan pompa celup ini,, namun ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan sebelumnya

    Saya memiliki sumur bor dg kedalaman 53 meter,, dan dasar air 18 meter,, lokasi yg saya gunakan pompa ini berbukit dan saya sudah membuat penampungan air yg jaraknya 100 meter dari lokasi sumur dengan bentuk miring yg ketinggian penampungan dg sumur sekitar 15meter

    Saya menggunakan listrik 4ampere,, jenis mesin pompa apa yg cocok dan optimal sehingga air sampai ke penampungan, terima kasih.

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. Secara umum pompa yang bisa digunakan adalah PS2-1800 C-SJ5-12 (head 20-70 m). Hanya saja kami perlu detail lokasi dan kebutuhan air yang diinginkan. Data ini perlu untuk menentukan power yang dibutuhkan pompa serta banyaknya panel surya yang dibutuhkan.
      Semoga sudah cukup menjawab. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
      Telp/WA 081392276191 – 081249911495

  10. Pagi bos..pompa air sumur bor sy konslet. apabila dihidupkan. skring lngsung turun..apakah pompa tsb bisa diservis? kata yg si tukang sumur bor. gk bisa di srvis. dan akhirnya sy bli baru lg. pdhl baru di pakai 6 bulan..terimakasih

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. Tergantung titik kerusakannya dimana, kalau diperkabelan kemungkian masih bisa disambung ulang. Tapi kalau di rangkaian motornya kemungkian sulit diperbaiki jadi lebih ekonomis kalau ganti baru.

  11. Kak mau nanya klo soal submersible cuma hidup sebentar terus mati sama tombol overloadnya nonjol itu apakah harus di ganti? Jika memang di harus ganti saya ganti yang ampernya lebih besar atau kecil?

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. Kalau kondisi normal (sumber air aman, jalur pipa aman, dsb) kemungkinan pompanya tidak sesuai dengan kebutuhannya (kedalaman, ketinggian memompa air) atau ada penyumbatan di jalur airnya sehingga pompa bekerja terlalu keras. Alternatifnya bisa ganti pompa dengan kapasitas lebih tinggi. Silakan sesuaikan spesifikasi pompa dengan keadaan di lapangan. Semoga sudah cukup menjawab. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
      Telp/WA 081392276191 – 081249911495

    • Di submersible saya tertulis 0.75 HP 550 watt. Tapi kenapa waktu dinyalakan konsumsi dayanya stabil di 1300- 1600an watt. Jd sering jelek dah meterannya

      • Ardhi Kusuma

        Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. Kemungkinan yang terjadi adalah pompa bekerja menyesuaikan ketinggian pemompaan. Jadi kebutuhan aktual yang sesuai dengan ketinggian pemompaan di sumur Bapak adalah 1300-1600 watt. Semoga sudah cukup menjawab. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
        Telp/WA 081392276191 – 081249911495

  12. Sore pak,saya ingin memasang pompa submersible dengan kedalaman sumur 5 meter dan jarak dari sumur ke tangki air(penampungan) 600 meter,jenis dan merek pompa apa yg harus saya gunakan?

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut. Tim kami akan bantu kalkulasi untuk menentukan tipe pompa yang sesuai. Telp/WA 081392276191 – 081249911495

  13. Selamat siang pak,,, saya mau tanya nih pak..

    3 hari lalu Sumur Bor saya dilakukan pembersihan karena sudah hampir 15 tahun tidak saya bersihkan dan air nya jernih tapi volume airnya berkurang banyak (tidak deras seperti biasa) terus saya bersihkan dengan panggil tukang sumur bor.. Setelah dilakukan pembersihan tiba² air didalam simur tidak mau naik lagi karena permukaan air sudah di kedalaman 12 meter, akhirnya saya ganti mesin air submersible (celup) alhamdulillah airnya naik deras tapi berlumpur banyak.. Kata tukang sumurnya lagi proses pembuangan endapan lama, dan karena sudah memakai mesin celup posisi mesinnya berada di kedalaman 33 meter, alhasil setelah 2 hari baru kelihatan jernih sebentar terus keluar lumpur lagi,,, intinya setiap saat menghidupkan mesin pasti akan keluar air lumpr dalam waktu yang lama, kemudian jernih agak berkeruh,, selang 1 jam keluar lagi lumpurnya… Sehingga airnya tidak bisa dipakai.. Apakah ada pengaruh dengan saya mencoba menempatkan mesin celup di kedalaman 33 meter dimana sebelumnya hanya di kedalaman 12 meter saat menggunakan mesin hisap?

    Setelah 3 hari setiap saya hidupkan pasti airnya berlumpur, padahala swhari sebwlumnya sudah saya hidupkan mesin celup dari pagi sampai sore. Besok paginya saya hidupkan lagi dan air berlumpur juga masih keluar..

    Apa ada solusi pak untuk masalah ini.. Mohon bantuannya

    Dulu permukaan air saya sudah dapat pada kedlaman 4 meter, dan

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower.
      Pada konstruksi sumur bor ada bagian yg bernama casing sumur, artinya sumur diberi selongsong untuk membuat ruang air bersih dan dinding tanah. Kemungkinan setelah 15 tahun posisi mata air turun disertai peningkatan endapan lumpur jadi perlu dibersihkan. Saat pompa diposisikan di kedalaman 33 m, tidak ada casing yg membatasi dinding tanah, jadinya saat pompa bekerja tanah dan lumpur ikut tersedot. Alternatif solusinya menambah casing sumur sampai kedalaman tersebut. Teknis bisa atau tidaknya bisa dikonsultasikan dengan kontraktor sumur bornya.
      Semoga sudah cukup menjawab. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
      Telp/WA 081392276191 – 081249911495

  14. mohon info jika dipasang katup valve pada keluaran pompa dengan kedalaman 40 Meter , apakah aman ?
    maksud saya suapaya pada mesin submesible air tidak turun saat pompa selesai di pergunakan .

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. Pompa Lorentz sudah dilengkapi check valve pada outputnya, jadi tidak perlu ditambahai lagi. Jika pada pompa submersible lain belum ada check valve, perlu dipastikan pemasangan check valvenya benar agar pompanya tidak rusak. Semoga sudah cukup menjawab. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
      Telp/WA 081392276191 – 081249911495

  15. Min maaf mau tanya, kl untuk pembuatan sumur menggunakan pipa yg brp inch ideal nya?
    apakah 3inch pipa aman? katanya jika menggunakan pipa 3 inch terlalu ngepas sama mesinnya. nanti kl ada perubahan struktur tanah bisa terhimpit si mesin di dalam pipa dan tidak bisa dikeluarkan?

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. Minimal diameter sumur untuk skala sedang – rendah biasanya 4″, menyesuaikan diameter pompa yng umumnya 3″. Diameter yg terlalu sempit memang menyulitkan pemasangan dan pengangkatan pompa jika ada kerusakan. Sebelum melakukan pengeboran ada baiknya bisa mempelajari terlebih dahulu history sumur disekitarnya untuk mengetahui kedalaman sumur rata-rata selanjutnya bisa diestimasikan pompa yang sesuai. Setelah itu bisa disesuaikan sumurnya dengan spek pompanya. Semoga cukup menjawab. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
      Telp/WA 081392276191 – 081249911495

  16. ady

    saya dua kali pasang pompa submersile, pertama pakai casing developer 3 batang dan mempunai masalah setiap menjalankan pompa air harus di buang sekitar 30 menit dulu karena kotor, setelah itu bersih. dan begitu seterusnya harus di buang dulu saat start pompsa.
    keudian saya memutuskan mengebor ulang skitar 10 meter dari lokasi sumur sebelumnya, kali ini saya ngebor 40 meter deng full casing. dan pompa submersible di tempatkan di kedalaman 24 meter, namuan setelah 3 hari permasakahn tetap sama seperti dulu saat srat pomp harus di buang dulu sekitar 30 menit karena kotor dan baru masuk ke tanki.

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. Kemungkinan karakteristik tanah setempat cenderung berlumpur bukan batuan atau cadas solid. Jadi air yang masuk ke sumur bercampur lumpur terus. Kasus yang mirip pernah kami temui di Jambi, karakter tanah disana berpasir jadi air yang dipompa selalu bercampur pasir meskipun sumur sudah dikuras. Alternatif penanganannya bisa diberikan penyaring di pompa tapi ini sifatnya sementara saja. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
      Telp/WA 081392276191 – 081249911495

      • Mau nanya min…
        Saya mau pake Sibel tapi tidak memakai toren, langsung dihubungkan kesemua kran yang ada dirumah, apakah itu aman untuk sibelnya?

        Terimakasih

        • Ardhi Kusuma

          Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower.Bisa saja menggunakan sistem seperti itu, tapi pompanya perlu diberikan perlindungan seperti otomatis pompa. Misal pressure sensor, jadi waktu pompa nyala tapi keran masih tertutup semua maka pompa bisa otomatis mati. Hal ini perlu diberikan karena tekanan balik bisa merusak pompanya, atau kalau tidak pipanya bisa jebol. Alternatif lain pompa baru dinyalakan saat keran sudah dipastikan sudah terbuka (dikontrol manual) tapi tentu hal ini masih beresiko lupa dll. Menurut pengalaman kami, paling aman menggunakan toren. Lalu ditambah sensor tandon dan sensor sumur. Saat tandon penuh pompa otomatis mati, saat air tidak merendam pompa pompa juga otomatis mati. Semoga cukup menjawab.
          Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
          Telp/WA 081392276191 – 081249911495

  17. Saya sudah pasang pompanya tapi airnya kurang kencang. Bagaimn solusinya. Thanks 🙏

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. Kendala seperti ini biasa terjadi karena limit jangkauan pompanya. Tiap pompa punya limit jangkauan, misal pompa A jangkauannya 10 – 50 m, pompa tersebut jika dipasang di head 10m debitnya bisa berbeda dengan di head 50m. Solusinya bisa disesuaikan tipe pompa dengan head/kedalaman & debit air yang diinginkan. Alternatif lain jika dari controller pompanya bisa mengubah putaran motor, maka putaran motornya bisa dipercepat untuk mendapat debit air yang lebih besar. Semoga cukup menjawab. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
      Telp/WA 081392276191 – 081249911495

  18. Saya mau tanya rencana mau buat sumur bor dengan cassing 4″ Menggunakan submersible, pertanyaan saya ukuran mesin submersible harus ukuran 4″ Juga atau bisa yang 3″ Dan pengaruhnya apa klau menggunakan submersible yg ukuran 3″

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. Pompa diameter 3″ bisa digunakan pada sumur diameter 4″ tapi perlu disesuaikan spesifikasinya dengan kebutuhan. Pompa diameter 4″ lebih baik digunakan pada sumur berdiameter lebih besar. Semoga cukup menjawab. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
      Telp/WA 081392276191 – 081249911495

  19. Tanya min
    Selama 6 bln saya memakai submercible merk York tapi mesin kebakar, setelah komplin garansi alasan nya kesalahan pemasangan dan mesin penuh dengan lumpur katanya, intinya penjual ga profesional yang ingin sy tanyakan adalah
    pemasangan submercible yang sudah di lengkapi dg otomatis preasure itu apa menjadi penyebab cepat rusak nya mesin? Padahal sudah di tambah dengan penempatan tabung udara sebelum pipa masuk ke otomatis preasure
    Apa solusi nya kalau menghendaki sistem pemipaan air secara langsung tanpa menggunakan bak penampungan /toren, agar pompa submercible tetap awet dan merk apa yang bisa menjadi solusi permasalah di atas
    Berapa jarak wajar dari dasar sumur untuk penempatan pompa submercible agar pasir dasar sumur tidak ikut ketarik pompa saat di nyalakan?

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. Berikut beberapa tanggapan yang bisa kami sampaikan.
      1. Otomatis pressure jika di pompa kami (Lorentz) digunakan untuk pengaman pompa, jika tekanan air di output pompa lebih tinggi dari settingan maka pompa otomatis mati. Jika di pompa rumahan biasanya untuk otomatis keran dibuka/ tutup pompa on/off. Umumnya tidak mengakibatkan pompa rusak, malah menjadi pengaman sistem pompa & pipa distribusinya.
      2. Untuk pemakaian langsung tanpa tandon (pemakaian dengan tandon juga) bisa dipertimbangkan untuk memasang sensor air sumur. Sensor ini bekerja sebagai safety pompa agar tidak berkerja saat air sumur kering.
      3. Untuk jarak dari dasar sumur, mungkin bisa dikonsultasikan dengan tim pengeboran sumurnya (sumur bor), kalau sumur gali biasa bisa disesuaikan dengan debit air sumurnya (saat disedot maksimal pompa tetap terendam) berarti titik tersebut titik aman posisi pompanya.
      Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut. Telp/WA 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *