Posted On: Juli 9, 2020

Kelebihan Penggunaan Pompa Air Tenaga Surya

Kelebihan Pompa air tenaga surya lorentz

Implementasi Pompa Air Tenaga Surya — Di beberapa bagian Indonesia, masih ada daerah yang belum dijangkau oleh listrik PLN. Tentu saja mengetahui cara membuat pompa air tenaga surya sangat penting dilakukan terutama di daerah-daerah tersebut. Hal ini karena pompa air tenaga surya tersebut bisa dibuat dimana saja bahkan hingga ke pelosok negeri sehingga dapat memanfaatkan adanya tenaga matahari yang dapat menjadi motor penggeraknya. Ada dua cara bagaimana menggunakan pompa air ini yang harus diketahui. Untuk itu silahkan untuk menyimak beberapa informasi penting yang bisa Anda ketahui.

Cara Penggunaan Pompa Air Tenaga Surya,

pemasangan pompa air tenaga surya lorentz

  1. Menggunakan Baterai

Menggunakan baterai artinya energi listrik yang dihasilkan panel surya selanjutnya disimpan di dalam baterai. Energi listrik di dalam baterai ini bisa digunakan saat cahaya matahari kurang atau pada saat malam hari. Dalam penggunaan baterai sebagai bagian dari pompa air ini memang dibutuhkan beberapa jenis perlengkapan. Beberapa perlengkapan yang sebaiknya disiapkan antara lain yaitu panel surya, pengatur cas untuk baterai, alat untuk mengontrol pompa, unit yang digunakan untuk mendeteksi tekanan air yang berada di dalam tangki dan pompa air DC.

  1. Tanpa Menggunakan Baterai

Selain penggunaan baterai jenis alat pompa tenaga surya ini bisa juga menggunakan alat tanpa adanya baterai. Tentu saja cara kerjanya hanya tinggal mengalirkan arus listrik DC yang didapatkan dari alat panel surya. Sehingga kekuatan pompa air ini bergantung pada kekuatan daya listrik yang ada di dalam panel surya. Dengan demikian apabila tidak ada sinar matahari yang mendukung karena cuaca mendung tentu saja akan mengalami penurunan untuk kekuatannya. Untuk itu langkah bijaksana yang sebaiknya ditempuh untuk dapat menstabilkan pompa air adalah memberikan tempat penampungan. Pada saat sinar matahari dalam kondisi optimal, maka usahakan untuk menampung air sebanyak-banyaknya untuk menghadapi pada saat cuaca dalam kondisi tidak mendukung.

Setelah Anda mengetahui mengenai dua cara menggunakan pompa air tenaga surya. Ada baiknya apabila Anda mengetahui apa saja kelebihan yang akan didapatkan apabila membuat pompa air tersebut. Dengan demikian cara ini bisa menjadi salah satu solusi saat pelosok desa tidak dialiri listrik PLN tetap dapat untuk mengalirkan air hingga ke rumah warga.

Beberapa Kelebihan Yang Akan Didapatkan Dari Pompa Air Tenaga Surya Yaitu:

kelebihan pompa air tenaga surya

  • Fleksibel

Alat ini bisa dipasang dimana pun berada bahkan di daerah terpencil sekali pun. Faktor penting yang mendukung bekerjanya alat ini adalah wilayah tersebut dapat disinari oleh cahaya matahari secara langsung. Dengan demikian alat akan bekerja secara maksimal seperti yang diinginkan.

  • Cepat

Dalam implementasi pompa air tenaga surya pemasangannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda hanya tinggal memasangnya setelah seluruh alat yang dibutuhkan tersedia. Bahkan tidak membutuhkan banyak orang untuk membantu. Sehingga akan lebih cepat dilakukan dalam mengupayakan kebutuhan akan air bersih untuk warga sekitar.

  • Mudah

Untuk mengoperasikan alat ini Anda juga tidak perlu untuk menggunakan keahlian khusus. Anda hanya tinggal mengetahui dan memilih jenis panel yang menggunakan baterai atau tidak. Silahkan untuk melihat rangkaian yang ada di dalamnya. Maka seluruh alat ini akan dapat bekerja sebagaimana mestinya.

  • Bekerja Secara Otomatis

Apabila cahaya matahari diserap oleh panel surya maka alat ini akan dapat bekerja secara otomatis. Terlebih apabila aliran listrik dapat bekerja dengan baik. Maka segalanya bisa dilakukan dengan otomatis sesuai dengan keinginan.

  • Murah

Alat ini juga bekerja secara efektif dan memiliki harga yang murah. Hal ini karena alat dapat dioperasikan tanpa adanya bahan bakar minyak. Tentu saja akan menjadi alat yang hampir tidak membutuhkan biaya perawatan yang mahal.

  • Ramah Lingkungan

Implementasi Pompa Air Tenaga Surya membuat Anda juga akan menjadi lebih tenang saat menggunakan alat ini. Hal ini karena tidak ada bahan bakar yang digunakan. Tentu saja tidak menyebabkan pencemaran sehingga akan lebih ramah lingkungan. Dengan demikian akan membantu untuk menjaga lingkungan tempat tinggal menjadi lebih bersih.

Baca Juga:

Alasan Tambahan untuk Memilih Sistem Pompa Air Tenaga Surya

alasan pemasangan pompa air tenaga surya

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki tak ada salahnya apabila menggunakan jenis alat pompa air tenaga surya ini. Sehingga Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan dan juga kenyamanan dalam mendapatkan air bersih. Sedikit tambahan informasi untuk Anda bahwa ada banyak alasan mengapa seseorang memilih alat ini. Beberapa alasan mengapa memilih pompa air tenaga surya yaitu

  • Memilih jenis pompa air ini karena menggunakan alat yang memiliki jaminan kualitas tinggi. Bahkan saat Anda membelinya memiliki garansi yang diberikan oleh pabrik. Dengan demikian apabila terjadi kerusakan pada saat pemakaian dalam jangka waktu sebelum masa garansi habis. Anda bisa melakukan klaim yang akan membantu untuk menghemat pengeluaran yang dimiliki.
  • Saat dilakukan pengujian mengenai produk tersebut sudah diberikan sertifikat. Sertifikat mengenai lolos uji kelayakan produk ini baik secara nasional dan internasional.
  • Apabila dalam pemakaiannya suku cadang yang digunakan mengalami kerusakan. Maka memiliki jaminan tersedianya suku cadang ini dalam waktu minimal dalam satu tahun.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *