Posted On: Juli 8, 2020

Manfaat Menggunakan Pompa Air Tenaga Surya

manfaat pemasangan pomp air tenaga surya

Air merupakan sumber kehidupan sehingga kebutuhan akan air tergolong paling banyak. Nah, ada beberapa daerah yang belum mendapatkan pasokan air bersih sehingga membutuhkan mesin pompa air yang layak guna. Salah satu mesin yang digunakan adalah mesin pompa air tenaga surya (PATS). Selain dapat menghasilkan air bersih, ada beberapa manfaat lainnya dari mesin pompa air tersebut.

  1. Hemat Biaya

pompa air tenaga surya hemat biaya

Seperti yang diketahui bahwa mesin pompa air yang menggunakan tenaga listrik akan menghabiskan banyak energi listrik. Hal tersebut tentu menjadi beban tambahan bagi keluarga yang kurang mampu. Meskipun mereka memperoleh air bersih dengan penggunaan mesin pompa air listrik, namun mereka merasa terbebani dengan biaya listrik yang tergolong tinggi di negara berkembang. Nah, jalan keluar satu-satunya adalah menggunakan PATS. Biaya yang dihabiskan untuk mengoperasikan pompa air tersebut tidak banyak karena yang dibutuhkan hanyalah sinar matahari.

Cara kerja pompa air ini menggunakan panel surya. Alat tersebut dapat mengubah energi surya menjadi energi listrik sehingga pompa air dapat digunakan. Panel surya yang menangkap sinar matahari tersebut tentunya gratis alias tanpa biaya mengingat bahan bakarnya adalah sinar matahari yang bisa diperoleh secara gratis oleh siapa saja. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan pompa air tersebut.

  1. Bekerja Optimal

pompa air tenaga surya dapat bekerja optimal

Jika Anda ragu bahwa pompa air dengan tenaga surya tersebut dapat bekerja maksimal bahkan ketika mendung sekalipun, maka hempaskan segala keraguan tersebut. Pompa air yang mengandalkan sinar matahari sekalipun dapat bekerja menangkap sinar matahari bahkan ketika cuaca mendung maupun hujan. Hal ini dikarenakan panel surya menangkap energi dari sel foton matahari, bukan dari panas yang dipancarkan matahari. Sehingga dalam keadaan tidak ada sinar matahari sekalipun seperti mendung maupun hujan, panel surya tetap mampu bekerja untuk mengkonversikan energi listrik. Meskipun tidak terlalu optimal seperti saat cuaca terik, namun hal tersebut cukup membantu beberapa kalangan yang membutuhkan air bersih.

Baca Juga:

  1. Perawatan yang Mudah

perawatan pompa air tenaga surya mudah

Pompa air tenaga surya juga tergolong mudah dalam perawatan. Selain itu cara kerjanya juga otomatis sehingga tidak membutuhkan operator khusus. Perawatan panel surya bisa dilakukan dengan menggunakan sikat berbahan yang halus. Pengguna panel surya juga bisa menyekanya ketika masih dalam keadaan basah. Proses perawatan ini bisa dilakukan ketika pagi dan sore hari agar panel surya dapat bekerja optimal dalam menangkap energi matahari.

  1. Pengaturan Debit

pompa lorentz bisa diatur debitnya

Ketika digunakan, Anda bisa mengatur sendiri debit per jam dan kedalaman pompa air dengan tenaga surya tersebut. Pastikan Anda mengatur sesuai dengan kebutuhan karena pompa air tenaga surya tersedia dalam berbagai jenis dan berbagai kapasitas. Jadi, usahakan untuk memilih pompa yang tepat. Penggunaan pompa air ini dapat digunakan pada berbagai sumber air seperti sumur dangkal, sumur bor dan lain sebagainya sehingga dapat bekerja optimal jika diletakkan di mana saja.

  1. Lebih Aman

instalasinya controller lebih aman

Seperti yang diketahui bahwa pompa dengan panel surya ini tidak membutuhkan banyak kabel dan jaringan sehingga tergolong aman dan mudah dalam pemasangannya. Beda halnya dengan pompa air tenaga listrik yang membutuhkan tenaga ahli khusus agar pompa bisa bekerja optimal.

Bagi Anda yang minat dengan pompa air panel surya maka pastikan terlebih dahulu besaran penggunaan. Anda pasti sudah mengetahui bahwa setiap pompa air memiliki kapasitas daya yang berbeda dan besaran tekanan yang digunakan. Pastikan hal tersebut dipilih dengan tepat, Anda bisa meminta saran dari pihak penjualnya agar memilih pompa air panel surya yang tepat. Selain itu tentukan pula waktu menggunakan pompa air tersebut, jika Anda berniat menggunakan pompa air dalam waktu yang lama maka sebaiknya ketahui waktu penggunaan harian.

Saat menggunakan panel surya sebagai sumber energi untuk pompa air, Anda mungkin mengalami berbagai permasalahan diantaranya pompa tidak menyala sesuai waktu atau bahkan tidak menyala sama sekali dan error. Apabila hal tersebut terjadi maka segera hubungi pihak yang paham mengenai permasalahan tersebut agar tidak terjadi kerusakan berkelanjutan.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *