Posted On: Juli 13, 2020

Implementasi Pompa Air Tenaga Surya Untuk Pertanian

Pompa air tenaga surya untuk pertanian

Pompa Air Tenaga Surya Untuk Pertanian — Matahari adalah salah satu energi yang disediakan oleh alam. Umumnya energi panas yang dihasilkannya hanya digunakan secara seadanya, dan belum pada tahap yang maksimal. Misalnya hanya untuk kegiatan bercocok tanam saja. Tapi seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, energi matahari mulai digunakan untuk menghasilkan energi lainnya. Salah satunya adalah energi listrik, dengan menggunakan sistem panel surya.

Pompa Air Tenaga Surya 

pompa tenaga surya untuk pertanian

Seperti namanya pompa air tenaga surya, maka pompa air yang satu ini menggunakan tenaga surya. Tenaga surya digunakan untuk memompa air dari mana saja, untuk kemudian diarahkan ke tempat yang memerlukan. Pompa air yang akan digunakan kali ini adalah pompa Lorentz PS2. Lorentz PS2 menggunakan sistem canggih yang mampu memompa air dengan mengubah energi surya menjadi energi listrik. Sehingga dapat menggantikan kebutuhan jaringan listrik konvensional atau juga generator diesel.

Baca Juga :
Implementasi Pompa Submersible
– Kenali Jenis-jenis Pompa Submersible

Mengingat tenaga surya terkadang tidak selalu stabil sepanjang hari, maka pompa Lorentz PS2 ini, akan mengubah parameter kontrol pompa. Parameter pada panel kontrol akan mengoptimalkan listrik yang dibangkitkan panel surya agar mampu mengoptimalkan jumah air yang tersedia. Sistem ini dirancang sebagai sistem offgrid, lengkap dengan semua input dan output yang dibutuhkan, guna mengelola sistem ini secara mandiri. Termasuk diantaranya memberikan sistem pengairan yang maksimal pada lahan pertanian, yang lebih dikenal dengan sistem irigasi.

Implementasi Pompa Air Tenaga Surya untuk Pertanian

Adanya pompa air seperti ini di lahan pertanian, tentu saja akan memberikan manfaat yang sangat besar. Terutama dalam membantu sistem pengairan atau irigasi  yang terkadang sulit untuk diperoleh. Jika Anda perhatikan dengan baik, pompa air dengan menggunakan tenaga surya ini seakan jadi pasangan yang sempurna dalam sistem irigasi. Sinar matahari yang sangat melimpah di lahan pertanian berpotensi bisa memompa air yang juga melimpah, walaupun terkadang sulit untuk didapat. Dengan adanya teknologi seperti ini, air yang ada di dalam tanah, atau sumber air di kawasan yang jauh dapat dipompa. Membuat sistem irigasi yang tepat dapat mengubah lahan yang awalnya tandus dan tidak produktif, menjadi sebaliknya. Lahan menjadi produktif karena air yang ada di tempat tersebut akan selalu tercukupi. Berkat adanya panel surya sebagai pembangkit listrik dan panel kontrol yang mampu mengoptimalkan kinerja mesin pompa secara mandiri.

Keunggulan Pompa Air Tenaga Surya untuk Pertanian

pompa tenaga surya bisa dipasang dimanapun

  • Dapat Diaplikasikan Dimanapun

Dahulu hal-hal seperti ini sangat sulit untuk dijalankan, terutama ketika musim kemarau tiba. Dimana kondisi permukaan air tanah mulai menyusut, dan lahan pertanian mulai mengering, hasilnya ketahanan pangan yang ada, jadi menurun. Hal ini akan berdampak pada pendapatan masyarakat sekitar lahan, yang umumnya menggantungkan hidupnya di lahan pertanian itu sendiri.

Namun kini dengan adanya sistem irigasi tenaga surya, secara tidak langsung mampu meningkatkan sistem keamanan pangan yang ada. Serta mampu meningkatkan pendapatan masyarakat yang ada disekitar lokasi pertanian tersebut berada. Tentu saja dengan tenaga surya, hal ini dapat dilakukan dan dapat dijalankan di mana saja. Tanpa perlu jaringan listrik PLN, tanpa perlu repot menyediakan bahan bakar minyak. Proyek pembangunan irigasi dengan menggunakan panel surya ini dapat diimplementasikan di kawasan manapun. Dapat mengoptimalkan potensi sumber air yang ada dan mendekatkan akses air irigasi.

  • Dapat Digunakan Pada Semua Metode Irigasi

Sistem pompa air tenaga surya ternyata dapat dikombinasikan dengan berbagai macam metode irigasi yang ada saat ini. Apalagi ditambah dengan adanya pompa submersible, maka metode irigasi, curah, tetes, dan yang lainnya, dapat digunakan dengan baik.

Aliran air dan tekanan yang dihasilkan pompa tenaga surya, mampu menjangkau jaringan irigasi yang ada. Dengan kemampuan tersebut dapat dikonversikan menjadi sistem irigasi yang baik, tanpa harus mengganti jaringan yang sudah ada sebelumnya.

Baca Juga :
– Aplikasi Pompa Air Tenaga Surya Untuk Irigasi
– Pemasangan Pompa Air Tenaga Surya Submersible untuk Irigasi di Sulawesi Tenggara

Dari ulasan di atas tentu jelas sudah, bahwa ada berbagai macam manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan sistem pompa air tenaga surya untuk pertanian. Hasilnya dapat mengoptimalkan olahan pertanian yang ada, mampu memperoleh hasil yang jauh lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *