Posted On: April 9, 2021

Pompa Irigasi Tenaga Surya – Bantu Wujudkan Kesuksesan Pertanian Anda

pompa irigasi tenaga surya

Kebutuhan irigasi memang merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan di dunia pertanian. Banyak sekali jenis irigasi yang diterapkan untuk mendapatkan hasil optimal. Baik itu model irigasi sederhana sampai dengan model irigasi dengan bantuan pompa irigasi tenaga surya.

Belakangan ini pompa irigasi tenaga surya menyita banyak perhatian masyarakat dengan segudang manfaat yang ditawarkannya. Pompa ini memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan jenis-jenis pompa lainnya. Seperti pompa pada umumnya, pompa ini juga digunakan untuk mengambil air dari sumbernya dan dialirkan ke tujuan.

Pemanfaatannya dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga, industri, irigasi, atau bahkan keperluan-keperluan yang lebih luas lagi. Pompa irigasi tenaga surya ini menghadirkan banyak sekali kelebihan bagi para penggunanya dibandingkan pompa irigasi pada umumnya, diantaranya adalah:

Pompa Irigasi Tenaga Surya Mampu Bekerja Maksimal

Pompa ini menggunakan sinar matahari sebagai sumber energinya. Akan tetapi banyak orang yang khawatir, bagaimana jika musim hujan, atau bagaimana jika mendung dan lain sebagainya. Apakah pompa ini dapat berfungsi dengan baik? Tentu saja iya. Dan Anda tidak perlu khawatir lagi.

Baca Juga:

Panel surya yang digunakan dalam sistem pompa ini bertugas menyerap sel foton yang dikeluarkan oleh matahari. Sel foton ini masih akan terus melimpah meskipun cuaca mendung. Asalkan ada sinar matahari, meskipun redup itu sudah cukup. Tentu saja akan lebih optimal ketika cuaca cerah, tapi mendung pun sudah bisa beroperasi. Jadi dengan hal ini diharapkan kekhawatiran yang tidak berdasar tersebut dapat dihilangkan.

pompa irigasi tenaga surya sanspower

Biaya Operasional yang Relatif Rendah

Teknologi ini lambat laun akan menggantikan teknologi motor diesel untuk sistem irigasi. Sebelum teknologi pompa irigasi tenaga surya berkembang, kebanyakan petani menggunakan pompa dengan sistem motor diesel, motor bensin, atau listrik konvensional. Hal ini akan menimbulkan pembengkakan pada biaya operasional, karena perlu adanya pengeluaran untuk membeli bahan bakar atau membayar tagihan listrik.

Berdasarkan hal tersebut kemudian mulai beredar pompa irigasi tenaga surya. Pompa ini menggunakan sumber energi utama dari sinar matahari yang tersedia melimpah di alam. Dengan adanya pompa ini, petani jadi diringankan dalam biaya operasional. Setelah dipasang, petani tinggal melakukan perawatan berkala yang tidak membutuhkan biaya operasional berlebih.

Cukup dengan Perawatan Sederhana, Pompa Irigasi Tenaga Surya Tetap Bekerja

Pompa yang bersumber dengan penggerak energi matahari ini termasuk pompa yang mudah dalam perawatannya. Cara kerja pompa ini sudah dirancang secara otomatis sehingga tidak dibutuhkan operator khusus. Perawatan panel surya cukup dilakukan dengan membersihkan panel surya menggunakan sikat berbahan halus. Petani hanya perlu menyeka panel surya secara berkala atau sesuai kebutuhan. Proses penyekaan juga dapat dilakukan dalam kondisi basah. Proses perawatan pompa juga dapat dilakukan pada waktu pagi dan sore hari agar panel surya dapat bekerja lebih optimal.

Keamanan Pompa Tenaga Surya Terjamin

Pompa ini didesain dengan menggunakan kabel seminimal mungkin. Sehingga tidak dibutuhkan banyak kabel dan jaringan. Hal ini dapat meningkatkan tingkat keamanan pompa. Dengan minimnya kabel juga memudahkan proses pemasangan. Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan pompa air tenaga listrik yang membutuhkan operator khusus agar pompa bisa bekerja maksimal.

Pompa ini juga dipasang kontrol pengaman untuk menjaga lonjakan listrik tiba-tiba yang tidak diinginkan. Banyak sekali kelebihan yang didapatkan jika menggunakan pompa irigasi tenaga surya. Pilihlah pompa ini sebagai pompa air tenaga surya terbaik untuk kebutuhan irigasi anda.

Baca Juga:

PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *