Posted On: April 12, 2021

Tenaga Surya untuk Pompa Air Jadi Favorit Pilihan Petani

tenaga surya

Tenaga Surya untuk Pompa Air Jadi Favorit Pilihan PetaniKeberadaan bahan bakar fosil seperti bahan bakar minyak semakin hari semakin berkurang. Terlebih jenis bahan bakar ini merupakan bahan bakar yang tidak dapat diperbarui. Hal ini menjadi pekerjaan rumah penting bagi semua umat manusia untuk menghemat energi atau bahkan menciptakan dan memanfaatkan energi baru yang tidak pernah habis.

Dalam hal ini, sekarang sedang berkembang dengan pesat jenis energi baru dan terbarukan. Energi ini diklaim akan selalu ada sepanjang masa dan tidak akan pernah habis karena tersedia melimpah di alam dan akan terus dapat diperbarui. Seperti pemanfaatan sinar matahari untuk listrik bertenaga surya misalnya.

Sudah diketahui oleh umum bahwasanya keberadaan sinar matahari di Indonesia ini sangat melimpah. Oleh karena itu, pemerintah beserta seluruh organisasi yang bergerak dalam bidang energi sedang berusaha mengoptimalkan fungsi sinar matahari untuk energi terbarukan agar dapat segera diaplikasikan dalam berbagai kebutuhan. Termasuk salah satunya adalah memanfaatkan tenaga surya untuk pompa air guna mengembangkan irigasi di sektor pertanian.

Baca Juga:

Perlu diketahui, sebenarnya banyak sekali peralatan di sekitar kita yang sudah menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi utamanya. Berikut ini adalah beberapa ulasan peralatan yang menggunakan tenaga surya.

Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS)

penerangan jalan tenaga surya

Mungkin beberapa dari Anda belum tahu, kalau penerangan jalan umum yang ada di sekitar kita sudah banyak menggunakan tenaga surya sebagai suplay energi utamanya. Jika kita melihat, di atas lampu biasanya terdapat sebuah kotak yang cukup lebar. Kotak tersebut adalah panel surya yang berfungsi menangkap sinar matahari untuk dirubah menjadi energi listrik. Teknologi penggunaan tenaga surya untuk penerangan jalan umum ini sudah lama diaplikasikan di Indonesia.

Rambu Lalu Lintas Tenaga Surya

lampu lalu lintas tenaga surya

Mungkin Anda pernah mengalami lampu rambu lalu lintas di perempatan yang Anda lewati mati ketika terjadi pemadaman listrik. Dan hal ini mengakibatkan perjalanan lalu lintas menjadi kacau dan membahayakan. Tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, karena sebagian besar lampu rambu lalu lintas sudah mengadopsi tenaga surya sebagai suplai utama sistemnya terutama untuk daerah yang ramai kendaraan. Hal ini dilakukan selain untuk menekan biaya operasional adalah untuk meningkatkan keamanan berkendara.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap

plts rooftop atap

Perkembangan penerapan tenaga surya terus meningkat. Bahkan dewasa ini sedang dicanangkan atap ramah lingkungan. Di mana sistem ini mengusung penambahan fungsi atap selain untuk tempat berteduh juga agar dapat digunakan sebagai penangkap sinar matahari untuk dirubah menjadi energi listrik.

Tentu saja hal ini bukan genteng dari batu bata itu yang dapat menyerap listrik, tapi di atasnya genteng tersebut dipasang panel surya. Panel surya ini dipasang menyerupai atap, sehingga sering disebut PLTS atap. Fungsinya tentu saja sebagai pembangkit listrik mandiri.

Dengan adanya PLTS atap ini warga dapat menikmati listrik tanpa harus mengeluarkan tagihan listrik bulanan. Bahkan jika ada surplus daya listrik, kita dapat menjualnya ke PLN sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan dari ini. Terlebih daerah Indonesia yang memiliki karakter sinar matahari yang melimpah, terobosan ni laik untuk terus dilanjutkan. Tenaga surya atap ini menjadi terfavorit kedua setelah tenaga surya untuk pompa air.

Pompa Air Tenaga Surya (PATS)

pompa air tenaga surya

Penggunaan tenaga surya untuk pompa air menjadi favorit karena petani merasakan dampak yang sangat signifikan. Dengan menggunakan PATS, petani dan pengguna lain yang membutuhkan irigasi menjadi sangat terbantu. Terutama untuk daerah pedalaman yang kesulitan akses jaringan listrik dan jauh dari tempat pembelian bahan bakar minyak. Tenaga surya untuk pompa air merupakan terobosan penting dalam mewujudkan pompa air tenaga surya terbaik.

Baca Juga:

PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

One thought on “Tenaga Surya untuk Pompa Air Jadi Favorit Pilihan Petani

  1. Dikatakan bahwa energi ini selalu ada dan tidak pernah habis karena melimpah di alam dan terus diperbarui.,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *