Posted On: September 7, 2020

Pompa Air Tenaga Surya Di Negeri “Sunda Kecil” Nusa Tenggara Timur

pompa air tenaga surya sanspower di lembata

Sanspower hadir sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan khususnya pada implementasi Pompa Air Tenaga Surya (PATS). Misi Sanspower adalah memenuhi prinsip energi berkeadilan dan mampu memberikan manfaat serta solusi berkesinambungan untuk kesejahteraan semua masyarakat Indonesia.

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang energi terbarukan, Sanspower telah dipercaya untuk melakukan banyak pemasangan Sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, Sanspower telah melakukan pemasangan sistem PATS lebih dari 200 sistem di seluruh Indonesia dengan total daya lebih dari 500.000 Wp dan mendistribusikan air lebih dari 7500 m3 setiap harinya yang digunakan untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan irigasi di berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Salah satu daerah yang cukup banyak memiliki sistem PATS adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Provinsi yang memiliki banyak pulau-oulau ini telah memanfaatkan PATS sebagai sumber air mereka. Berikut ini beberapa lokasi pemasangan yang sudah dilakukan Sanspower di daerah Nusa Tenggara Timur.

Rote Barat Daya

pompa air submersible tenaga surya sanspower rote ndao

Pemasangan sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di dilakukan pada bulan Oktober 2011 di daerah Rote Barat Daya, kabupaten Rote Ndao Nusa Tenggara Timur. Sistem PATS yang dipasang menggunakan pompa air submersible Lorentz seri PS-1800. Sistem ini dipasang untuk head 20 meter menggunakan rangkaian panel surya berkapasitas 4.800 Wp yang bisa menghasilkan output air sebesar 100 m3/hari. Dokumentasi bisa dilihat DISINI.

pompa sumbersible PATS Sanspower

Contoh Pemasangan lain di daerah Rote Ndao adalah di tahun 2015 bulan Oktober. Sanspower melakukan pemasangan sistem PATS masih dengan pompa air submersible Lorentz seri PS-1800. Sistem ini dipasang untuk head 40 meter, menggunakan daya panel surya sebesar 3.000 WP dengan output air sebesar 51 m3/hari. Dokumentasi bisa dilihat DISINI.

Manggarai Timur

PATS Sanspower submersible lorentz manggarai

Contoh pemasangan PATS selanjutnya dilakukan pada bulan September 2017 di daerah Kabupaten Manggarai Timur. Pemasangan menggunakan pompa air submersible Lorentz PS2-4000 C-SJ8-15. Sistem tersebut dipasang pada head 48 meter, sistem ini menghasilkan output sekitar 2,9 m3/hari menggunakan rangkaian panel surya berkapasitas 3.600 WP. Dokumentasi bisa dilihat DISINI.

Sumba Timur

pats submersible sanspower sumba timur

Sanspower melakukan pemasangan di Kabupaten Sumba Timur, NTT salah satunya pada September 2017. Sanspower memasang sistem PATS Submersible Lorentz PS2-4000 C-SJ5-25 untuk head 86 meter. Sistem ini dipasang untuk bisa menghasilkan output sekitar 15 m3/hari menggunakan kapasitas panel surya sebesar 6.000 WP. Pemasangan PATS ini diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat sekitar. Dokumentasi bisa dilihat DISINI.

Contoh pemasangan lain di Sumba Timur adalah yang menggunakan Lorentz PS2-4000 C-SJ8-15. Sistem PATS Submersible ini dipasang pada head 50 meter dengan kapasitas panel surya sebesar 3.600 WP. Sistem ini dapat menghasilkan suplai air bersih sebanyak 15 m3/hari. Dokumentasi bisa dilihat DISINI.

pats sanspower matawai pawali sumba timur

Masih di daerah Sumba Timur, Sanspower juga telah melakukan pemasangan PATS di Desa Matawai Pawali pada bulan Oktober 2018. Sistem PATS yang dipasang di desa ini menggunakan pompa air submersible Lorentz PSk2-7 C-SJ42-3. Sistem ini dirancang untuk head 50 meter, menggunakan kapasitas panel surya 6.000 WP dan dapat menghasilkan output air bersih sebanyak 18 m3/hari. Dokumentasi bisa dilihat DISINI.

Flores Timur

pompa air tenaga surya sanspower flores timur

Contoh pemasangan sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) yang sudah dipasang Sanspower ada di Flores Timur. Pemasangan di daerah ini tepatnya di Desa Mananga Kecamatan Solor Timur pada bulan Oktober 2018. Sistem pompa yang digunakan adalah pompa air submersible Lorentz PS2-4000 C-SJ8-15. Sistem ini dipasang untuk head 45 meter, menggunakan kapasitas panel surya 3.600 WP dan dapat menghasilkan output air bersih sebanyak 19 m3/hari. Dokumentasi bisa dilihat DISINI.

Demikian sedikit gambaran tentang pemasangan yang dilakukan Sanspower di daerah Nusa Tenggara Timur. Masih banyak lagi pemasangan yang sudah dilakukan Sanspower di seluruh Indonesia. Semoga informasi ini menjadi referensi bermanfaat.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *