Posted On: April 7, 2021

Pompa Air Tanpa Listrik – Penuhi Kebutuhan Dan Berbagai Keuntungan Menarik

pompa tanpa listrik

Pompa Air Tanpa Listrik – Air merupakan kebutuhan utama dan harus diprioritaskan untuk menunjang kehidupan makhluk hidup. Termasuk di dalamnya manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Secara alami, alam sebenarnya sudah menyediakan air untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Akan tetapi terkadang karena keserakahan dan tangan jahil manusia, keberadaan air bisa berkurang atau bahkan sirna.

Kenyataan telah menunjukkan bahwa masih terdapat banyak daerah yang yang mengalami kesulitan penyediaan air. Baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun kegiatan irigasi pertanian dan peternakan. Oleh karena itu, manusia juga memikirkan bagaimana agar kesulitan itu dapat teratasi.

Selama ini, sudah banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Seperti pemakaian pompa air, baik yang digerakkan oleh tenaga listrik, motor bensin, maupun motor diesel. Tetapi pada kenyataannya masih banyak masyarakat pedesaan yang belum memilikinya. Atau sudah memiliki tapi menelan biaya operasional yang relatif besar.

Oleh karena itu, dewasa ini para peneliti dan pabrikan pompa air terus mengembangkan pengetahuannya untuk meningkatkan efisiensi biaya operasional pompa agar manfaatnya semakin besar didapatkan. Termasuk dalam mewujudkan pompa air tanpa listrik. 

Pompa Hydram (Hydraulic Ram Automatic) – Perwujudan Pompa Air Tanpa Listrik

pompa hydram tanpa listrik

Pompa Hydram merupakan suatu pompa yang berfungsi untuk menaikkan air dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi secara otomatis. Uniknya, pompa jenis ini tidak membutuhkan energi eksternal seperti listrik, motor diesel atau motor bensin. Energi yang dibutuhkan hanya berasal dari energi yang dihasilkan air itu sendiri.

Alat ini relatif sederhana dan efektif untuk digunakan pada kondisi yang sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan untuk operasinya. Alat ini bekerja dengan prinsip menggunakan tekanan dinamik air yang ditimbulkan. Sehingga dengan kondisi ini akan memungkinkan air mengalir dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi.

Penggunaan hidraulik ram tidak terbatas hanya pada penyediaan air untuk kebutuhan rumah tangga, tapi juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan air untuk pertanian, peternakan dan perikanan darat. Lebih jauh lagi, pompa ini juga dapat dikategorikan sebagai pompa air tanpa listrik. Karena memang, dalam pengoperasiannya pompa ini tidak membutuhkan listrik agar dapat bekerja.

Baca Juga: Pompa Air Tenaga Surya Terbaik Untuk Semua Kebutuhan Air Anda

Keuntungan Pompa Hydram sebagai Pompa Air Tanpa Listrik

Dalam operasinya, alat ini mempunyai keuntungan dibandingkan dengan jenis pompa lainnya. Diantaranya adalah tidak membutuhkan sumber tenaga tambahan seperti motor bensin, motor diesel, atau motor listrik. Biaya operasionalnya juga relatif murah, hanya dibutuhkan pengecekan dan pembersihan berkala agar kinerjanya dapat maksimal.

Pompa ini juga tidak memerlukan pelumasan, hanya mempunyai dua bagian yang bergerak sehingga memperkecil terjadinya keausan, perawatannya sederhana dan dapat bekerja dengan efisien pada kondisi yang sesuai serta dapat dibuat dengan peralatan bengkel yang sederhana.

Pompa Air Tenaga Surya – Implementasi Pompa Air Tanpa Listrik Ramah Lingkungan

pompa air tenaga surya

Selanjutnya, Pompa Air Tenaga Surya (PATS) juga menjadi salah satu pompa air yang dewasa ini semakin gencar dikembangkan. Berbeda dengan pompa hydram yang murni sebagai pompa air tanpa listrik. PATS masih mengandalkan listrik sebagai tenaga penggeraknya, akan tetapi listriknya berasal dari tenaga surya, buka listrik konvensional yang dihasilkan PLN.

Sebagai pompa air tanpa listrik, PATS menggunakan tenaga surya sebagai salah satu sumber daya alam yang dapat diperbarui sebagai penggeraknya. Teknologi yang digunakan lebih efektif untuk menghasilkan energi listrik. Penggunaan PATS sebagai pompa air tanpa listrik telah banyak membantu menangani berbagai permasalahan seputar ketersediaan air di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga:

PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *