Posted On: April 7, 2021

Pompa Air Tenaga Surya: Solusi Pompa Air Pertanian Ramah Lingkungan

pompa air tenaga surya untuk pertanian

Irigasi untuk kebutuhan air sawah sangat bergantung pada penggunaan pompa air pertanian, terutama untuk persawahan yang bukan termasuk sawah tadah hujan. Pompa air pertanian yang beredar di pasaran spesifikasi yang beragam sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Termasuk bahan bakar yang digunakan, baik yang bertenaga bahan bakar bensin, solar (diesel), bertenaga listrik, atau bahkan pompa air tenaga surya untuk pertanian.

Pompa air pertanian pada dasarnya dimanfaatkan untuk melakukan irigasi yang bertujuan untuk memperlancar proses pertanian dan perawatan terhadap lahan pertanian. Dalam hal ini, pompa air digunakan untuk memindahkan air dari sumber air ke area pertanian tertentu. Sumber air pun bermacam-macam, ada yang dari sumber air bawah tanah, sungai, waduk, juga tandon tadah hujan.

Pemilihan jenis pompa air sangat penting untuk dilakukan agar efisiensi dan keuntungan yang lebih dapat diperoleh. Berikut kami berikan referensi dari masing-masing jenis pompa air yang dapat anda gunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lahan pertanian.

Pompa Air Sentrifugal

pompa sentrifugal diesel

Pompa jenis ini biasanya menggunakan motor diesel berbahan bakar solar sebagai tenaga penggeraknya. Pompa ini sangat tepat dijadikan pilihan untuk memompa air dalam kebutuhan kapasitas debit air yang besar. Seperti memompa air dari sumber air bawah tanah yang dalam, sumur, ataupun dari sungai untuk kebutuhan pengairan lahan yang luas.

Jenis pompa ini juga dapat digunakan untuk pengeringan dan menyedot air dalam waktu yang cepat, seperti saat terjadi banjir yang diperlukan pompa dengan kapasitas besar untuk memompa dan membuang air. Dalam bidang pertanian pompa diesel juga sering digunakan secara kolektif atau secara kelompok tani, sehingga penggunaanya untuk mengairi lahan sawah yang luas secara bersamaan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi biaya operasional yang besar. – pompa air tenaga surya untuk pertanian –

Baca Juga: Pompa Air Tenaga Surya Terbaik Untuk Semua Kebutuhan Air Anda

Pompa Air Alkon

pompa sentrifugal sanspower

Pompa air jenis ini paling banyak digunakan. Fleksibilitas pompa yang dapat dibawa kemana-mana untuk berpindah-pindah lahan menjadikan pompa ini paling banyak diminati. Harganya juga lebih murah tenaga yang dihasilkan pun juga besar meskipun ukurannya relatif kecil. Poma air alkon ni sering juga dinamakan pompa air tenaga bensin portable. Sesuai namanya, biasanya pompa jenis ini menggunakan bahan bakar bensin sebagai tenaga penggeraknya.

Jenis pompa ini biasanya digunakan oleh para petani untuk menyiram tanaman dalam satu lahan. Saat satu lahan sudah teraliri air dengan baik, petani akan berpindah ke lahan yang lainnya. Biaya untuk operasional juga cukup murah, untuk pengoperasian normal biasanya rata-rata hanya dibutuhkan 1 liter bensin dalam 1 jam kerja. Tentu saja ini akan berbeda-beda tergantung dari sumber air dan jarak penyiramannya. Semakin dekat sumber air dan jarak penyiraman maka semakin sedikit tenaga yang dikeluarkan oleh mesin sehingga konsumsi bahan bakarnya pun semakin irit. – pompa air tenaga surya untuk pertanian –

Pompa Air Listrik

pompa listrik

Dewasa ini pompa air menggunakan bahan bakar listrik semakin digalakkan. Kalau dulu hanya digunakan untuk kapasitas rumahan, beberapa tahun belakangan sudah mulai meluas ke arah tambak dan pertanian. Seiring terus naiknya harga bahan bakar minya (BBM), perkembangan pompa air listrik semakin cepat. Pompa ini diklaim dapat meningkatkan Efisiensi sebesar 65%.

Pompa Air Tenaga Surya untuk Pertanian – Berikan Pilihan Menggiurkan bagi Petani

pompa air tenaga surya

Berawal dari berkembangnya pompa air listrik, pompa air tenaga surya untuk pertanian juga mengalami perkembangan yang signifikan. Jika efisiensi dari pompa air listrik sudah tinggi, pompa air tenaga surya untuk pertanian efisiensinya lebih tinggi lagi. Biaya instalasi awal memang relatif tinggi, akan tetapi untuk biaya operasional sangat rendah.

Pompa Air Tenaga Surya ini hanya membutuhkan sinar matahari sebagai tenaga penggeraknya. Persawahan yang memilikisinar matahari yang melimpah menjadikan Pompa Air Tenaga Surya sebagai pilihan tepat untuk para petani. Petani tidak lagi diharuskan mengeluarkan biaya bahan bakar untuk kebutuhan pertaniannya. Pompa Air Tenaga Surya terbaik merupakan pilihan tepat untuk masa depan pertanian cemerlang.

Baca Juga:

PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *