Posted On: April 7, 2021

Pompa Air Sumur Bor Tenaga Surya Berikan Keuntungan Berlipat bagi Pengguna

pompa air sumur bor sanspower

Air merupakan kebutuhan utama bagi manusia. Banyak hal yang tidak dapat terpenuhi dengan baik jika air tidak ada. Baik itu untuk kebutuhan konsumsi atau kebutuhan lainnya seperti irigasi. Dalam memenuhi kebutuhan irigasi, terutama untuk air sawah sangat bergantung pada pompa air pertanian. Dewasa ini model sumur bor lebih digemari karena keberadaan air lebih menjanjikan. Di pasaran banyak sekali beredar berbagai macam pompa yang dapat diaplikasikan untuk kebutuhan ini, bahkan sekarang ini juga sudah tersedia pompa air sumur bor tenaga surya.

Pada dasarnya pompa air ini dimanfaatkan untuk melakukan irigasi yang bertujuan untuk memberikan akses air kepada lahan pertanian petani. Dalam menghasilkan panen yang baik, kebutuhan air sawah harus dapat terpenuhi agar perkembangan tanaman juga semakin baik. Akan tetapi dampak globaslisasi menjadikan ketersediaan air juga tidak seperti dahulu. Keberadaan air semakin dalam berada di bawah permukaan tanah.

Oleh karena itu, sudah lama dikembangkan pompa air yang memang khusus difungsikan sebagai pompa air sumur bor, atau sumur dalam. Pompa jenis ini memang dirancang agar dapat mengalirkan air dari kedalaman tertentu sesuai spesifikasi dan mampu mengangkat air ke atas permukaan tanah.

Pilih Pompa Air Sumur Bor Tenaga Surya untuk Kebutuhan Irigasi Anda

Dalam menentukan pompa air sumur bor yang tepat dibutuhkan kejelian agar kinerjanya dapat maksimal sesuai yang kita inginkan. Ukuran kedalaman sumber air menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan karena harus sesuai dengan spesifikasi pompa itu sendiri. Beberapa tipe pompa air sumur bor yang beredar di pasaran adalah sebagai berikut.

Pompa Jet

jet pump

Pompa air jet ini lebih sering disebut dengan istilah asingnya, yaitu jetpump. Pompa jenis ini kebanyakan dipasang di jenis sumur dalam. Pompa ini mengandalkan energi listrik sebagai tenaga penggeraknya. Pompa ini memiliki batas kedalaman mencapai 60 meter.

Baca Juga: Pompa Air Tenaga Surya Terbaik Untuk Semua Kebutuhan Air Anda

Pompa dengan Penggerak Motor Diesel

pompa diesel

Sesuai dengan namanya, pompa ini memanfaatkan bahan bakar solar sebagai tenaga penggeraknya. Pompa air jenis ini mampu digunakan untuk aplikasi pompa air sumur yang kedalamannya bahkan mencapai puluhan meter. Selama ini pompa jenis ini banyak sekali dipilih oleh petani untuk memenuhi kebutuhan irigasi sawahnya. Karena output yang dihasilkan sangat menjanjikan dan belum ada teknologi lain yang lebih efektif dan efisien. Namun belakangan ini mulai ditinggalkan seiring naiknya bahan bakar minyak dan munculnya teknologi pompa baru.

Pompa Air Submersible

pompa submersible

Pompa ini sering disebut sebagai pompa celup. Tentu dapat dibayangkan, sesuai dengan panggilannya pompa ini pengoperasiannya harus berada di dalam air. Pompa ini akan rusak jika dihidupkan area kering dalam jangka waktu lama. Pompa submersible tidak mempunyai daya hisap tetapi hanya memiliki daya dorong. Sehingga efisiensinya akan lebih tinggi. Pompa ini juga menggunakan listrik sebagai tenaga penggeraknya.

Pompa Air Sumur Bor Tenaga Surya – Pompa Air Tenaga Surya Terbaik

pompa air tenaga surya

Pompa Air Sumur Bor Tenaga Surya ini merupakan modifikasi dari pompa air submersible yang berada di pasaran. Pompa yang semula bertenaga listrik konvensional diubah menjadi sebuah sistem yang memanfaatkan tenaga surya sebagai energi penggeraknya. Sehingga pompa air submersible ini berubah menjadi pompa air sumur bor tenaga surya.

Pompa Air Sumur Bor Tenaga Surya bekerja dengan sistem sentrifugal yang memiliki kipas lebih dari satu. Kipas ini dapat bergerak dengan cepat menggunakan motor listrik tenaga surya yang berada di dalam casing. Prinsip ini digunakan untuk mengangkat pompa ke atas permukaan. Pompa Air Sumur Bor Tenaga Surya memiliki efisiensi yang sangat tinggi dan biaya operasional yang rendah karena tidak lagi membutuhkan biaya bahan bakar atau beli listrik lagi.

Baca Juga: Pompa Air Tenaga Surya Terbaik Untuk Semua Kebutuhan Air Anda

PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *