Posted On: April 8, 2021

Pompa Air Irigasi Tenaga Matahari – Berikan Keuntungan Lebih Bagi Petani 

pompa irigasi

Kebutuhan irigasi dewasa ini mendapatkan perhatian khusus dari semua lini. Bagaimana tidak, irigasi yang baik pasti akan dapat mendukung peningkatan swasembada pangan bagi negara. Banyak hal telah dilakukan baik oleh pemerintah maupun industri dalam mendukung kesuksesan petani terutama melalui sektor irigasi. Bahkan dewasa ini perkembangan pompa air irigasi tenaga matahari juga semakin banyak diminati.

Antara Pompa air dan tenaga surya memang merupakan pasangan yang serasi untuk sistem irigasi. Kebutuhan air yang berlimpah serta kondisi geografis yang panas mengakibatkan pompa air irigasi tenaga matahari dapat bekerja dengan optimal. Sinar matahari yang berlimpah sama dengan air yang berlimpah.

Pompa air tenaga matahari dapat digunakan untuk mengubah lahan dari yang tidak digunakan menjadi lahan yang produktif. Pompa air tenaga matahari dapat mengalirkan air ke lokasi yang tidak memiliki infrastruktur yang memadai. Sehingga hal ini dapat meningkatkan ketahanan pangan peningkatan pendapatan bagi masyarakat setempat.

Sistem yang Efisien – Pompa Air Irigasi Tenaga Matahari Mengubah Lahan Tandus Menjadi Lahan Produktif

pompa air submersible

Permasalahan utama yang sering dihadapi dalam usaha pengembangan di bidang pertanian lahan kering adalah karena keterbatasan akses air. Meskipun terkadang sumber air tersedia, akan tetap jika akses tidak ada ketersediaan air juga akan menjadi sulit.

Diperlukan upaya keras dari masyarakat pun agar bisa tetap memanfaatkan lahan yang ada. Banyak upaya yang sudah dilakukan agar air untuk kebutuhan lahannya dapat tercukupi dengan optimal. Pada umumnya petani akan mempergunakan pompa listrik atau pompa air berbahan bakar minyak (BBM) untuk memanfaatkan sumber daya air yang tersedia sebagai irigasi.

Akan tetapi cara ini cukup memakan biaya operasional yang lumayan besar. Diperlukan biaya ekstra selain untuk perawatan diperlukan juga biaya tambahan untuk membeli bahan bakar atau membayar tagihan listrik. Dampak negatif lainnya adalah emisi gas buang yang dihasilkan oleh mesin tersebut akan berakibat buruk bagi lingkungan.

Baca Juga: Pompa Air Tenaga Surya Terbaik Untuk Semua Kebutuhan Air Anda

Menilik har tersebut, perlulah kiranya dicarikan dan dikembangkan suatu model teknologi irigasi yang bisa lebih hemat energi dan juga hemat air dalam pengoperasiannya. Dalam hal ini, pompa air tenaga matahari adalah salah satu solusi yang paling tepat guna keperluan irigasi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Pompa air tenaga matahari tersebut berfungsi untuk menyedot air dari dalam tanah ke permukaan tanah dengan tenaga surya sebagai penggeraknya.

Pompa Air Irigasi Tenaga Matahari – Tak Pandang Tempat untuk Memasangnya

pompa submersible untuk irigasi

Pompa air tenaga matahari merupakan sebuah sistem yang dapat diaplikasikan di berbagai area termasuk di wilayah yang masih terisolir dan terpencil. Lokasi yang minim sarana dan prasarana penunjang, seperti belum adanya pasokan listrik ataupun jauh dari sumber air juga dapat dipasang pompa air tenaga matahari. Sehingga sistem ini sangat cocok digunakan untuk mengairi berbagai lahan irigasi di mana pun lokasinya.

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika memasang pompa air irigasi tenaga matahari sebagai sistem irigasi pilihan Anda. Beberapa keuntungannya adalah fleksibel penggunaannya, hemat, perawatan mudah dan biaya operasional rendah, dan praktis dan mudah juga otomatis kerjanya.

Implementasi pompa air tenaga surya untuk irigasi sangat tepat sekali, terutama di wilayah Indonesia yang mendapat limpahan sinar matahari yang bisa dikatakan tersedia sepanjang tahun, juga bisa kompatibel untuk dimanfaatkan dalam berbagai metode irigasi dan juga ramah lingkungan.

Baca Juga:

PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *