Posted On: Agustus 2, 2021

Penyerapan Penggunaan Dana Desa Berimbas pada Peningkatan Kesejahteraan Warga

penggunaan dana untuk desa sanspower 2021

Penggunaan Dana Desa

Penggunaan dana desa — “Total dana desa yang sudah digunakan sampai 18 Oktober 2020 ialah Rp 32,728 triliun, sedangkan total dana desa APBN tahun 2020 ada Rp 71,190 triliun,” jelas Abdul Halim saat konferensi pers virtual pada Senin (19/10) (sumber: kontan.co.id).

Itulah salah satu ungkapan yang disampaikan oleh Gus Menteri (sapaan akrab Abdul Halim, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Penyerapan pagu anggaran dana desa memang tergolong relatif tinggi untuk setiap periode tahunnya.

Penggunaan dana desa yang akuntabel dan tepat sasaran menjadikan kepercayaan pemerintah terhadap penggunaan dana desa meningkat sehingga pemerintah menambahkan pagu anggaran setiap tahunnya.

Pemerintah terus menyusun kebijakan penggunaan dana desa sesuai dengan iklim perekonomian dan kondisi yang terjadi di Indonesia. Akan tetapi pemerintah juga telah menyusun rambu-rambu penggunaan alokasi dana desa yang disusun dalam bentuk SDGs Desa.

SDGs Desa memuat berbagai macam tujuan strategis desa yang bermuara pada kesejahteraan warga desa dan peningkatan stabilitas ekonomi nasional. Termasuk di antaranya dalam proses pelaksanaan penggunaan dana desa harus dilakukan dengan sistem swakelola dan padat karya tunai desa (PKT Desa).

Pelaksanaan PKT Desa bisa juga digunakan untuk antisipasi bencana alam banjir, tanah longsor, angin kencang maupun bencana lainnya.

“Penggunaan tetap memperhatikan mekanisme penggunaan dana desa lewat musyawarah desa. Bisa digunakan untuk pra bencana, tanggap darurat atau saat bencana dan pasca bencana,” imbuhnya (sumber: kontan.co.id).

Baca Juga >>> Manfaat Dana Desa untuk Bangun Fasilitas Air Bersih

Pembangunan infrastruktur perlu dilakukan agar terjadi peningkatan kualitas hidup warga desa.

Tentu saja aplikasi PKT Desa tidak sebatas pada kebencanaan saja, melainkan mencakup seluruh kegiatan yang dianggarkan menggunakan alokasi dana desa dan lebih bersifat kepada pembangunan infrastruktur desa terutama untuk infrastruktur strategis dan infrastruktur vital.

Pembangunan infrastruktur perlu dilakukan agar terjadi peningkatan kualitas hidup warga desa. Dalam hal ini pemerintah juga telah menyusun peraturan mengenai tujuan penggunaan dan alokasi dana desa. Semua itu dirangkum dalam SDGs Desa. Pembangunan infrastruktur dapat membantu masyarakat desa mempercepat mobilitas dan fasilitas dalam pengembangan sumber daya mereka.

Melalui SDGs tersebut, pemerintah desa dapat memberikan fokusnya dalam memperbaiki desa sesuai dengan kebutuhan dan kondisi desa. Dalam pembangunan infrastruktur desa, pemerintah harus mempertimbangkan kebutuhan paling vital yang diperlukan warga. Ketersediaan air bersih merupakan salah satu kebutuhan yang perlu diperhatikan dan didahulukan. Hal ini sangat diperlukan oleh warga untuk menjamin kualitas kehidupannya. Dengan adanya akses air bersih yang layak dan mudah, warga tidak perlu lagi dibingungkan dengan kesulitan mencari air bersih untuk kebutuhan mereka.

PATS sebagai sebuah sistem akan mampu mewujudkan SDGs desa berenergi bersih dan terbarukan.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, pemerintah desa dapat membangun fasilitas penyedia air bersih menggunakan pompa air tenaga surya (PATS). Pompa ini dapat difungsikan sebagai infrastruktur yang membantu warga untuk mempermudah mendapatkan akses air bersih. Pompa ini memanfaatkan energi matahari sebagai penggerak pompa dan tidak membutuhkan motor bakar atau bahkan jaringan listrik PLN.

Pemanfaatan sinar matahari yang melimpah di Indonesia ini dapat dioptimalkan sebagai energi penggerak pompa air ini. Dengan adanya inovasi ini, pemerintah desa mendapatkan banyak sekali keuntungan. Selain bebas dari biaya operasional, pembangunan PATS sebagai sebuah sistem juga akan mampu mewujudkan SDGs desa berenergi bersih dan terbarukan.

PATS merupakan pilihan tepat bagi pemerintah desa untuk mengoptimalkan penyerapan dana desa di lingkungannya masing-masing. Dengan penerapan PATS, kebutuhan air bagi warga terpenuhi dan lingkungan semakin terjaga dari polutan yang tidak menguntungkan. Kesehatan dan kesejahteraan warga akan lebih dekat untuk dapat diwujudkan.

Baca Juga >>> Kurangi Pengangguran dengan Padat Karya Tunai Desa


PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.
PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *