Posted On: Agustus 4, 2021

Penggunaan dana desa yang akuntabel telah terbukti memberikan dampak positif bagi kemajuan warga

pengalokasian dana desa

Penggunaan dana desa yang akuntabel telah terbukti memberikan dampak positif bagi kemajuan warga terutama warga desa.

Pengalokasian dana desa — Penggunaan dana desa yang akuntabel telah terbukti memberikan dampak positif bagi kemajuan warga terutama warga desa. Akan tetapi terobosan pemerintah yang seperti lahan basah ini juga mempunyai dampak negatif bagi oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Dikutip dari Tempo.co. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Kerja Tiga Menteri di Palembang kembali menegaskan pentingnya peruntukan dana desa. “Dana Desa adalah dana rakyat kita. Jadi Dana Desa bukan untuk Kepala Desa dan Aparat Desa,” ujar Sri Mulyani.

Beliau juga menegaskan akan pentingnya pengalokasian dana desa sebagai upaya menurunkan tingkat kemiskinan, memperbaiki kualitas kesehatan warga, dan pemerataan kualitas infrastuktur desa.

Salah satu contoh hasil penggunaan Dana Desa mulai tahun 2015 hingga tahun 2019 adalah di bidang infrastruktur di antaranya adalah 231,7 ribu km jalan desa, 1.327 km jembatan desa, 993,7 ribu unit sarana air bersih, 4.859 unit embung desa. (sumber: Tempo.co)

“…kinerja yang cepat, bagus, dan akuntabel, maka APBDes dapat segera diselesaikan

Baca Juga >>> Manfaat Dana Desa untuk Bangun Fasilitas Air Bersih

Dengan kinerja yang cepat, bagus, dan akuntabel, maka APBDes dapat segera diselesaikan. Sehingga Dana Desa dari pemerintah pusat bisa langsung disalurkan tanpa harus menunggu desa lain yang belum memenuhi syarat. Hal ini untuk membuat desa-desa bisa terus bersaing untuk bisa menyusun APBDes dengan cepat dan tepat sasaran. hal ini perting untuk memacu percepatan pembangunan desa.

Dengan memegang amanah tersebut, maka kemungkinan penyelewengan pengalokasian dana desa akan lebih dapat diminimalisasi. Sehingga semua warga benar-benar dapat merasakan manfaat dana desa.

Fasilitas penyedia air bersih bagi warga. Dalam hal ini pemerintah dapat membangun pompa air tenaga surya (PATS)

Kejelian dan kehati-hatian dalam hal pengalokasian dana desa memang sangat diperlukan oleh pemerintah desa. Hal ini penting agar penggunaan dana desa dapat sesuai porsinya serta mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya. Hal ini penting agar niat baik pemerintah pusat dapat terwujudkan sampai ke tangan warga.

Pemerintah desa dapat memanfaatkan pengalokasian dana desa untuk membangun infrastruktur yang berguna bagi warga seperti fasilitas penyedia air bersih bagi warga. Dalam hal ini pemerintah dapat membangun pompa air tenaga surya (PATS).

PATS dapat difungsikan sebagai program pengalokasian dana desa agar semua warga yang belum mendapatkan akses air bersih yang layak akan mendapatkannya. PATS juga dapat membantu pemerintah desa dalam mewujudkan SDGs Desa layak air bersih dan sanitasi.

Selain itu, sistem PATS yang mengandalkan sinar matahari sebagai energi penggerak pompa menjadikannya sebagai sistem yang ramah lingkungan. Sehingga dengan menggunakan PATS, maka pemerintah desa dapat membantu menjaga kelestarian alam dan lingkungan serta mewujudkan SDGs Desa berenergi bersih dan terbarukan.

Baca Juga >>> Bantuan Dana Desa Mampu Tahan Percepatan Laju Kemiskinan


PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.
PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *