Posted On: Agustus 3, 2021

Bantuan Dana Desa Mampu Tahan Percepatan Laju Kemiskinan

kegunaan alokasi Dana-Desa-Tahan-Laju-Kemiskinan

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa menjadi faktor penting untuk menahan laju kemiskinan

Kegunaan Alokasi Dana Desa — Peran dana desa memberikan dampak yang cukup signifikan terutama bagi masyarakat pedesaan. Berbagai macam infrastruktur dasar dan vital telah dibangun untuk memperlancar mobilitas warga dan untuk memenuhi kebutuhan dasar warga.

Dikutip dari mediaindonesia.com, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar menyebut Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa menjadi faktor penting untuk menahan laju kemiskinan di wilayah desa.

“Pada tahun 2020, Padat Karya Tunai Desa (PKT Desa) dan BLT Dana Desa menjadi salah satu faktor penting di dalam menahan kemiskinan di desa. Berikut, menahan jumlah pengangguran di desa,” ungkap Abdul Halim Iskandar, Selasa (16/2).

Persentase kemiskinan dapat diturunkan dengan Dana Desa

Baca Juga >>> Manfaat Dana Desa untuk Bangun Fasilitas Air Bersih

Peran kegunaan alokasi dana desa untuk mengentaskan kemiskinan memang perlu ditingkatkan dan diperhatikan lebih baik lagi. Dana desa dapat membantu pemerintah pusat dalam upaya pemerataan kesejahteraan yang dimulai dari pinggiran (desa).

Desa merupakan tonggak penting kehidupan nasional. Desa juga merupakan wilayah yang diberikan kewenangan khusus untuk mengelola kegunaan alokasi dana desa. Desa juga mempunyai potensi yang sangat baik untuk dikembangkan menjadi desa mandiri jika diiniasi, dikelola, didampingi, dan diawasi dengan baik.

Perkembangan wilayah pedesaan sangat berpengaruh terhadap peningkatan stabilitas ekonomi nasional. Melalui wilayah pedesaan, sektor pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan dapat dikembangkan seluas-luasnya. Karena sumber daya alam dan sumber daya manusianya juga sangat melimpah.

Dalam hal ini peran pemerintah desa sangat dibutuhkan dalam memanfaatkan kegunaan alokasi dana desa agar tepat sasaran dan sesuai dengan target yang diinginkan. Pemerintah desa harus mampu memetakan kebutuhan vital warga dan kebutuhan untuk pengembangan desa menjadi desa mandiri.

Mewujudkan SDGs Desa berenergi bersih dan terbarukan melalui pembangunan sistem pompa air tenaga surya (PATS)

Dalam melakukan pemilihan program, pemerintah pusat telah memberikan rambu-rambu melalui skema SDGs Desa. Dalam skema ini telah diatur kegunaan alokasi dana desa dengan tujuan peningkatan kesejahteraan desa termasuk diantaranya adalah pembangunan infrastruktur dasar.

Dalam hal pembangunan infrastruktur, pemerintah desa juga dapat menggabungkan dengan SDGs Desa lain misalnya desa layak air bersih dan sanitasi. Pemerintah juga dapat membangun infrastruktur yang berkaitan erat dengan warga.

Kebutuhan air bersih dan sanitasi memang menjadi salah satu kebutuhan pokok warga yang harus didahulukan dan segera dipenuhi sebelum beralih ke pembangunan infrastruktur lainnya. Dalam hal ini pemerintah desa juga dapat memanfaatkan sistem yang berbasis ramah lingkungan untuk mewujudkan SDGs Desa berenergi bersih dan terbarukan seperti pembangunan sistem pompa air tenaga surya (PATS).

Baca Juga >>> Gunakan Dana Desa Wujudkan Kampung Domba

PATS merupakan sebuah sistem pompa air yang memanfaatkan sinar matahari sebagai tenaga penggerak pompa. Jadi PATS tidak membutuhkan sumber energi lain seperti bahan bakar minyak (BBM) atau bahkan jaringan listrik dari PLN.

Pemerintah desa dapat memilih PATS untuk kegunaan alokasi dana desa tepat sasaran dan bermanfaat bagi warga. PATS dapat membantu warga untuk lebih mudah dalam mendapatkan akses air bersih.


PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.
PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *