Posted On: Agustus 3, 2021

Gunakan Dana Desa Wujudkan Kampung Domba

materi dana desa 2021 sanspower

“…penghasilan warga bertambah sehingga secara bertahap kesejahteraan dan perekonomian keluarga juga akan membaik”.

Materi Dana Desa, Sanspower – Pemerintah pusat memberikan kebebasan kepada pemerintah daerah dalam mengelola dana desa untuk digunakan sebaik-baiknya. Tentunya hal ini digarisbawahi jika tidak melanggar tata aturan yang ada. Masing-masing desa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi daerahnya untuk menyerap dana desa dengan maksimal dan bertanggungjawab.

Contohnya Desa Tempel dan Desa Simpar Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, keduanya menjadi desa percontohan kampung domba tahun 2021.

Materi Dana Desa, Sanspower – Setiap keluarga di kedua desa dihimbau dan didorong untuk memiliki domba, minimal 1 ekor. Tujuannya adalah agar penghasilan warga bertambah sehingga secara bertahap kesejahteraan dan perekonomian keluarga juga akan membaik.

“Budi daya domba ini lebih mudah karena masyarakat sudah terbiasa. Secara tradisional mereka sudah tahu ilmu pelihara domba. Masyarakat yang kebanyakan petani bisa membawa rumpuk sepulang dari sawah untuk pakan domba. Ini tidak akan membuat mereka terbebani,” dalih Taufik Nurprianto, Camat Tretep. (sumber: mediaindonesia.com)

Baca Juga >>> Manfaat Dana Desa untuk Bangun Fasilitas Air Bersih

“Inovasi dan kreatifitas memang perlu dilakukan sebagai upaya untuk melepaskan diri dari kemiskinan”.

Materi Dana Desa, Sanspower – Selain alasan tersebut, Pak Camat menyatakan bahwa domba nilai jualnya lebih tinggi daripada ayam, selain itu dagingnya juga tinggi nilai gizinya.

Pada tahap pertama ini Desa Tempel mendistribusikan 90 ekor domba, Desa Simpar 80 ekor domba. Domba-domba tersebut diberikan pada kelompok warga terdampak pandemi Covid19. Satu kelompok warga terdampak Covid terdiri dari 10 keluarga masing-masing mendapat 1 domba. Pada tahap-tahap berikutnya ditargetkan tiap rumah memiliki 1 ekor domba.

Materi Dana Desa, Sanspower – Inovasi dan keterlibatan pemerintah serta dukungan penuh dari seluruh warga menjadi keberhasilan penggunaan dana desa tepat sasaran dan tepat guna. Inovasi dan kreatifitas memang perlu dilakukan sebagai upaya untuk melepaskan diri dari cengkeraman kemiskinan dan ketidakberdayaan.

Baca Juga >>> Pembangunan Infrastruktur Menggunakan Dana Desa Masih Menjadi Primadona

Banyak program-program yang memberikan manfaat kepada warga

Banyak hal yang dapat dilakukan pemerintah desa dalam membuat program-program yang memberikan manfaat kepada warga dengan sebaik-baiknya. Dari pembangunan infrastruktur, pemberdayaan sumber daya manusia (SDM), sampai dengan memberikan modal produktif yang akan dikembangkan oleh warga untuk memperbaiki kehidupannya.

Pemerintah desa juga dapat membangun sistem penyedia air bersih bagi warga jika diperlukan. Mengingat kebutuhan air bersih merupakan kebutuhan vital yang harus dipenuhi dan didapatkan warga. Dalam hal ini pemerintah desa juga dapat memanfaatkan alokasi penggunaan dana desa untuk membangun sistem pompa air tenaga surya (PATS).

Pompa ini hanya membutuhkan sinar matahari agar dapat dioperasikan. Tanpa membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) atau jaringan listrik PLN. PATS merupakan pompa ramah lingkungan yang bebas emisi sehingga pompa ini sangat cocol jika dijadikan infrastruktur untuk mewujudkan desa berenergi bersih dan terbarukan. PATS pilihan tepat untuk masyarakat sehat dan bermanfaat – Materi Dana Desa, Sanspower.


PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.
PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *