Posted On: Agustus 2, 2021

Pembangunan Infrastruktur Menggunakan Dana Desa Masih Menjadi Primadona

Dana desa dan alokasi dana desa-Disalurkan-Untuk-Infrastruktur-sanspower-2021

Membuka lapangan kerja baru melalui skema Program Padat Karya Tunai Desa (PKT Desa)

Dana desa dan alokasi dana desa — Pemerintah terus mengupayakan pemerataan pembangunan di seluruh penjuru Indonesia. Pembangunan yang masif dan berkelanjutan membantu mendorong peningkatan kestabilan ekonomi nasional melalui pinggiran. Dalam hal pembangunan infrastruktur, pemerintah juga membuka lapangan kerja baru melalui skema Program Padat Karya Tunai Desa (PKT Desa).

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) telah membuktikan keberhasilan pengurangan pengangguran melalui program PKT Desa. Sudah banyak desa yang mendapatkan manfaat dari program PKT Desa. Program ini membantu banyak warga dalam bentuk pekerjaan yang diterimanya.

Penggunaan dana desa dan alokasi dana desa untuk infrastruktur masih banyak dilakukan di berbagai macam desa. Karena memang kebutuhan infrastruktur desa sangat bermanfaat bagi warga.

Sebagian besar Dana Desa masih untuk infrastruktur

Dari sekitar 5.300 desa di Jawa Barat, hampir seluruhnya memanfaatkan penggunaan anggaran tersebut untuk kepentingan pembangunan fisik. Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi, hal ini terjadi karena masih banyak desa di wilayahnya yang membutuhkan pembangunan infrastruktur. “APBDes tersusun dari musyawarah desa. Usulan-usulan warga masih seputar infrastruktur,” katanya. (sumber: https://mediaindonesia.com/)

Baca Juga >>> Manfaat Dana Desa untuk Bangun Fasilitas Air Bersih

Sebenarnya bukan tanpa alasan penggunaan dana desa dan alokasi dana desa masih fokus pada infrastruktur, karena memang kebutuhan itu masih dalam kategori tinggi. Seandainya membangun desa wisata jika infrastruktur jalan masih parah ya akan percuma. Orang-orang jadi enggan untuk meramaikan desa wisata yang sudah susah-susah dibuat.

Pembangunan PATS akan menjadikan alokasi penggunaan dana desa tepat sasaran

Begitu juga terhadap kebutuhan air bersih, seandainya akan membangun ke arah desa wisata, kebutuhan air bersih juga harus terpenuhi terlebih dahulu karena ini merupakan kebutuhan vital. Jadi mungkin hal-hal inilah yang mendasari penggunaan dana desa dalam sektor infrastruktur masih terus digalakkan. Ya karena inilah kebutuhannya.

Pembangunan infrastruktur yang baik dan tepat sasaran memang akan mendatangkan berbagai dampak positif bagi warga. Ini akan menjadi pondasi yang bagus bagi fleksibilitas pergerakan warga.

Kalau pondasinya sudah kuat, maka mau dikembangkan ke arah mana saja warga akan mendukung dan disinyalir kalau perkembangan desa akan melesat dengan cepat. Apalagi jika diikuti dengan perkembangan ekonomi desa, dapat dipastikan warga akan lebih bersemangat untuk mendukung seluruh program pemerintah desa.

Baca Juga >>> Penyerapan Penggunaan Dana Desa Berimbas pada Peningkatan Kesejahteraan Warga

Infrastruktur penyedia air bersih merupakan salah satu primadona di setiap desa untuk penggunaan dana desa. Sektor ini biasanya tidak membutuhkan dana yang terlalu besar tetapi memberikan dampak yang sangat besar bagi warga. Pemerintah dapat melakukan pembangunan pompa air tenaga surya (PATS) sebagai sistem penyedia air bersih bagi warga desa. PATS merupakan sistem pompa bebas emisi karena menggunakan sinar matahari sebagai basis tenaga untuk menggerakkan pompa.

PATS juga dapat digunakan untuk irigasi bagi pertanian dan perkebunan warga, Pembangunan PATS akan menjadikan alokasi penggunaan dana desa tepat sasaran. Karena dengan membangun PATS sebagai penyedia air bersih, maka berarti pemerintah desa turut mendukung pembangunan desa berenergi bersih dan terbarukan.


PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.
PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *