Posted On: September 4, 2020

Panel Surya Juga Perlu Perawatan Berkala

panel surya perlu perawatan rutin

Saat pemasangan sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) ataupun Pembangkit Listrik Tenaga Suya Atap (PLTS Atap) sudah selesai, bukan berarti pekerjaan sudah selesai. Listrik dari tenaga surya sudah bisa digunakan sejak hari pertama sistem beroperasi sempurna. Tetapi pekerjaan terkait penggunaan tenaga surya tidak berhenti sampai disitu. Salah satu pekerjaan lain yang menanti adalah perawawatan berkala pada panel surya/ solar panel. Perawatan berkala pada panel surya ini bertujuan untuk menjaga agar rangkaian solar panel dapat berfungsi baik untuk waktu lama.

Alasan Panel Surya Perlu Mendapat Perawatan Berkala

Berikut ini adalah beberapa alasan panel surya perlu perawatan berkala:

  • Panel surya cepat kotor. Ditempatkan di area terbuka membuat solar panel cepat kotor. Kotoran yang bisa terdapat di solar panel antara lain debu yang menumpuk, daun-daun kering, kotoran burung. Kotoran-kotoran ini bila dibiarkan terus menerus bisa menutup cahaya matahari untuk mencapai lapisan silikon solar panel. Jika lapisan silikon ini tidak terkena cahaya matahari berarti tidak ada listrik yang dihasilkan. Fenomena ini biasa disebut juga dengan shading.

pembersihan-solar-panel

  • Sistem kelistrikan perlu diperiksa berkala. Rangkaian solar panel juga berlu diperiksa apakah masih menghasilkan listrik sesuai spesifikasi atau tidak. Jika tidak sesuai bisa mulai diperiksa apakah ada kabel yang putus, panel kotor, atau bahkan panel sudah rusak.
  • Keadaan braket pengikat panel surya. Pemasangan panel surya ada berbagai macam kondisi. Mulai pemasangan di tanah datar, atap miring, atap datar, atau bahkan menggunakan tiang tunggal. Semua kondisi pemasangan mempunya karakteristiknya masing-masing. Misal pemasangan di atap miring, solar panel sibautkan ke atap ada kemungkinan selama dipasang terkena panas, hujan, dll sehingga baut panel menjadi longgar atau konstruksi atap ada pelapukan dan sebagainya. Hal-hal seperti ini perlu diperiksa berkala seperti 3 bulan sekali untuk menghindari solar panel terlepas dan rusak.
  • Faktor eksternal lain. Faktor-faktor eksternal lain yang mungkin terjadi misalnya panel surya pecah dilempar batu, terkena potongan kayu, ada hewan liar membuat sarang, atau faktor lainnya. Mungkin secara sekilas tidak terlihat, tapi perlu diperiksa seksama.

Waktu Yang Tepat Melakukan Perawatan

Tidak ada hitungan baku kapan harus dilakukan perawatan berkala. Semua pemasangan solar panel baik untuk PATS maupun PLTS mempunyai karakteristiknya masing-masing sehingga waktu perawatannya bisa berbeda. Perbedaan waktu perawatan ini bisa dipengaruhi oleh lokasi pemasangan (berdebu, sering hujan, dll), kemiringan posisi pasang, vegetasi sekitar, cuaca, dan lainnya. Perawartan berkala perlu dikonsultasikan dengan vendor pemasang sistem solar panel.

Namun ada cara paling tepat untuk menentukan kapan harus melakukan perawatan pada solar panel, yaitu saat sudah terlihat kotor. Saat solar panel sudah terlihat kotor, luangkan waktu untuk segera membersihkan dan melakukan pengecekan yang diperlukan.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Perawatan Berkala

pemeriksaan panel surya

  • Gunakan pengaman.¬†Gunakan tali pengaman, tangga yang sesuai atau alat pengaman lainnya jjika Anda akan membersihkan solar panel di atap rumah/ gedung. Jangan langsung menginjak panel surya, gunakan alat bantu pembersihan jika perlu.
  • Matikan rangkaian listrik dari solar panel. Saat akan melakukan pemeriksaan atau pembersihan solar panel matikan lebih dulu saklar pengamannya. Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada arus yang berubah masuk ke sistem.
  • Pilih waktu yang sesuai untuk bekerja. Waktu yang susuai untuk membersihkan solar panel adalah saat cuaca sedang sangat mendung/ berawan. Jadi solar panel tidak terlalu panas dan listrik yang dihasilkan tidak besar.
  • Gunakan alat dan metode yang sesuai. Lakukan pembersihan solar panel dengan alat yang tepat seperti sikat lembut atau sikat plastik kasar. Gunakan juga alat bantu pembersihan lain yang diperlukan untuk mempermudah prosesnya. Tanyakan pada vendor apakah ada jenis sabun khusus untuk pembersihan panel. Jangan menggunakan sabun yang tersedia di rumah tanpa ada petunjuk sebelumnya, karena tiap sabun mempunyai karakter yang berbeda. Untuk pemeriksaan rangkaian kelistrikan, gunakan multitester atau sejenisnya yang sesuai dengan spesifikasi.

Konsultasikan dengan penyedia sistem PATS dan PLTS Atap tentang perawatan berkala ini. Jika diperlukan, ajukan perawatan rutin kepada penyedia/ vendor agar Anda tidak perlu repot melakukan perawatan solar panel. Memang sistem PATS dan PLTS Atap tidak membutuhkan bahan bakar dan biaya listrik bulanan, tetapi perawatan berkala tetap diperlukan. Perawatan ini bertujuan untuk meningkatkan umur penggunaan sistem tersebut.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *