Posted On: September 1, 2020

Mengenal Sekilas Perbedaan Panel Surya Polycristalline Dan Monocrystalline

perbedaan panel surya poly dan mono

Pernahkah kamu mendengar tentang panel surya?Apasaja manfaatnya? Berapa harga panel surya?. Panel surya merupakan seperangkat komponen atau alat yang berfungsi sebagai pengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Sehingga kamu bisa lebih hemat penggunaan energi listrik dari PLN. Selain itu, penggunaan panel surya umumnya juga sebagai wujud dari sikap cinta lingkungan.

Manfaat Panel Surya

Sebelum membahas terkait perbedaan dari jenis panel surya mono dan poly, sebaiknya kamu juga mengetahui manfaat-manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan panel surya. Salah satunya adalah untuk menghemat energi listrik. Selain itu, apa saja sih manfaat dari panel surya? Berikut merupakan beberapa jenis manfaat utama dari penggunaan panel surya.

  1. Lebih hemat pengeluaran terkait biaya tagihan listrik.
  2. Panel surya tentunya lebih ramah lingkungan
  3. Dapat menambah nilai jual bangunan
  4. Bisa digunakan didaerah manapun, khususnya yang belum terjangkau PLN.
  5. Panel surya dapat digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) skala rumahan atau bahkan lebih besar.
  6. Panel surya dapat digunakan untuk PLTS penggerak pompa air tenaga surya.

Jenis Panel Surya

Secara umum ada dua jenis panel surya yang umum digunakan yaitu panel surya jenis polycrystalline (sering disebut sebagai panel surya poly) serta panel surya jenis monocrystalline (sering disebut panel surya mono). Kedua jenis panel surya ini merupakan panel surya yang terbuat dari jenis silikon. Akan tetapi sesuai namanya ada sedikit perbedaan di dalam panel surya yang dimaksud. Namun, apa saja perbedaan tersebut?

Baca Juga:

Perbedaan Jenis Panel Surya Mono dan Poly

perbedaan polycristalline dan monocristalline

Sebenarnya ada beberapa jenis perbedaan dari panel surya mono dan poly. Perbedaan tersebut, terdiri dari :

  1. Jenis sel surya. Jenis dari sek surya sendiri dapat dibedakan melalui namanya. Dimana panel surya monocrystalline memiliki jenis sel surya yang terbuat dari silikon tunggal (mono). Sedangkan polycrystalline terbuat dari campuran jenis-jenis silikon.
  2. Harga panel surya. Panel surya mono biasanya lebih mahal dari poly.
  3. Ketahanan suhu. Berdasarkan ketahanan suhunya, panel mono lebih efisien digunakan pada suhu tinggi. Begitu pula sebaliknya. Panel poly tidak efisien bila digunakan pada suhu terlalu tinggi.
  4. Kebutuhan area. Panel mono membutuhkan wilayah pada rentang 6-9 m² per kWp. Sedangkan panel poly membutuhkan wilayah rentang antara 8-9 m² per kWp.
  5. Estetika. Panel mono berwarna kehitaman. Sedangkan panel poly kebiruan, dan
  6. Efisiensi panel. Dimana panel mono memiliki tingkat efisiensi 15-20%, sedangkan panel poly 13-18%.
  7. Proses pembuatan. Panel surya Mono lebih rumit dari pada Poly.

Harga Panel Surya Sesuai Jenisnya

Seperti yang terjadi pada benda lainnya, pada umumnya harga panel surya pasti berbeda-beda. Harga ini disesuaikan dengan kualitas, model, bentuk, brand serta jenis dari panel surya. Seperti halnya yang telah dijelaskan sebelumnya panel surya memiliki beberapa jenis.

Ketika berbicara mengenai harga, tentu panel mono lebih mahal dibandingkan panel poly. Harga panel surya mono umumnya mulai dari Rp 10.500,-/ WP dan poly mulai dari Rp 8.900,-/ . Hal ini dapat dilihat dari spesifikasi dan perbedaan yang dimiliki oleh kedua jenis panel surya. Layaknya yang telah dibahas sebelumnya, meskipun memiliki bahan yang sama namun ada beberapa perbedaan yang membuat spesifikasi serta harga dari panel surya turut mengalami perbedaan.

Demikianlah beberapa penjelasan singkat mengenai panel surya. Mulai dari pengertian, manfaat, jenis, dan harga. Menurut uraian di atas, bagaimana menurut Anda? Apakah harga panel surya sesuai dengan manfaat yang diberikannya? Apakah panel surya merupakan produk yang worth it? Silakan berikan komentar Anda.

Baca Juga:

4 thoughts on “Mengenal Sekilas Perbedaan Panel Surya Polycristalline Dan Monocrystalline

  1. Saya perlukan yg monocrystalin harga, ukuran panjang x lebar?

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. Ada beberapa jenis panel surya monocrystalline mulai 100 WP, 200 Wp, dst. Silakan. Silakan cek tautan berikut Panel Surya Mono.
      Semoga cukup menjawab. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut.
      Telp/WA 081392276191 – 081249911495

        • Ardhi Kusuma

          Terima kasih sudah mengunjungi website Sanspower. Secara fungsi sama saja, yang membedakan adalah karakteristik dari masing-masing panel surya tersebut. Karakteristik inilah yang juga menghasilkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing panel surya. Silakan langusng menghubungi tim kami untuk bisa diskusi lebih lanjut. Telp/WA 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *