Posted On: September 4, 2020

Barang-Barang Di Sekitar Kita Yang Menggunakan Tenaga Surya

pemanfaatan solar panel

Tenaga surya adalah sumber energi yang sudah kita temui setiap hari tapi tak jarang dari kita belum mengetahui potensinya. Potensi energi surya yang biasa digunakan adalah energi panasnya dan energi dari cahayanya. Dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang barang-barang yang ada disekitar kita yang menggunakan energi cahaya matahari. Cahaya matahari diubah menjadi listrik menggunakan panel surya. Energi listrik ini yang umum digunakan untuk berbagai kebutuhan kita sehari-hari.

Baca Juga;

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap

plts atap

Sistem ini yang paling umum digunakan untuk memanfaatkan energi surya. Energi listrik dihasilkan dari rangkaian sistem panel surya yang diletakkan di atap-atap rumah atau bangunan lainnya. Selanjutnya energi listrik ini diproses sedemikian rupa sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyalakan alat-alat listrik di rumah.

Pompa Air Tenaga Surya (PATS)

PATS sanspower

Sistem PATS banyak digunakan di daerah-daerah yang belum terjangkau jaringan listrik PLN tetapi tingkat sinar mataharinya berlimpah. Dengan sistem ini, pompa air bisa bekerja dan memompa air layaknya pompa air pada umumnya tetapi dengan sumber listrik yang ramah lingkungan.

Lampu/ Rambu Lalu Lintas Tenaga Surya

lampu lalu lintas tenaga surya

Di banyak wilayah di Indonesia sudah banyak yang menggunakan lampu lalu lintas yang menggunakan tenaga surya. Menggunakan sistem mendiri tenaga surya memungkinkan lampu lalu lintas dapat bekerja secara terus-menerus tanpa kekhawatiran ada pemadaman listrik mendadak.

Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS)

pju tenaga surya

Sistem PJU TS ini diterapkan lebih dulu daripada lampu lalu lintas. Penggunaan PJU TS ini sangat efektif dan efisien karena dapat menjangkau daerah yang sangat jauh meskipun infrastrukturnya terbatas. PJU TS tidak membutuhkan pembangunan jaringan listrik PLN dulu sehingga efektif untuk daerah terpencil.

Mobil Tenaga Surya

mobil tenaga surya

Mobil listrik mungkin sudah umum kita dengar, tetapi sekarang sudah ada mobil listrik tenaga surya. Lightyear, sebuah perusahaan startup di Belanda telah berhasil membuat prototype mobil listrik tenaga surya. Mobil prototype ini diberi nama One, dilengkapi panel surya di bagian atap dan kapnya. One diklaim dapat menempuh jarak 50-70 km dalam sehari dengan daya total panel surya 700 kWh.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

stasiun pengisian listrik

Mulai berkembangnya industri mobil listrik juga menuntut penyediaan fasilitas pendukunganya yaitu stasiun pengisian listrik. Stasiun ini berfungsi seperti stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), tetapi dengan bahan bakar berupa listrik. Honda, sebagai salah satu produsen kendaraan ternama di Jepang mulai menguji stasiun pengisian tenaga surya di daerah Saitama Prefektur.

Drone Tenaga Surya

drone tenaga surya

Pesawat tanpa awak atau yang umum kita sebut drone kini sudah ada yang menggunakan tenaga surya. China Aerospace Science and Industry Corp. telah mengembangkan drone tenaga surya sejak tahun 2018. Drone tenaga surya yang diberi nama Feiyun, drone ini dapat dioperasikan untuk mendukung jaringan komunikasi darurat di daerah terpencil dan penginderaan darat jarak jauh. Skenarionya, sekali mengudara drone ini mampu bertahan selama satu minggu memberi layanan komunikasi darurat jika ada gangguan komunikasi di darat.

Demikian penjelasan tentang beberapa barang-barang yang sudah menggunakan tenaga surya. Semoga bisa menjadi referensi bermanfaat.

Baca Juga:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *