Posted On: April 9, 2021

Macam-macam Pompa Air – Daftar Harga Pompa Air Tenaga Surya

daftar harga pompa air tenaga surya

Daftar Harga Pompa Air Tenaga Surya – Pompa air tenaga surya semakin dikenal di Indonesia. Peminatnya juga sudah semakin banyak, terutama untuk beberapa daerah yang masih minim fasilitas listrik konvensional. Pompa air tenaga surya merupakan sebuah sistem terintegrasi yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi utamanya.

Menyimak daftar harga pompa air tenaga surya yang relatif mahal, tidak menjadikan peminat pompa jenis ini menjadi berkurang. Karena sudah diketahui oleh khalayak bahwasanya pembengkakan biaya hanya di awal pemasangan saja. Hal ini dikarenakan membutuhkan panel surya sebagai sumber energi yang juga harus dipasang sebagai satu kesatuan sistem yang saling mendukung.

Akan tetapi, ketika sudah beroperasi, pengguna tidak perlu lagi mengeluarkan apapun untuk biaya operasional. Apalagi di Indonesia, negara yang melimpah akan sinar mataharinya ini menjadikan daftar harga pompa air tenaga surya yang tinggi itu bukanlah sebagai hambatan.

Pompa air tenaga surya ini terus mengalami perkembangan, dewasa ini jenisnya sudah beranekaragam. Berikut dijelaskan beberapa jenis pompa air tenaga surya yang beredar di pasaran.

Pompa Submersible (Submersible Pump)

pompa submersible

Pompa submersible sering disebut dengan pompa celup. Tipe pompa ini cara pemasangannya adalah menyelupkan pompa ke dalam air. Jadi pompa hanya bekerja jika terendam oleh air. Pompa ini biasa digunakan untuk mengambil air dari berbagai macam sumber, seperti air sungai, mata air, atau sumur bor.

Pompa dengan tipe Lorentz yang termasuk Pompa Submersible biasanya dipasarkan dalam dua macam bentuk yaitu Pompa Sentrifugal dan Pompa Helical Rotor. Anda perlu mempertimbangkan pilihan mana yang paling cocok ketika melihat daftar harga pompa air tenaga surya.

Baca Juga: Pompa Air Tenaga Surya Terbaik Untuk Semua Kebutuhan Air Anda

Jenis yang pertama adalah pompa sentrifugal. Pompa ini menggunakan prinsip gaya sentrifugal untuk mendorong air ke atas. Seri pompa lorentz yang termasuk pompa sentrifugal adalah yang menggunakan kode C-SJ baik itu untuk seri PS2 ataupun PSk2. C-SJ dapat diartikan C untuk Centrifugal dan SJ untuk Submersible.

Selanjutnya, jenis yang kedua adalah pompa helical rotor. Pompa ini bekerja dengan cara memompa air dari gabungan kerja komponen rotor dan stator karet. Pompa Lorentz menggunakan kode HR untuk Helical Rotor. Pompa jenis HR hanya tersedia untuk seri PS2 100 hingga PS2 4000.

Pompa Permukaan (Surface Pump)

pompa surface

Pompa permukaan merupakan jenis pompa yang menganut sistem sentrifugal. Sesuai dengan namanya, pompa ini posisinya diletakkan pada permukaan tanah. Berbeda dengan pompa submersible, prinsip kerja pompa ini dilakukan dengan dua cara yaitu menghisap/menyedot dan mendorong air.

Jadi pompa harus bekerja ekstra untuk melakukan dua kerja sekaligus. Kebocoran udara pada saluran juga sangat berpengaruh pada kinerja pompa. Surface pump dari Lorentz juga terbagi pada seri PS2 dan PSk2 seperti halnya pada jenis submersible.

Semua jenis pompa tersebut dewasa ini sudah bisa dijalankan dengan sistem tenaga surya. Sehingga ini akan sangat menguntungkan petani, karena petani tidak perlu lagi mengeluarkan biaya operasional untuk membeli bahan bakar minyak atau membayar tagihan listrik.

Selain dua jenis di atas, di pasaran sangat banyak jenis pompa lain yang mungkin lebih cocok dengan kondisi Anda. Tetapi tidak ada salahnya jika mempertimbangkan produk Lorentz ketika melihat daftar harga pompa air tenaga surya. Dengan varian yang beragan dengan jangkauan head mulai 5 meter hingga 450 meter, pompa ini sangat memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan pompa air tenaga surya pilihan Anda.

Baca Juga:

PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *