Posted On: Maret 23, 2021

Beginilah Cara Membuat Tenaga Surya Yang Harus Anda Ketahui

cara membuat tenaga surya Sanspower

Beginilah Cara Membuat Tenaga Surya Yang Harus Anda Ketahui – Seiring dengan ditemukannya fenomena efek fotolistrik yang dilandaskan pada paper milik Albert Einstein, teknologi untuk ‘memanen’ energi surya lewat panel-panel khusus pun mulai banyak diteliti dan dikembangkan oleh sejumlah kalangan.

Puncaknya terjadi pada tahun 1954 ketika tiga orang peneliti handal dari Bell Laboratories yakni Chapin, Fuller, dan juga Pearson menemukan suatu fenomena p-n junction yang dapat mengubah keberadaan radiasi sinar matahari menjadi tenaga listrik dengan menggunakan material yang terbuat dari logam silicon (Si).

Tahapan Umum Pembuatan Panel Surya Berbahan Silikon

cara membuat tenaga surya Sanspower

Jika dicermati, proses pembuatan sel surya berbahan silikon ini terbilang yang paling sederhana diantara semua jenis sel surya lainnya. Jika Anda penasaran dan ingin tahu dengan proses cara membuat tenaga surya, berikut adalah beberapa tahapan umum yang biasa digunakan sebagai proses pembuatan sel surya berbahan dasar material silikon.

Pemilihan Spesifikasi Silikon Wafer Yang Sesuai

cara membuat tenaga surya Sanspower

Proses pembuatan sel surya berbahan material silikon ini diawali dengan pemesanan dan juga pemilihan spesifikasi silikon wafer yang sesuai dengan panel yang akan dibuat. Silikon yang dipesan tersebut merupakan material silikon khusus yang dikenal dengan sebutan Cz-Si Wafers (Czochralski Silicon Wafers). Istilah Cz merujuk pada proses utama pembuatan silikon wafer yang dibuat secara khusus dari bijih logam silikon.

Silikon Wafer untuk panel surya ini memiliki bentuk berupa bujur sangkar. Wafer silikon ini memiliki dimensi ukuran sekitar 10 – 15 cm dengan sudut yang diratakan. Sementara itu, untuk ketebalan panel ini berkisar antara 200-350 micron -cara membuat tenaga surya

Baca juga:

Proses Pembersihan Permukaan Silikon Wafer

Setelah proses pemesanan dan pemilihan spesifikasi sel surya selesai dilakukan, tahapan berikutnya yang perlu dikerjakan adalah melakukan pembersihan terhadap permukaan silikon wafer tersebut. Pada umumnya, silikon wafer hasil pemesanan cenderung memiliki permukaan yang sangat kasar akibat pemotongan di pabrik selama proses pembuatan wafer silikon – cara membuat tenaga surya

Agar dapat digunakan secara optimal untuk menjadi sel panel surya tersebut harus dihaluskan terlebih dahulu. Penghalusan atau pengikisan permukaan wafer silikon ini dapat dilakukan dengan menggunakan larutan asam atau basa.

Proses pengikisan permukaan panel bisa dikatakan relatif cukup sederhana. Anda hanya perlu merendam silikon wafer ke dalam larutan sedalam sekitar 10 mikron. Hal tersebut akan membuat permukaan wafer silikon menjadi terkikis dan pada akhirnya dapat memiliki permukaan secara merata.

Baca Juga: Bisa Dicoba, Inilah Alasan Mengapa Panel Surya Sangat Cocok Di Gunakan Di Indonesia

Melakukan Teksturisasi Pada Permukaan Silikon Wafer Sel Surya

cara membuat tenaga surya Sanspower 6

Jika Anda perhatikan, permukaan sel surya tidaklah benar-benar halus namun sedikit memiliki teksturisasi agar dapat menyerap gelombang cahaya matahari secara optimal. Proses teksturisasi biasanya dilakukan dengan menggunakan larutan basa berupa NaOH ataupun KOH yang akan membuat permukaan panel menjadi memiliki tekstur yang berfungsi untuk mengurangi pemantulan sinar matahari.

Difusi Fosfor

cara membuat tenaga surya Sanspower 1

Setelah proses teksturisasi, silikon wafer ini kemudian dimasukkan ke dalam dapur pemanas bersuhu tinggi untuk mendapatkan difusi fosfor melalui sisi permukaan wafer silikon tersebut – cara membuat tenaga surya

Penghilangan Lapisan Silikon n-type Pada Sisi Wafer Silikon

cara membuat tenaga surya Sanspower 1

Lapisan silikon n-type harus dibersihkan agar tidak menghubungkan antar dua permukaan yang bisa saja mengakibatkan malfunction pada panel surya yang dihasilkan. Proses menghilangkan lapisan ini dilakukan dengan cara memotongnya dengan menggunakan plasma agar lebih presisi.

Pembuatan Lapisan Anti –Refleksi

cara membuat tenaga surya Sanspower 2

Tahapan umum cara membuat tenaga surya yang berikutnya adalah dengan membuat lapisan anti refleksi pada permukaan panel. Lapisan ini merupakan lapisan transparan yang berfungsi untuk meneruskan cahaya matahari agar jatuh ke permukaan wafer silikon dan tidak memantulkannya agar bisa diubah menjadi energi listrik.

Pelapisan Dengan Logam

cara membuat tenaga surya Sanspower 3

Hal ini bertujuan untuk silikon tersebut dapat bersifat konduktif yakni mengalirkan elektron dari sel surya.

Pemanasan Suhu Tinggi

cara membuat tenaga surya Sanspower 4

Proses pemanasan menggunakan suhu tinggi diperlukan untuk memampatkan lapisan metal konduktif pada panel agar dapat berfungsi secara maksimal dan optimal.

Uji Kelayakan Dan Pemilahan Sel Surya

Jika sudah sampai ke tahap ini boleh dikatakan bahwa proses pembuatan sel surya berbahan dasar silikon telah selesai dilakukan. Proses pengujian dan pemilahan ini bertujuan untuk memilih sel-sel surya yang bisa bekerja optimal sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Pembuatan Modul Sel Surya

cara membuat tenaga surya Sanspower 5

Agar dapat digunakan secara efektif maka tiap-tiap sel surya harus dirangkai dalam modul yang lebih besar. Satu modul bisa berisikan 20-30 buah sel surya yang berukuran 10×10 cm atau 15×15 cm.

Itulah tahapan umum yang akan dilalui dalam proses pembuatan panel surya yang menggunakan bahan dasar Silikon. Panel sel surya merupakan media teknologi yang dapat digunakan untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi harian.

Baca juga: Inilah Cara Membuat Tenaga Surya Hemat Energi

PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

One thought on “Beginilah Cara Membuat Tenaga Surya Yang Harus Anda Ketahui

  1. Konten artikel yang sangat menarik dan informatif. Mari akses artikel keren terkait lainnya : https://unair.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *