Posted On: Oktober 30, 2020

Cara Memasang Panel Surya Sesuai Kebutuhan 

pemasangan panel surya

Cara Memasang Panel Surya Sesuai Kebutuhan – Di luar negeri penggunaan tenaga alternatif mulai banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang untuk menggantikan sumber tenaga listrik yang menggunakan minyak bumi maupun batu bara. Hal tersebut juga mulai merambah masuk di Indonesia, terbukti dengan banyaknya kampanye penggunaan tenaga surya sebagai sumber daya energi alternatif.

Apabila Anda hendak menggunakan panel surya, Anda harus mengetahuai bagaimana langkah pemasangannya yang tepat. Dengan begitu, mesin panel dapat disesuaikan dengan kontur wilayah dan kebutuhan penggunanya. Jika panel tidak dipasang sesuai dengan teknis pemasangan yang benar, maka penggunaannya kurang optimal.

Agar tidak salah dalam memasang, berikut merupakan beberapa cara yang bisa Anda terapkan guna memasang panel cahaya matahari. Umumnya teknis pemasangan yang biasa digunakan adalah pemasangan di atap rumah dan di tanah, utamanya ruang terbuka yang mudah terkena sinar matahari.

Pemasangan Panel Surya di Tanah

Seperti namanya, pemasangan panel surya ini diletakkan di tanah karena ia dinilai lebih menguntungkan dibandingkan di pasang atap. Terdapat beberapa pilihan jenis pemasangan panel di tanah, diantaranya adalah:

1. Pemasangan Model Pondasi

pasang panel surya pondasi

Jenis ini merupakan tipe yang paling banyak digunakan untuk pemasangan panel di tanah. Jika Anda hendak menggunakan tipe pemasangan ini, Anda harus memasang pipa di tanah yang telah di ekskafasi atau penggalian, sehingga pemasangan panel menjadi lebih mudah. Tanah yang digunakan untuk model pemasangan tipe ini harus kuat dan tidak mudah amblas.

2. Pemasangan Model Balassted Footing

pasang panel surya tipe ballasted

Jenis pemasangan panel surya selanjutnya adalah model ballasted footing jika tanah yang digunakan sebagai tempat pemasangan mesin panel tidak dapat dilakukan ekskafasi. Di atas tanah akan dipasangi beton-beton sebagai dasar dari pipa milik panel surya, sehingga ia tetap dapat berdiri diatas tanah dan menghadap matahari.

3. Pemasangan Model Satu Tiang

pasang panel surya tipe pole mount

Untuk Anda yang ingin model pemasangan yang efisien dan lebih cepat, menggunakan model pemasangan satu tiang bisa dipertimbangkan. Keuntungan dari penggunaan model pemasangan ini adalah ia tidak perlu menggunakan pondasi yang banyak guna meletakkan panel. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan tiang dengan ketinggian tertentu.

Jika Anda hendak memasang panel di tanah, terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah jenis dan kekuatan tanah yang terdapat di tempat pemasangan, besaran panel yang hendak digunakan, serta jenis pipa yang hendak digunakan. Pastikan semuanya dalam kondisi yang baik agar terhindar dari kerusakan.

Baca Juga: Bisa Dicoba, Inilah Alasan Mengapa Panel Surya Sangat Cocok Di Gunakan Di Indonesia

Pemasangan Panel Surya di Atap

Jenis pemasangan panel surya kedua adalah memasangnya di atap. Model ini biasanya digunakan untuk lingkungan yang ingin mendapatkan cahaya matahari dengan lebih maksimal. Selain itu, pemasangan panel surya di atap rumah juga dinilai lebih ekonomis dibandingkan memasangnya di tanah. Ini karena struktur pemasangannya bisa langsung disambungkan dengan atap rumah, berikut merupakan beberapa model yang bisa Anda gunakan.

1. Pemasangan Model Railed Mounting

panel surya di atap dengan rel

Ini merupakan jenis pemasangan yang paling umum ditemui jika Anda hendak menggunakan pemasangan model atap. Tiap panel akan disambungkan satu demi satu menggunakan pengikat khusus yang telah disiapkan. Sistem pengikat tersebut kemudian akan disambungkan langsung dengan atap rumah.

2. Pemasangan Model Rail-Less

pasang panel surya di atap tanpa rel

Jenis pemasangan kedua yang bisa Anda pertimbangkan adalah tipe rail-less, dimana mesin panel disambungkan menggunakan baut dan sekrup. Ini tentunya memberikan lebih banyak keuntungan dibandingkan pemasangan biasanya, sebab lebih cepat selesai dan efisien waktu. Namun pemasang haruslah mengerti benar teknik model rail-less untuk menghindari kerusakan pada panel.

Sebelum pemasangan panel surya di atap di lakukan, pastikan bahwa semua alat telah siap digunakan sehingga Anda tidak perlu turun naik. Perhatikan pula jarak antar atap, sehingga tetap tersedia jalur untuk Anda lewati ketika hendak melakukan perawatan mesin panel.

Demikianlah teknis dan cara pemasangan panel surya yang sering digunakan. Jika Anda mengalami kesulitan, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada tim pemasang mesin panel yang profesional. Mempertimbangkan kontur tanah dan lokasi Anda bisa menjadi aspek penting yang akan membantu proses pemasangan mesin panel tenaga matahari Anda.

Baca Juga:

PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *