Posted On: April 12, 2021

Manfaatkan Teknologi Solar Panel untuk Pompa Air pada Sistem Irigasi

solar panel untuk pompa air

Solar Panel untuk Pompa AirPada umumnya pompa air sering digunakan sebagai alat untuk memindahkan air dari sumbernya ke tujuan tertentu sesuai dengan kebutuhan. Pada dasarnya, pompa air bekerja dengan cara mengalirkan air melalui pipa hisap menuju saluran keluar dengan memanfaatkan impeller sebagai alat penghisapnya.

Dengan begitu, seluruh ruang udara akan terisi oleh air sehingga tercipta tekanan fluida untuk ditarik dari sumber air menuju lokasi tujuan yang dikehendaki. Untuk penggunaan mesin pompa air, air yang ada di dalam ruang impeller akan digerakkan menggunakan sebuah motor. Air akan terus didorong keluar menuju pipa output.

Kesuksesan irigasi persawahan bergantung pada penggunaan pompa air pertanian yang efektif dan efisien. Di pasaran selama ini banyak beredar jenis pompa air dengan sumber energi bahan bakar minyak, listrik, maupun solar panel untuk pompa air. Pompa ini digunakan untuk membantu kelancaran proses irigasi sawah agar proses pertanian dan perawatan lahan pertanian dapat maksimal.

Solar Panel untuk Pompa Air – Siap Gantikan Sistem Irigasi Lama

pompa air tenaga surya

Pompa air yang beredar di pasaran sangat bervariasi model dan bentuknya. Banyak sekali perbedaan mencolok yang diunggulkan oleh masing-masing pabrikan. Akan tetapi secara sistem sebenarnya pompa air tidak terlalu banyak jenisnya. Yang paling awal berada di dunia irigasi adalah pompa air sentrifugal.

Pompa air ini biasanya digerakkan oleh motor diesel yang mempunyai tenaga besar. Pompa ini memiliki kapasitas debit air yang tinggi, sehingga aneh jika pompa ini sering digunakan untuk mengaliri areal yang luas. Pompa ini biasanya bersifat tetap, dan jarang sekali dipindah-pindah karena volume yang relatif besar dan berat. Sehingga para petani lebih memilih menggunakan selang plastik untuk membantu meningkatkan efektifitas penyaluran air dari pompa ini.

Baca Juga:

Jenis selanjutnya adalah pompa air Alkon. Pompa ini memiliki bentuk relatif kecil dan harganya juga sangat terjangkau. Pompa ini sering digunakan untuk mengaliri areal yang lebih kecil. Karena kapasitas debit air yang relatif rendah pompa ini jarang dipakai untuk waktu yang lama. Pompa ini sangat mudah untuk dipindah-pindah, atau bahkan dibawa pulang setelah selesai digunakan.

Berikutnya adalah pompa air listrik. Pompa ini dulunya hanya dipakai untuk kapasitas rumahan karena biaya listrik yang relatif besar. Karna bahan bakar minyak semakin naik, akhirnya pompa air jenis ini juga dikembangkan untuk kebutuhan irigasi pertanian. Perpindahan ini menghadirkan keuntungan yang sangat besar bagi petani, karena dengan menggunakan pompa air listrik dinilai mengurangi biaya operasional dengan signifikan.

Berawal Dari Pompa Air Listrik – Solar Panel untuk Pompa Air Ikut Berkembang

solar panel untuk pompa air

Efisiensi yang tinggi pada pompa air listrik mengakibatkan penelitian pada pompa ini terus berkembang. Hingga saat ini telah dikenal dengan memanfaatkan solar panel untuk pompa air. Solar panel ini digunakan untuk menggantikan aliran listrik konvensional dari PLN.

Jadi jika semula pompa air listrik menggunakan listrik dari PLN, kini listrik cukup disuplai dari solar panel untuk pompa air. Solar panel ini bekerja dengan menangkap sel foton yang dipancarkan oleh sinar matahari. Kemudian sel foton tersebut dirubah menjadi energi listrik dan selanjutnya dimanfaatkan untuk sumber energi pompa air tenaga surya.

Pemanfaatan solar panel untuk pompa air mendapatkan sambutan yang baik bagi seluruh masyarakat karena keuntungan yang diberikan sangat banyak. Kebutuhan air di pedalaman tidak lagi sulit dengan memanfaatkan solar panel untuk pompa air. Jadikan pompa air tenaga surya terbaik sebagai sistem irigasi pertanian Anda agar keuntungan berlimpah dapat Anda peroleh.

Baca Juga:

PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *