Posted On: Agustus 2, 2021

Sistem Swakelola Bantu Penggunaan Dana Desa untuk Kesejahteraan Warga

penggunaan dana desa untuk apa saja dana desa 2021 sanspower

Sistem Pengelolaan Dana Desa Harus Dilakukan Oleh Desa Secara Swakelola

Penggunaan Dana Desa Untuk Apa Saja, Sanspower – Kementerian Desa PDTT telah menetapkan pengelolaan dana desa wajib dilakukan mandiri oleh warag desa setempat. Hal ini dilakukan agar Dana Desa semuanya bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh warga desa, bukan oleh kontraktor proyek.

Namun, sebelumnya, banyak proyek dana desa yang menggunakan jasa kontraktor dari luar desa sehingga manfaat dana desa kurang langsung bisa dirasakan warga. Menggunakan kontraktor luar berarti perputaran uang terjadi di luar desa. Sedangkan dana desa diharapkan bisa menggerakkan roda ekonomi di desa. Jika proyek-proyek dikerjakan mandiri oleh warga setempat, tentunya warga bisa memperoleh pemasukan sehingga ekonomi desa bisa terus berputar.

Dikutip dari cnnindonesia.com, Kemendes PDTT mengungkapkan bahwa penggunaan jasa kontraktor untuk mengerjakan proyek dana desa memang tidak bisa disalahkan. LKPP mengatur bahwa proyek yang nilainya di atas Rp200 juta atau dengan pekerjaan yang kompleks tidak boleh dilakukan secara swakelola. Penggunaan Dana Desa Untuk Apa Saja, Sanspower.

Baca Juga >>> Manfaat Dana Desa untuk Bangun Fasilitas Air Bersih

Penggunaan Dana Desa Untuk Apa Saja, Sanspower – Dana desa memberikan manfaat yang banyak bagi keseluruhan lapisan warga melalui berbagai macam program yang dicanangkannya. Pembangunan infrastruktur dasar menjadi salah satu bagian penting yang paling berdampak bagi warga. Termasuk diantaranya pembangunan infrastruktur penyedia air bersih dan sanitasi.

Menyelesaikan permasalahan air bersih di desa dengan memasang Pompa Air Tenaga Surya

Dalam penggunaan anggaran dana desa, pemerintah juga dapat menyelesaikan permasalahan air bersih di desanya dengan memasang Pompa Air Tenaga Surya (PATS). Sistem PATS ini dinilai mampu menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan dengan air bersih, bahkan untuk daerah terpencil sekalipun yang belum dialiri jaringan listrik PLN.

Tenaga penggerak yang memanfaatkan energi surya ini menjadikan PATS dapat dipasang di mana saja asal ada sinar matahari. PATS dapat digunakan untuk mempercepat perwujudan desa layak air bersih dan sanitasi serta desa berenergi bersih dan terbarukan – Penggunaan Dana Desa Untuk Apa Saja, Sanspower.

Baca Juga >>> Akhirnya, Warga Mendapat Layanan Infrastruktur lewat Pemanfaatan Dana Desa


PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.
PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *