Oktober 27, 2020

Inilah Beberapa Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019

dana desa pompa tenaga surya

Inilah Beberapa Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 – Desa adalah  pemukiman masyarakat yang memiliki banyak potensi luar biasa untuk dikelola dengan maksimal. Seperti, air, lahan, keindahan alamnya dan lain sebagainya. Sehingga penyaluran dana untuk mengoptimalkan potensi ini sangat diharapkan oleh masyarakat.

Tapi tidak hanya di bidang SDA saja, Sumber Daya Manusia juga tidak luput dari perhatian pemerintah. Sudah cukup sering kita temukan prioritas penggunaan dana desa, khususnya pada tahun 2019 yang diberdayakan untuk pengembangan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia), baik di bidang kesehatan, kecukupan pangan dan lainnya.

Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi

Dalam upaya penyedian air bersih pemerintah bisa menggunakan pompa air tenaga surya untuk mewujudkannya. Pompa air bertenaga intensitas sinar matahari bisa digunakan untuk memompa dan mendistribusikan air bersih dari sumber mata air.  Melewati proses filterasi, membuat air yang dihasilkan oleh pompa air tenaga surya ini lebih bersih dan sehat. Kesehatan masyarakat tentu akan terjaga.

Mengenai masalah sanitasi, penyediaan anti septik di tempat umum dan himbauan untuk membersihkan kloset dari pemerintah adalah upaya untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat pedesaan.

dana desa ketahanan pangan

Pengembangan Ketahanan Pangan

Di tahun 2019 prioritas penggunaan dana desa juga diberdayakan untuk pengembangan ketahanan pangan masyarakat yang tujuan dari sasaran output-nya  kegiatan pengembangan tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan kelembagaan distribusi dan cadangan pangan dan juga stabilitas harga pangan.

Dalam pengembangan ini, tentu banyak aspek yang harus diperhatikan, seperti dalam bidang agraris, penyediaan air yang melimpah dari pompa air tenaga surya harus lebih dioptimalkan lagi, terlebih saat musim kemarau. Begitu pula di bidang lainnya, seperti peternakan, industri dan lain sebagainya.

Kesehatan Ibu Hamil dan Balita

Masalah kesehatan ibu hamil dan balita ini juga ada hubungangannya dengan ketersediaan air bersih di desa. Dana desa harus benar-benar diberdayakan untuk menghasilkan air yang bersih supaya kebutuhan mineral yang baik untuk ibu hamil dan balita dapat dipenuhi. Salah satunya dengan upaya menggunakan pompa air tenaga surya tadi.

Prioritas penggunaan dana untuk ibu hamil dan tidak hanya air bersih saja, tetapi juga menyangkut kebutuhan gizi lainnya. Adanya posyandu di desa termasuk upaya meningkatkan kesehatan ibu hamil dan belita.

Baca Juga: Rekomendasi Penggunaan Dana Desa 2021

Pengembangan Apotik Hidup Desa

Supaya masyarakat desa tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, adanya prioritas pengembangan apotik hidup desa pada tahun 2019 memberikan harapan luar biasa bagi masyarakat. Karena dari sini SDM (Sumber Daya Manusia) pedesaan akan menjadi lebih baik. Sehingga tenaganya bisa disalurkan untuk membantu penyelesaian proyek tertentu.

Tidak hanya itu, SDM pedesaan yang sehat bisa memaksimalkan tenaganya untuk mencari penghasilan yang lebih baik. Itulah pentingnya mengapa pengembangan apotik hidup di desa diprioritaskan pendanaannya oleh pemerintah.

dana desa pertanian

Penanggulangan Kemiskinan di Desa

Dalam menanggulangi kemiskinan di pedesaan juga mencangkup berbagai bidang utamanya dalam bidang agraris dan peternakan. Sebab, dua bidang ini umumnya yang digeluti masyarakat pedesaan dalam usaha meningkatkan perekonomiannya.

Pemberian fasilitas pompa air tenaga surya di pedesaan juga termasuk uluran bantuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa di bidang pertanian dan peternakan. Selain itu, adanya pemberian modal berupa biaya dan hewan ternak juga masuk pada prioritas penggunaan dana desa. 

Melihat prioritas pada tahun 2019 ini, sangat memungkinkan penurunan angka kemiskinan di Indonesia, khususnya pada masyarakat pedesaan yang minim lapangan kerja.

Kegiatan Pembangunan

Selanjutnya, prioritas pemberdayaan dana juga dipusatkan di bidang pembangunan yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Seperti pada perbaikan dan pembangunan jembatan, pengaspalan atau perbaikan jalan, selokan, perbaikan sungai, dan lumbung desa serta pembangunan lainnya menjadi perhatian penyaluran dana pada tahun 2019.

Upaya ini sangat menentukan keselamatan dan kesehatan SDM (Sumber Daya Manusia) di desa serta peningkatan kebersihan lingkungan yang mengacu pada Sumber Daya Alam yang ada di desa. Seperti kualitas air sungai, kebersihan selokan dan lain-lain.

Itulah pembaca, beberapa prioritas penggunaan dana desa di tahun 2019 yang dipusatkan pada dua sumber daya sekaligus yaitu sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada di pedesaan dengam tujuan untuk menyejahterakan rakyat, khususnya yang bermukim di desa. Baik dalam bidang kesehatannya, ekonominya serta pembangunaan di desa.

 

PT Java Surya Teknik (Sanspower) telah membangun ratusan Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan pembangunan PATS di wilayah anda kepada perusahaan yang memiliki  reputasi dalam membangun dan merancang solusi untuk proyek Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *