Posted On: Agustus 13, 2020

Menentukan Pompa Air Sumur Dalam yang Sesuai Kebutuhan Anda

pemasangan pompa submersible

Pompa Submersible — Dalam menentukan pompa air sumur dalam yang tepat tak jauh beda dengan cara memilih pompa air sumur yang lain. Yang menjadikan pompa tersebut berbeda yaitu ukuran kedalaman sumur yang digunakan, di mana harus sesuai dengan spesifikasi pompa itu sendiri.

Terdapat dua jenis sumur bor di antaranya sumur dangkal dan dalam. Sumur bor dalam memiliki kedalaman lebih dari 10 meter. Sehingga tak mungkin menggunakan pompa air untuk sumur dangkal sebab batas daya hisap maksimal sekitar 9 meter saja. Bila di rumah Anda kedalaman sumur lebih 10 meter, berarti Anda harus menggunakan pompa sumur dalam.

Jenis Mesin Pompa Air Sumur Dalam

Pada jenis mesin pompa sumur dalam juga masih terbagi jadi dua tipe pompa air, antara lain.

  1. Pompa Jet atau Jet Pump

macam-macam jet pump

Tipe pompa air ini kebanyakan dipasang di jenis sumur dalam, baik itu sumur bor ataupun sumur galian besar. Pompa jenis ini memiliki batas spesifikasi daya hisap sampai kedalaman 60 meter maksimalnya. Adapun teknik pemasangan jet pump tidak berbeda jauh dengan pemasangan pompa sumur dangkal.

Hal yang membuat mesin pompa ini berbeda adalah instalasi pipa hisap yang mempunyai dua jalur di mana salah satunya berfungsi mendorong air ke pipa hisap. Umumnya jet pump membutuhkan daya listrik yang cukup besar, sebab menggunakan motor elektrik yang berkekuatan lebih besar ketimbang tipe pompa air untuk sumur dangkal.

  1. Pompa Air Submersible

pompa submersible lorentz

Jenis pompa submersible biasa juga disebut dengan pompa air benam/celup, karena pompa ini dioperasikan di dalam air. Pompa submersible akan rusak jika dihidupkan di luar air atau area kering untuk waktu yang lama. Pompa submersible tidak mempunyai daya hisap tetapi memiliki daya dorong. Daya dorong ini dapat dicapai sesuai kekuatan mesin pada kebutuhan debit air yang Anda inginkan.

Sementara prinsip kerja pompa air ini sangat berbeda jauh dengan pompa jet yang bekerja dengan menghisap air. Namun mesin tipe pompa air submersible yakni dengan mendorong air. Pompa celup adalah tipe mesin sentrifugal yang mempunyai susunan kipas lebih dari satu, dan dapat bergerak dengan cepat menggunakan motor listrik yang berada dalam casing, dengan begitu mesin bisa memompa air ke permukaan.

Baca Juga:

Pompa Air Tipe Submersible

pomp submersible sumur dalam

Sistem ini memiliki berbagai kelebihan, yaitu.

  • Mesin pompa tipe ini sangat cocok untuk sumber air untuk sumur di mana mesin pompa masuk ke lubang casing dan pastinya akan terlihat lebih ringkas.
  • Kelebihan selanjutnya untuk pompa air submersible ialah tersedia bagi beragam kedalaman sumur, bahkan mesin ini bisa dipasang di sumur sampai kedalaman 200 meter.
  • Pompa air benam ini lebih awet daripada pompa air lainnya, dikarenakan mesin ini kedap air, jadi tak mudah air masuk ke inti mesin. Pada umumnya, pompa air yang mengalami kerusakan disebabkan adanya air yang masuk pada dinamo motor hingga mengakibatkan induksi serta merusak mesin pompa air.
  • Tidak mengeluarkan suara bising. Karena mesin pompa diletakan terendam di dalam air, jadi suara pompa air ini dapat teredam oleh air.
  • Mesin pompa tidak mudah panas, hal ini terjadi karena motor listrik pompa tersebut ada di dalam air, dengan begitu dapat menjaga suhu mesin, dengan catatan selama sumber airnya tidak menyusut.
  • Tak perlu memikirkan kedepannya mesin untuk menghisap air sebab pompa air benam ini tidak memiliki pipa penghisap.
  • Tak perlu khawatir air masuk hingga merusak mesin pompa karena pompa air submersible kedap air.

Tetapi pompa air benam ini tak hanya punya kelebihan, mesin ini pun memiliki kekurangan sebagai berikut.

  • Ketika mesin rusak, maka pompa tersebut akan sulit diperbaiki. Hal ini disebabkan sistem pompa air submersible ini sangat tertutup rapat, sebab pompa tipe ini kedap air, karenanya penutupan mesin ini betul-betul serius tanpa ada celah sedikitpun sehingga mencegah air masuk.
  • Supaya penggunaannya awet, pilih pompa air benam yang berkualitas dan tentunya pompa berkualitas harganya cukup mahal.

Baca Juga:

2 thoughts on “Menentukan Pompa Air Sumur Dalam yang Sesuai Kebutuhan Anda

  1. kami membutuhkan pompa air

    • Ardhi Kusuma

      Terima kasih sudah berkunjung ke situs Sanspower.
      Silakan bisa langsung menghubungi tim kami di 081392276191 – 081249911495, bisa telepon/WA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *