Posted On: Juli 28, 2021

Dana Desa Bantu Warga Semakin Betah Tinggal Di Desa Melalui Pembangunan Infrastruktur

kemendes dana desa untuk bangun infrastruktur-sanspower-dana desa

Kemendes, Sanspower – Inovasi adalah kata kunci yang harus disadari oleh semua komponen masyarakat Indonesia dalam kaitannya dengan dana desa. Dana desa perlu digunakan dengan inovasi-inovasi yang tepat guna agar menghasilkan program yang mempunyai nilai manfaat tinggi.

Dana desa yang bisa dikelola dengan baik akan menghasilkan program-program unggulan yang bisa meningkatkan kualitas hidup warga desa. Kualitas hidup yang baik dan memadai tentu akan membuat warga desa betah tinggal di desa dan tentunya terus produktif. Produktif menghasilkan produk-produk lokal yang berkualitas tinggi. Kemendes, Sanspower –

Kemendes, Sanspower – Dikutip dari www.liputan6.com, Menteri Koordinator bidang Perekonomian,  Bapak Darmin-Nasution pada sebuah seminar-nasional di Hotel Grand-Sahid Jaya menyatakan bahwa “Dengan clustering, gabungan beberapa KK bisa bekerja sama mengolah tanah pertaniannya. Tidak seluruh lahannya untuk tanaman padi, sebagian lain untuk kolam ikan konsumsi, serta lainnya. Melalui cara ini warga bisa memilih komoditas apa yang sekiranya cocok di daerahnya”.

Baca Juga >>> Manfaat Dana Desa untuk Bangun Fasilitas Air Bersih

Jika model pertanian clustering ini bisa terwujud, maka warga bisa meningkatkan kesejahteraannya jika dibandingkan dengan bertani sendiri-sendiri.

Kemendes, Sanspower – Pergeseran sistem pertanian ke arah clustering harus disertai dengan pembangunan infrastruktur pertanian yang memadai.

Agar semua itu segera terwujud, maka pembangunan infrastruktur yang memadai di sektor pertanian harus segera dapat diwujudkan. Dimulai dari pembangunan fasilitas yang paling vital seperti sistem irigasi dan penyedia air. Dengan adanya pembangunan yang tepat sasaran, maka kesejahteraan petani juga akan dapat segera direalisasikan.

Salah satu infrastruktur vital yang harus didahulukan adalah sistem irigasi. Dalam hal ini Kemendes telah memberikan ruang yang luas bagi Pemdes untuk mengelola dana desa dengan baik sesuai dengan kebutuhan desa. Kemendes menghimbau bahwa pembangunan dari pinggiran harus segera direalisasikan untuk membantu mewujudkan stabilitas nasional.

Baca Juga >>> Bangun Saluran Irigasi, Warga Singakerta Manfaatkan Dana Desa

Dalam membangun sistem irigasi, Pemdes dapat memanfaatkan Pompa Air Tenaga Surya (PATS). Pompa ini dinilai paling efektif untuk semua daerah bahkan yang belum teraliri jaringan listrik PLN karena pompa ini hanya mengandalkan sinar matahari sebagai energi penggerak pompa.

Dengan menggunakan PATS, maka Pemerintah desa telah turut membantu Pemerintah pusat untuk mewujudkan desa berenergi bersih dan terbarukan. PATS membantu seluruh lapisan masyarakat menuju ke kesejahteraan berkelanjutan yang memperhatikan kelestarian lingkungan.


PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.
PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *