Posted On: September 3, 2020

Edukasi Sistem Pompa Air Tenaga Surya Sanspower

edukasi sanspower pompa air tenaga surya

Sanspower hadir sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan khususnya pada implementasi Pompa Air Tenaga Surya (PATS). Misi Sanspower adalah memenuhi prinsip energi berkeadilan dan mampu memberikan manfaat serta solusi berkesinambungan untuk kesejahteraan semua masyarakat Indonesia.

Kendala yang masih ditemui dalam implementasi teknologi PATS ini adalah pengetahuan masyarakat yang masih belum merata. Masyarakat Indonesia masih belum semua mengetahui bahwa tenaga surya dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan pompa.

Menghadapi kendala tersebut, Sanspower juga memberikan edukasi terkait implementasi PATS. Kegiatan edukasi ini ada yang sifatnya diberikan di kelas di workshop Sanspower ada pula yang dilaksanakan di lokasi pemasangan PATS. Berikut ini beberapa penjelasan tentang kegiatan edukasi yang bisa dilakukan tim Sanspower.

1. Edukasi Tentang Teknologi Pompa Air Tenaga Surya

Kegiatan ini dilakukan tim Sanspower dengan tujuan memberikan edukasi pada peserta bahwa tenaga surya dapat digunakan untuk menggerakkan pompa air. Peserta edukasi akan diberikan penjelasan tentang bagaimana komponen-komponen PATS bekerja.

edukasi pompa air tenaga surya sanspower

Edukasi ini bisa dilakukan dalam kelas ataupun di lokasi pemasangan. Pada setiap selesai pemasangan PATS di satu lokasi, teknisi Sanspower pasti akan melakukan edukasi ke teknisi lokal dan warga sekitar. Diharapkan dengan edukasi ini operator dapat mengoperasikan sistem PATS dengan bair dan benar. Edukasi pada warga juga perlu dilakukan agar warga mengetahui tentang teknologi PATS dan dapat ikut menjaga kelangsungan sistem tersebut.

2. Edukasi Tentang Teknis Pemasangan, Perawatan, Dan Operasional PATS

Edukasi ini lebih ditujukan untuk teknisi-teknisi baik dari kontraktor maupun pihak terkait yang membutuhkan. Kegiatan edukasi teknis ini meliputi beberapa pokok bahasan berikut ini:

  • Dasar-dasar tentang panel surya. Peserta akan diberikan dasar pengetahuan tentang panel surya mulai cara kerja, spesifikasi, jenis-jenis, rangkaian, hingga memilih panel surya yang sesuai untuk PATS.
  • Dasar-dasar tentang pompa air khususnya merek Lorentz. Peserta akan diberikan pengetahuan tentang pompa Lorentz, mulai dari jenis-jenis, cara kerja, karakteristik, hingga pemasangan.
  • Komponen-komponen PATS. Peserta akan diberikan pengetahuan tentang komponen apa saja yang ada dalam satu sistem PATS secara utuh. Semua komponen penyusun sistem PATS akan dijelaskan satu per satu hingga peserta mengerti fungsi masing-masing dan dapat merangkainya dalam 1 kesatuan sistem yang tepat.

proses edukasi teknis sanspower

  • Cara pemasangan sistem PATS. Peserta akan diajarkan langkah-demi langkah bagaimana merangkai semua komponen menjadi sistem PATS yang utuh.
  • Cara operasional dan perawatan PATS. Selain pemasangan, peserta juga akan diberikan pengetahuan bagaimana mengatur kinerja Pompa Air Tenaga Surya. Selanjutnya bagaimana melakukan perawatan pada sistem pompa dengan baik dan benar.
  • Troubleshoting ringan. Yang tidak kalah pentingnya, peserta harus bisa melakukan trouble shoting ringan untuk menentukan kesalahan atau kerusakan apa yang terjadi pada sistem PATS. Hal ini perting agar kesalahan sistem bisa diidentifikasi lebih awal dan lebih tepat sebelum dilakukan pemeriksaan lebih detil oleh tim teknis Sanspower.

Dari kegiatan training yang sudah dilakukan Sanspower diharakan kesadaran masyarakat tentang Pompa Air Tenaga Surya semakin meningkat. Kedepannya masyarakat bisa memaksimalkan potensi tenaga surya di Indonesia salah satunya dengan implementasi PATS. Demikian pembahasan singkat tentang edukasi Pompa Air Tenaga Surya oleh Sanspower semoga menjadi referensi yang bermanfaat.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *