Posted On: Maret 24, 2021

Cara Mencegah Kebakaran Pada Perangkat Panel Solar

panel-solar-sanspower

Cara Mencegah Kebakaran Pada Perangkat Panel Solar- Menggunakan pembangkit listrik tenaga surya memang bisa memberikan berbagai manfaat seperti hematnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) saat ini sedang banyak dikembangkan di berbagai negara karena mampu membantu mengurangi emisi karbon sehingga membuat lingkungan jauh lebih baik.

Dengan berbagai manfaat yang diberikan oleh PLTS, semakin banyak masyarakat yang menggunakan PLTS dan mempelajari berbagai informasi mengenai komponen yang dibutuhkan untuk membuat PLTS. Salah satu komponen yang cukup penting adalah panel surya atau solar panels.

Solar panels merupakan komponen yang berperan untuk menyerap energi cahaya matahari dan merubahnya menjadi energi listrik. Meski mampu memberikan manfaat yang sangat luar biasa, namun bukan berarti pemasangan solar panels ini tidak memiliki risiko negatif.

Sama seperti perangkat listrik lainnya, risiko yang sangat mungkin terjadi pada solar panels adalah risiko kebakaran. Beruntungnya hingga saat ini risiko kebakaran ini masih cukup minim dan jarang terjadi meski beberapa negara telah melakukan pemasangan PLTS secara besar-besaran.

Meski risiko ini cukup minim, namun dampak yang ditimbulkan jika risiko ini terjadi cukup besar. Hal inilah yang membuat Anda harus mengetahui informasi mengenai penyebab dan cara mencegah kebakaran pada panel solar sebelum Anda memutuskan untuk memasang PLTS ini di rumah Anda. Adapun penyebab kebakaran solar panels diantaranya :

  • Kecacatan pada desain, komponen
  • Kesalahan pemasangan

Kedua alasan tersebut menjadi alasan paling kuat mengapa solar panels bisa terbakar. Pada dasarnya karena solar panels memang dibuat untuk menyerap energi cahaya matahari, sehingga solar panels tidak akan mudah terbakar meski menghadapi suhu panas matahari yang tinggi. Namun jika terdapat malfungsi pada salah satu komponen di dalamnya, maka potensi terjadi kebakaran akan sulit untuk dihindari.

Baca Juga:

Untuk mencegah terjadinya kebakaran pada solar panels, Anda harus melakukan berbagai tindak pencegahan diantaranya :

Teliti Saat Membeli Panel Solar

Saat Anda ingin menggunakan PLTS sebagai penyuplai listrik utama di rumah Anda, maka Anda tidak boleh terburu-buru dan harus mempertimbangkan dengan teliti mengenai produk yang akan Anda pilih. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu mengenai keinginan Anda memasang PLTS dengan pihak terkait termasuk team yang akan membantu pemasangan PLTS.

Pastikan Anda meneliti terlebih dahulu produk panel solar yang akan dibeli. Cek kualitasnya dengan teliti dan tanyakan kepada penjual produk jika Anda menemukan kejanggalan pada produk yang akan Anda beli.

Pastikan Pemasangan Dengan Sempurna

Saat Anda mempersiapkan pemasangan PLTS di rumah Anda, pastikan Anda juga berkonsultasi mengenai prosedur pemasangan yang seharusnya dilakukan. Dengan berkonsultasi secara detail, Anda bisa mengetahui jika terjadi kesalahan pemasangan atau ada komponen yang harus mendapat perhatian lebih.

Saat pemasangan panel solar, sebaiknya Anda juga mengawasi dengan teliti proses pemasangan yang dilakukan agar Anda bisa mengetahui jika terdapat pemasangan yang janggal. Memastikan pemasangan solar panels terjadi dengan sempurna akan membuat Anda lebih mudah merawat dan mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi.

Lakukan Perawatan Secara Berkala

Solar panels merupakan perangkat listrik yang sangat penting, sehingga perlu perawatan yang teliti dan dilakukan secara berkala. Adapun perawatan yang bisa Anda lakukan diantaranya :

  • Memeriksa kemungkinan kerusakan dengan melihat visual panel
  • Cek suhu dan aliran panel listrik
  • Cek alat ukur dan kalibrasi perangkat
  • Cek kualitas sikring dan lampu panel
  • Cek funngsionalitas sirkuit keselamatan
  • Periksa aliran listrik dan papan terminal
  • Lakukan pembersihan panel listrik

Perawatan panel solar ini sebenarnya hanya bisa dilakukan oleh teknisi khusus yang memang memahami bidang listrik. Anda harus siap melakukan perawatan secara berkala ini jika Anda memang ingin solar panels Anda terhindar dari risiko negatif yang mungkin merugikan Anda.

Itulah beberapa pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi risiko kebakaran yang mungkin terjadi pada perangkat solar panels Anda. Risiko yang mungkin terjadi pada perangakat solar panels bisa diketahui sejak dini saat Anda melakukan perawatan terhadap perangkat tersebut.

Saat Anda menemukan ada kejanggalan pada perangkat panel solar yang digunakan, maka alangkah baiknya jika Anda segera meminta pihak terkait untuk memeriksa perangkat untuk menghindari kerusakan atau kebakaran perangkat. Dengan pencegahan yang baik, maka manfaat PLTS akan bisa Anda rasakan dengan maksimal.

Baca Juga:

PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya  (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.

PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *