Posted On: Juli 30, 2021

Rancang 3 Prioritas Dana Desa, Revitalisasi BUMDes Menjadi Harapan Warga

artikel tentang dana desa revilatisasi bumder-sanspower

BUMDes ini akan menjadi ujung tombak untuk pertumbuhan ekonomi di desa

Artikel Tentang Dana Desa, Sanspower – Pandemic Covid-19 memberikan berbagai dampak bagi kehidupan warga. Baik sosial, ekonomi, politik bahkan kesejahteraan masyarakat juga turut berdampak. Pemerintah terus berusaha membuat regulasi untuk menjaga kestabilan nasional dan ketahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pemerintah melalui Kementrian Pedesaan menyusun prioritas penggunaan dana desa dalam rangka memperbaiki dan mengurangi dampak COVID-19. Ada 3 prioritas utama penggunaan alokasi dana desa tahun 2021.

Prioritas pertama adalah pemulihan ekonomi nasional. Dana Desa diharapkan bisa dimaksimalkan untuk pengembangan BUMDes atau program lainnya yang bisa mendorong perbaikan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 ini.

Artikel Tentang Dana Desa, Sanspower – Langkah ini dinilai tepat sebagai bentuk sinergisitas antar kementerian dan lembaga pemerintahan lainnya. Semua berperan sesuai lingkup dan kapasitasnya masing-masing dengan tujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Dikutip dari cnnindonesia.com, Abdul dalam situs resmi Kemendes PDTT menerangkan bahwa nanti BUMDes ini akan menjadi ujung tombak untuk pertumbuhan ekonomi di desa, apalagi sudah berbadan hukum,”

BUMDes merupakan wadah yang tepat untuk merangsang semangat sebagai wadah kreatifitas serta usaha yang dilakukan oleh warga desa. Dengan adanya BUMDes, hasil kerajinan, hasil produksi, dan berbagai komoditas lain dapat dipasarkan melalui BUMDes. Dengan adanya hal ini, warga masyarakat tidak perlu lagi khawatir memikirkan bagaimana sulitnya memasarkan produk mereka.

Artikel Tentang Dana Desa, Sanspower – “Kemudian pengembangan usaha ekonomi produktif, utamanya yang dikelola oleh BUMDes dan BUMDesma,” tambah Abdul Halim Iskandar, Mendes PDTT.

Program berbasis teknologi informasi dan komunikasi

Kedua, alokasi implementasi teknologi informasi dan komunikasi atau dengan kata lain ekonomi desa go online. Diharapkan desa bisa membuat program mandiri untuk bisa mempromosikan produk unggulan desanya seccara online.

Baca Juga >>> Manfaat Dana Desa untuk Bangun Fasilitas Air Bersih

“Masih pada program prioritas nasional, ada juga mengembangkan desa wisata, desa inklusi dan penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting di desa,” imbuh Mendes PDTT. (sumber: cnnindonesia.com)

Artikel Tentang Dana Desa, Sanspower – Prioritas Ketiga, implementasi gaya hidup baru yaitu kebiasaan menjalankan protokol kesehatan menghadapi Covid-19. Diharapkan desa bosa kreatif untuk membuat program agar warganya bisa mengimplementasikan penanggunalangan Covid-19 dengan efektif.

Semua penggunaan dana desa terutama dalam sektor infrastruktur harus dikerjakan dengan sistem swakelola.

Semua penggunaan dana desa terutama dalam sektor infrastruktur harus dikerjakan dengan sistem swakelola. Sistem ini membatasi penggunaan dana desa tidak dilimpahkan pada pihak ketika dan harus dikerjakan mandiri oleh warga desa sendiri.

Hal ini penting dilakukan untuk memberikan akses lebih luas kepada warga untuk berpartisipasi aktif dalam penyaluran dana desa. Kebutuhan pekerja dapat diambilkan dari warga sekitar. Dengan adanya sistem seperti ini maka tingkat pengangguran akan dapat diturunkan dan masyarakat lebih sejahtera.

Pemerintah desa harus menempatkan prioritas penggunaan dana desa untuk infrastruktur vital dan tepat guna. Seperti penyediaan fasilitas air bersih dan sanitasi. Sektor ini merupakan kebutuhan utama bagi warga agar segera dapat dipenuhi. Pemerintah desa dapat juga membangun sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS).

Pompa ini dapat membantu warga dalam menyediakan air bersih di tempatnya. Banyak kelebihan yang dihadirkan oleh pompa yang menggunakan energi surya sebagai tenaga penggeraknya. Selain dapat menekan biaya operasional, tentu saja dengan menggunakan PATS maka akan turut serta membantu menjaga kelestarian lingkungan. Karena PATS bebas emisi yang dapat merusak alam. PATS siap membantu pemerintah desa mewujudkan desa berenergi bersih dan terbarukan – Artikel Tentang Dana Desa, Sanspower.

Baca Juga >>> Kemendesa PDTT Manfaatkan Dana Desa untuk Tingkatkan Daya Beli Warga


PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.
PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *