Posted On: September 3, 2020

Teknologi-Teknologi Yang Digunakan Pada PATS Sanspower

teknologi pada pompa lorentz sanspower

Sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) yang ditawarkan oleh Sanspower menggunakan produk utama dari Lorentz Jerman. Lorentz telah 20 tahun lebih mengembangkan PATS hingga dapat digunakan di seluruh dunia. Pompa Lorentz didesain khusus untuk digunakan dengan sumber energi listrik dari tenaga surya. Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan PATS, Lorentz membekali sistemnya dengan beberapa teknologi terkini yang mungkin tidak ditemukan di merek pompa lain. Berikut ini beberapa teknologi yang digunakan Lorentz pada sistem PATS Sanspower.

Controller PS2 dan PSk2

Sistem Pompa Air Tenaga Surya Lorentz dilengkapi dengan controller seri baru penyempurnaan dari seri sebelumnya (seri PS). Upgrade yang diberikan adalah perbaikan kemampuan perlindungan dari debu dan air, sebelumnya bersertifikat IP54 sekarang menjadi IP68. Arti dari sertifikat IP68  adalah, bahwa debu dan air tidak akan masuk ke dalam controller. Namun tetap perlu diperhatikan, bahwa ini adalah hasil uji dalam kondisi terstandar. Tetap lakukan perlindungan tambahan pada controller untuk meminimalkan resiko kerusakan.

controller sanspower

Upgrade selanjutnya adalah penambahan build-in data modul, Pada seri sebelumnya Anda harus membelinya secara terpisah jika ingin controller bisa terhubung dengan aplikasi PumpScanner. Data modul ini adalah satu alat yang memungkinkan controller tersambung ke aplikasi PumpScanner. Menggunakan PumpScanner yang terhubung ke controller, Anda dapat memonitor kinerja pompa dan sekaligus dapat mengatur beberapa hal teknis seperti putaran motor, pengaturan timer, dan lainnya.

PumpScanner

Sistem LORENTZ secara konstan merekam data operasional dan menyimpannya untuk analisis secara real time atau riwayat kerja. Controller memiliki modul Bluetooth ™ yang memungkinkan untuk koneksi nirkabel menggunakan perangkat Android ™ standar (ponsel atau tablet). Dengan aplikasi LORENTZ PumpScanner kami, yang dapat diunduh dengan mudah di Google Play Store, Anda dapat mengonfigurasi sistem hanya dengan beberapa klik pada perangkat pintar.

pumpscanner lorentz sanspower

Semua mitra dan pelanggan kami sekarang dapat menikmati PumpScanner di Google Play Store. PumpScanner dapat langsung diunduh di smartphone atau tablet apa saja dengan Android 4.3 atau lebih tinggi. Mitra dan pelanggan kami cukup mengetik “lorentz pumpscanner” ke Google Play, klik unduh dan nikmati manfaat PumpScanner yang meliputi:

  • akses data real time dan tersimpan untuk melacak kinerja dan manajemen pompa
  • mengurangi waktu dan biaya saat melakukan trouble shooting
  • akses ke informasi seperti volume air yang terpompa, penghematan energi dan biaya, dan fitur yang lebih canggih seperti tekanan dan kontrol level
  • akses ke pengatur waktu dan kontrol kecepatan untuk mengelola sumber daya air

Baca Juga:

PumpManager

pumpmanager lorentz

PumpManager memiliki fungsi yang sama dengan PumpScanner, namun dengan cara dan jangkauan akses yang berbeda. PumpScanner dapat terhubung dengan controller menggunakan jaringan internet sehingga dapat diakses dimanapun Anda berada tanpa harus datang ke lokasi.

Software Compass

Lorentz memfasilitasi partner kerjanya dengan software yang bernama COMPASS. Software COMPASS memungkinkan kita mendapatkan tipe pompa yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, data-data teknis lainnya juga bisa kita dapatkan seperti data konsumsi daya, banyaknya panel surya, output air, dan sebagainya.

software compass lorentz sanspower

Fitur-fitur software Compass:

  1. Sizing. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil perhitungan sistem PATS untuk jenis pompa Submersible (celup), Surface (pompa permukaan), dan Pool (pompa untuk kolam).
  2. Datasheet. Fitur ini menyediakan informasi teknis seperti spesifikasi prosuk dan gambar perbagian dari setiap produk. Data spesifikasi yang disediakan adalah Pump System (tipe-tipe pompa), PV Generator (panel surya), PV Mount (penyangga panel surya), dan Accessories (aksesoris instalasi).
  3. Knowledge. Fitur ini berisikan video-video yang terkait dengan PATS LORENTZ dan materi-materi tambahan pendukung pengetahuan tentang produk LORENTZ.

DC Brushless Motor

LORENTZ ECDRIVE adalah motor DC tanpa sikat (brushless) dan tanpa sensor. Desain unik ini telah dipilih karena efisiensinya yang sangat tinggi pada seluruh rentang beban pompa. ECDRIVE sangat cocok untuk aplikasi pemompaan air tenaga surya karena efisiensinya dapat dipertahankan bahkan pada saat hanya ada daya listrik rendah yang dapat dihasilkan dari panel surya.

ecdrive motor submersible brushless

Pada kenyataannya, ECDRIVE mengungguli motor AC berukuran serupa dengan efisiensi rata-rata 91% dibandingkan dengan 53% untuk motor AC. ECDRIVE memiliki efisiensi puncak 50% lebih baik daripada motor AC dan kurva efisiensi bergerak konstan dari 20% menjadi 120% beban (kecepatan).

Hybrid Power Smart Solution

Hybrid SmartSolution secara otomatis memadukan daya dari panel surya dan sumber eksternal lainnya, hanya menggunakan sumber eksternal hanya saat dibutuhkan. Ini bukan sistem switching yang beralih antar sumber tetapi secara efektif memadukan daya sehingga hanya daya yang dibutuhkan yang diminta dari sumber non-tenaga surya. Untuk solusi generator hybrid, ini berarti berjalan pada beban parsial, untuk solusi grid (jaringan listrik lokal) hybrid ini berarti menggunakan kWh dari grid sebagai top up.

hybrid system lorentz

Di manapun ada aplikasi pompa air yang krisis energi listrik, baik di aplikasi industri industri ataupun kolam renang komersial, LORENTZ SmartSolution dapat menyelesaikan masalah tersebut. PSk2 mengelola transisi penggabungan listrik dari tenaga surya ke jaringan listrik lokal atau dari tenaga surya ke generator diesel secara mulus dan tanpa perlu campur tangan operator.

Demikian pembahasan tentang beberapa teknologi yang digunakan pada sistem PATS Sanspower dengan Pompa Lorentz. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *