Posted On: Juli 30, 2020

Sekilas Tentang Pompa Air Tenaga Surya

panel surya untuk pompa air tenaga surya

Pompa Air Tenaga Surya (PATS) — Air merupakan kebutuhan yang sangat vital untuk kehidupan manusia. Air banyak digunakan untuk berbagai kegiatan, baik untuk kegiatan rumah tangga, keperluan irigasi hingga berbagai keperluan industri. Kebutuhan air bersih sangat penting untuk mendukung kehidupan manusia. Namun, tidak semua daerah mendapatkan sumber air yang sama dan tidak semua orang juga memiliki akses untuk mendapatkan air yang baik.

Untuk itu, sangat penting untuk memiliki teknologi yang dapat digunakan untuk dapat membantu menghasilkan air yang jernih untuk mendukung semua kebutuhan manusia. PATS merupakan solusi yang tepat untuk dapat memberikan air yang sehat untuk diakses lebih banyak orang. Dengan begitu kebutuhan akan air menjadi lebih mudah untuk terpenuhi.

Tenaga surya merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Menggunakan teknologi dengan tenaga surya akan lebih efektif untuk menghasilkan energi listrik. Dengan cahaya matahari yang selalu bersinar sepanjang tahun, tenaga surya akan sangat cocok untuk dimanfaatkan membangun PATS. Ada banyak manfaat yang dapat didapatkan dengan menggunakan tenaga surya mulai dari energi yang ramah lingkungan hingga penggunaan yang rendah biaya.

Penggunaan PATS telah membantu dalam menangani berbagai permasalahan seputar ketersediaan air di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa daerah yang sering mengalami kendala dalam mendapatkan air bersih sudah merasakan manfaat dari penggunaan pompa air ini seperti daerah Gunung Kidul dan Sumbawa. Di beberapa negara didunia yang juga sering mengalami kekurangan air juga telah menggunakan PATS.

Baca Juga:

Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya

pemasangan panel surya

Cara kerja dari PATS adalah menggunakan panel surya untuk dapat mengubah cahaya matahari dan mengubahnya menjadi tenaga listrik. Tenaga listrik yang dihasilkan akan digunakan untuk menggerakkan pompa. Tenaga surya yang dapat diperbaharui dan melimpah menjadikannya lebih mudah untuk diaplikasikan. Permasalahan umum yang sering ditemukan untuk dapat mendistribusikan air adalah keterbatasan energi, sehingga dengan adanya teknologi surya ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk membantu dalam mendistribusikan air bersih dengan cakupan yang lebih luas. Permasalahan keterbatasan energi contohnya adalah tidak adanya jaringan listrik PLN dan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM).

Pada Sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) menggunakan sistem pompa Lorentz dengan pilihan sistem pompa submersible ataupun pompa permukaan yang merupakan pompa multi tahap vertikal dapat menghasilkan volume air dalam jumlah yang besar dan tentunya menggunakan tenaga surya. Teknologi yang berasal dari tenaga surya ini dapat menggantikan teknologi listrik konvensional dan penggunaan generator diesel untuk menghasilkan listrik.

Beberapa Elemen Pada Pompa Air Tenaga Surya

sistem pompa tenaga surya

  • Jenis Pompa Yang Digunakan

Pompa merupakan elemen penting yang harus ada pada pompa air tenaga surya. Ada berbagai pompa yang digunakan. Beberapa diantaranya adalah pompa permukaan dan pompa submersible (pompa celup).

  • Sumber Daya

Sumber daya yang digunakan tentunya berasal dari tenaga surya yang telah diubah menjadi energi listrik menggunakan panel surya. Sistem penghasil daya juga dirancang sedemikian rupa sehingga untuk keadaan tertentu dapat dihubungkan ke jaringan listrik PLN ataupun menggunakan generator diesel.

  • Penampung Air

Digunakan sebagai wadah atau tempat untuk dapat menampung air dalam jumlah yang banyak. Jumlah air inilah yang akan dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan.

  • Jaringan Distribusi

Jaringan distribusi yang terhubung dengan sistem ini akan mengalirkan air untuk berbagai keperluan mulai dari irigasi hingga digunakan untuk konsumsi.

  • Sistem Monitoring

Penggunaan pompa air dapat diawasi dalam jarak jauh untuk mempermudah dalam mengatur dan memantau sistem. Data yang dimiliki dapat tercatat dan dapat dikelola lebih baik melalui perangkat baik handphone maupun komputer.

Baca Juga:

Keuntungan menggunakan pompa air tenaga surya

pompa air tenaga surya

  • Mudah dan Hemat

Tenaga surya yang digunakan dapat memberikan kemudahan untuk menghasilkan listrik tanpa harus melakukan pemasangan listrik, sehingga daerah-daerah yang tidak memiliki jaringan listrik tetap dapat menikmati aliran air yang bagus dan tanpa biaya operasional yang besar seperti tambahan bahan bakar.

  • Penggunaan Teknologi Pintar

Penggunaannya mudah dan dapat diatur serta diawasi dari jarak jauh menggunakan perangkat komputer ataupun telepon selular. Sehingga pengawasan dan perawatannya cukup mudah.

  • Dapat Berfungsi Dalam Berbagai Keadaan

Pompa air tenaga surya memanfaatkan cahaya matahari untuk energinya. Pompa air ini dapat terus berfungsi bahkan ketika cahaya matahari tidak cukup terik. Karena menggunakan cahaya matahari sebagai “bahan bakar”, sistem pompa jenis ini dapat dipasang di daerah-daerah terpencil sekalipun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *