Posted On: Agustus 3, 2020

Mengenal Pompa Air Tenaga Surya, Keuntungan Serta Pengaplikasiannya

pomp air tenaga surya sanspower

Pompa Air Tenaga Surya (PATS) dikenal sebagai salah satu solusi tepat bagi kawasan daerah yang membutuhkan penyaluran air tinggi, namun sulit untuk mendapatkan aliran listrik. Seperti yang Anda tahu, melakukan proses distribusi air itu dibutuhkan aliran listrik atau energi yang cukup besar. Sementara itu tenaga surya justru menyediakan energi yang melimpah. Karena itulah penggunaan tenaga surya untuk kemudian dimanfaatkan sebagai aliran listrik yang dapat membantu proses distribusi air pun sangat bermanfaat dan tentunya membantu warga masyarakat yang ada di sekitar kawasan tersebut.

Salah satu pompa air yang menggunakan sistem energi tenaga surya adalah Sanspower dengan pompa Lorentz PS2. Dengan mengandalkan tenaga surya, jenis pompa yang satu ini tentunya tidak membutuhkan energi listrik konvensional atau bahkan generator diesel.

Komponen-Komponen Utama PATS

  • Sistem Penampungan Air

sistem_penampungan_air

Dikarenakan menggunakan tenaga surya yang  hanya tersedia di siang hari, maka penting untuk memiliki penampungan air. Kebutuhan air selama sehari semalam akan dimaksimakan dipenuhi di siang hari. Penyimpanan ini dilakukan agar ketika memasuki waktu malam hari, Anda dapat terus menggunakan tanpa harus merasa takut atau bahkan khawatir akan kehabisan air. Sistem penyimpanan air ini juga bisa digunakan untuk menghadapi musim kemarau.

  • Sistem Monitoring 

sistem control dan monitoring

Unit monitoring ini adalah panel khusus yang mengatur kinerja pompa. Untuk Anda yang berperan sebagai pihak penyedia serta pengguna kini tidak perlu merasa khawatir. Pasalnya penggunaan pompa air tersebut pun telah dilengkapi dengan sistem monitoring yang canggih. Dengan demikian proses pengaturan data yang digunakan oleh pompa air pun dapat dilakukan dengan baik dan bahkan dapat dioperasikan dari jarak yang cukup jauh.

  • Sumber Daya 

panel_surya_sumber_listrik

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, jenis pompa air ini menggunakan sumber daya utama dari tenaga surya. Karena itulah untuk mendapatkan sumber ajr yang mencukupi, maka pastikan untuk melengkapi panel tenaga surya dan memasangnya dengan baik dan benar. Dengan demikian panel tenaga surya tersebut pun dapat menyerap energi matahari dengan mudah dan menghasilkan energi listrik yang optimal untuk kinerja pompa.

  • Penggunaan Jenis Pompa 

pompa_submersible

Untuk menghasilkan aliran air yang baik serta menyimpan kebutuhan air dalam jangka waktu lama, maka pemilihan dan penggunaan jenis pompa air pun harus dilakukan dengan tepat. Lorentz PS2 menyediakan beragam jenis pompa yang Anda butuhkan. Salah satu jenis pompa yang paling banyak digunakan adalah pompa celup atau Pompa Submersible. Jenis pompa air yang satu ini dikenal dengan kemampuannya yang dapat memompa air dari kedalaman 450 meter. Selain jenis pompa tersebut ada pula pompa permukaan yang dapat menyediakan keluaran debit dengan jumlah 60 m3 per jamnya.

Baca Juga:

Keuntungan Menggunakan Pompa Air Tenaga Surya 

Dari penjelasan di bagian atas tadi, dapat Anda lihat bahwa ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan jenis pompa air tenaga surya yang satu ini. Ingin tahu keuntungan apa saja? Berikut penjelasannya :

pompa-submersible

  • Tidak Membutuhkan Infrastruktur Khusus

Penggunaan tenaga surya sebagai sumber daya utama tentunya lebih memudahkan Anda dalam memasang pompa air. Dengan kata lain pemasangan pompa air tersebut dapat dilakukan di mana pun Anda menginginkannya bahkan tanpa harus membangun infrastruktur jaringan listrik khusus. Karena itulah sistem penggunaan tenaga surya ini umumnya dibangun secara mandiri di kawasan atau wilayah yang tidak terjangkau oleh infrastruktur dari tenaga listrik konvensional pada umumnya.

  • Biaya Operasional Lebih Murah 

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari sistem penggunaan tenaga surya ini adalah biaya operasional yang lebih rendah. Hal ini berkaitan dengan tidak adanya penggunaan bahan bakar fosil. Selain itu, untuk pengendaliannya pun dapat dilakukan dari jarak yang cukup jauh dan memiliki masa kerja yang lama. Karena itulah dapat dipastikan bahwa biaya operasional yang dibutuhkannya pun terbilang rendah. Anda hanya perlu menjaga panel surya tetap bersih, sistem perpipaan tidak tersumbat, dan sumber air terjaga kebersihannya.

  • Investasi Murah Dan Menguntungkan 

Penggunaan pompa air Lorentz PS2 dari Sanspower juga dikenal dengan penggunaan motor DC yang berjenis brushless. Menggunakan motor DC jenis ini kinerjanya pun dapat lebih dimaksimalkan dari segi efisiensi yang dimilikinya. Energi listrik arus DC yang dihasilkan panel surya dapat dimaksimalkan untuk menggerakkan pompa tanpa harus melalui komponen pengubah arus. Dari sistem yang dimilikinya tersebut, maka air yang dipompa pun umumnya akan lebih banyak tidak peduli seberapa besar dengan daya yang dihasikan panel surya. Tidak heran jika efisiensi tersebut pun dapat menghasilkan investasi dengan harga lebih murah dibandingkan pompa lainnya.

  • Resiko Rendah 

Selain beberapa keuntungan di bagian atas tadi, Anda yang menggunakan pompa ini juga dapat menghindari resiko teknis dengan lebih rendah. Hal ini berkaitan dengan keberadaan pompa Lorentz PS2 itu sendiri yang dikenal memiliki sistem perlindungan yang lengkap. Sistem perlindungan ini antara lain controller yang telah dilengkapi dengan rangkaian pengaman, sistem terminal panel surya, sensor sumur, sensor sinar matahari, sensor tandon, sensor tekanan air, dan berbagai sistem pengaman lainnya. Semua sistem pengaman tambahan ini memang dirancang untuk memberikan pengalaman penggunaan pompa yang minim resiko. Semua potensi resiko coba diminimalkan untuk menjaga kinerja pompa tetap maksimal.

Pengaplikasian Pompa Air Dengan Sistem Tenaga Surya

Jika pada umumnya orang-orang hanya mengetahui bahwa pompa air digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi sehari-hari saja, hal tersebut kurang tepat. Pasalnya keberadaan pompa air itu sendiri dapat Anda aplikasikan dalam beragam kebutuhan air lainnya, seperti halnya :

  • Kebutuhan Sistem Irigasi

implementasi_untuk_irigasi_

Sebagai negara agraris, sistem irigasi menjadi hal penting bagi masyarakat Indonesia saat ini. Selain digunakan untuk irigasi lahan produktif, pompa air tenaga surya juga sangat potensial untuk irigasi yang dapat mengubah lahan yang tandus menjadi produktif kembali. Banyak wilayah di Indonesia mempunyai potensi sumber sir permukaan yang melimpah tetapi tidak dapat dimaksimalkan karena letaknya yang jauh dari lahan warga. Solusi masalah ini adalah dengan memompa air tersebut sehingga lebih mudah diakses oleh warga. Menggunakan tenaga surya tentu bukan halangan untuk mengoperasikan pompa di lokasi manapun.

  • Kebutuhan Air Minum 

implementasi untuk air bersih

Keberadaan Pompa Air Tenaga Surya selanjutnya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari masyarakat. Dalam hal ini berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan air minum. Dengan pompa air yang menggunakan sistem tenaga surya, Anda bisa melakukan proses pendistribusian dari berbagai macam sumber mata air bersih yang kemudian dapat disimpan dalam satu penampungan khusus sehingga dengan demikian kebutuhan air minum dapat terpenuhi

  • Kebutuhan Kolam Renang

pompa-kolam-renang

Penggunaan pompa air untuk kebutuhan kolam renang dikenal sebagai penggunaan terbanyak kedua setelah ditujukan untuk memenuhi kebutuhan keseharian Anda. Selain melakukan proses pendistribusian air menuju kolam renang. Pompa dengan sistem tenaga surya ini juga dapat Anda gunakan untuk melakukan penyaringan dari jenis air kotor menjadi air yang lebih bersih. Hal ini terbukti dari banyaknya penggunaan pompa air tenaga surya untuk kolam renang pribadi dan kolam renang umum.

Pemasangan Pompa Air Tenaga Surya 

Meskipun pemasangan pompa air tenaga surya dapat dilakukan dengan mudah, namun untuk mendapatkan hasil maksimal maka proses pemasangan perlu dilakukan oleh tenaga ahli serta profesional yang telah berpengalaman. Dengan demikian sebagian besar manfaat pompa air tenaga surya pun dapat Anda rasakan dengan lebih mudah.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *