Posted On: Agustus 26, 2020

Menikmati Listrik Gratis Dengan Menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

pembangkit listrik tenaga surya

Listrik merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang harus selalu dipenuhi setiap harinya. Namun sayangnya, belum semua wilayah bisa menikmati energi listrik ini dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS menjadi jalan keluar yang efektif bagi wilayah tersebut. Karena dapat diketahui bahwa selama ini mayoritas masyarakat sangat mengandalkan listrik yang bersumber dari PLN. Baik itu untuk menghidupkan lampu, menonton televisi, dan sebagainya. Tetapi ternyata listrik dari PLN pun belum menjangkau wilayah-wilayah tertentu yang terbilang pelosok. Sehingga inovasi berupa PLTS menjadi pertolongan yang sangat membantu masyarakat di dalam menjalankan aktivitasnya.

Salah satu masalah yang menyebabkan keberadaan listrik belum merata adalah karena kondisi geografis dari Indonesia sendiri yang terdiri dari pulau-pulau, gunung, dan pemukiman penduduk yang menyebar di beberapa wilayah. Hal inilah yang kemudian menjadi kesulitan tersendiri untuk mendistribusikan listrik di wilayah-wilayah tertentu. Dengan begitu dibutuhkan adanya sumber energi alternatif yang bisa memenuhi kebutuhan listrik masyarakat yang belum dijangkau listrik PLN.

PLTS Sebagai Solusi Energi Ramah Lingkungan

Patut disyukuri bahwa Indonesia terletak di garis khatulistiwa. Di mana hal ini menyebabkan Indonesia bisa mendapatkan sinar matahari dengan sangat mudah sepanjang tahunnya. Dan karena bisa mendapatkan sinar matahari secara lebih sering, maka pemanfaatan matahari untuk digunakan sebagai sumber listrik masyarakat pun sangat memberikan banyak manfaat dan membuatnya tidak bergantung dengan PLN.

Penggunaan PLTS sama halnya ketika Anda menggunakan pompa air tenaga surya yang sama-sama memanfaatkan sinar matahari untuk bisa berproses menghasilkan energi. Bahkan dengan menggunakan sinar matahari, hal ini sekaligus sebagai solusi energi ramah lingkungan dan mengurangi dampak dari global warming yang selama  ini menjadi permasalahan serius.

Selain itu, untuk mendapatkan sinar matahari yang melimpah ini, Anda bisa menggunakannya secara gratis. Di mana energi yang dapat dihasilkan oleh matahari saat siang hari sedang cerah bisa mencapai 1000 watt per meter persegi pada massa udara (AM) 1,5.

Dengan begitu, ketika Anda menggunakan PLTS, hal ini menjadi salah satu langkah Anda yang baik untuk menyelamatkan bumi dan bisa tetap menjalankan aktivitas secara lancar dengan memanfaatkan energi terbesar di bumi ini.

Keuntungan Menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

pembangkit listrik tenaga surya ramah lingkungan

Ketika Anda menggunakan PLTS untuk memenuhi kebutuhan akan listrik Anda sehari-hari, maka ada banyak hal yang bisa didapatkan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Energi Yang Tidak Pernah Habis

Matahari sebagai energi terbesar di bumi yang terbarukan, hal ini tidak membuat energi tersebut habis sampai kapan pun. Walaupun Anda gunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Jadi, saat Anda memilih untuk menggunakan PLTS, maka Anda tidak perlu khawatir energi ini bisa habis.

  • Ramah Lingkungan

Menggunakan pembangkit listrik tenaga surya sangat ramah lingkungan. Di mana energi matahari tidak akan menghasilkan emisi karbon yang menimbulkan polusi seperti layaknya saat Anda menggunakan BBM. Jadi, tidak mengherankan jika saat ini banyak negara maju yang memanfaatkan energi matahari untuk memenuhi kebutuhan listriknya sekaligus bisa mencegah pemanasan global yang mampu menyebabkan terjadinya perubahan iklim yang tidak menentu.

  • Perawatan Yang Tidak Merepotkan

Perawatan yang dibutuhkan semuah sistem PLTS sangatlah minim. Anda hanya perlu menjaga panel surya tetap bersih agar konversi sinar matahari menjadi maksimal. Selanjutnya untuk komponen lain Anda hanya perlu mengecek dengan interval waktu tertantu. Sangat berbeda dengan penggunaan listrik PLN, memang Anda tidak melakukan perawatan, tapi Anda harus membayar tagihan listrik bulanan. Hal serupa terjadi jika Anda menggunakan generator diesel. Tiap hari Anda harus membeli BBM, mengecek kondisi pelumas, pendingin, dll. Berbeda dengan PLTS yang minim untuk diberikan perawatan secara khusus. Sehingga Anda pun akan terhindar dari adanya biaya perawatan.

Baca Juga:

Merencanakan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Untuk membangun sebuah PLTS, maka perencanaan sangatlah penting. Mengingat bahwa alat ini sangat bergantung dengan keberadaan matahari. Sedangkan matahari hanya ada di saat siang hari, sedangkan saat malam alat ini tidak akan bisa beroperasi. Oleh karena itu, PLTS membutuhkan baterai yang bisa menyimpan energi matahari dalam jumlah yang lebih untuk digunakan saat malam hari. Berikut adalah beberapa hal yang perlu direncanakan saat membangun PLTS.

  1.   Menghitung Jumlah Energi Yang Dibutuhkan

Penting sekali sebelumnya Anda mengetahui berapa banyak energi yang dibutuhkan untuk Anda gunakan sehari-harinya. Baik untuk penggunaan kulkas, berapa banyak lampu yang Anda gunakan di rumah, dan sebagainya. Upayakan untuk menghitung secara jelas, sehingga Anda tidak mengalami kekurangan energi listrik di rumah. Hitungan total daya ini lah yang nantinya menjadi acuan untuk menentukan besarnya kapasitas PLTS yang Anda perlukan.

  1.   Penentuan Jumlah Panel Surya

Dikarenakan saat Anda menggunakan PLTS, maka panel surya adalah peralatan utamanya. Dengan begitu, penting sekali untuk mengetahui berapa besar energi yang dihasilkan oleh solar panel yang digunakan untuk memperhitungkan jumlah panel surya yang akan dipasang.

  1.   Pengadaan Baterai

Baterai ini diperlukan untuk menyimpan kelebihan energi mataharu yang bisa Anda manfaatkan saat malam hari ketika tidak terdapat sinar matahari.

Komponen Di Dalam Pembangkit Listrik Tenaga Surya

komponen plts sederhana

Untuk bisa menggunakan pembangkit listrik tenaga surya, maka komponen-komponen inilah yang dibutuhkan.

  1.   Solar Panel

Keberadaan solar panel digunakan untuk mengonversikan tenaga matahari menjadi listrik. Dalam sebuah solar sel bisa menghasilkan tegangan sekitar 0,5 volt. Dengan begitu, dalam sebuah panel surya 12 volt memiliki sekitar 36 sel untuk menghasilkan 17 volt tegangan maksimum.

  1.   Charge Controller

Charge controller ini digunakan untuk mengatur pengisian baterai. Dan perlu diketahui bahwa dalam tegangan maksimum yang dihasilkan oleh solar sel panel saat siang hari yang terik bisa menghasilkan tegangan tinggi yang mampu merusak baterai.

  1.   Inverter

Komponen ini adalah perangkat elektrik yang akan mengonversikan arus searah (DC) dari panel surya untuk menjadi arus bolak balik (AC) yang bisa digunakan di peralatan elektronik pada umumnya.

  1.   Baterai

Komponen baterai adalah perangkat kimia yang digunakan untuk menyimpan listrik yang didapat dari tenaga matahari. Jika Anda tidak menggunakan baterai ini, maka energi yang didapat dari matahari hanya bisa Anda gunakan saat siang hari saja ketika ada matahari. Tegangan dari panel surya yang dihasilkan kemudian akan digunakan oleh charge controller untuk mengisi baterai.

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Sebenarnya cara kerja dari pembangkit listrik tenaga surya ini tidaklah terlalu rumit. Perlu diketahui bahwa komponen utama dari energi matahari adalah sel fotovoltaik atau umunya dikenal dengan panel surya. Di mana sel tersebut berperan menangkap sinar/ cahaya matahari dan diubah menjadi listrik. Setelah sinar matahari ditangkap oleh sel foltovotaik, cahaya tersebut akan membuat komponen semi konduktor silikon di panel surya bereaksi secara kimi adan menghasikan listrik. Panel surya yang sudah dirangkai sedemikian rupa dapat menghasilkan listrik yang cukup untuk mensuplai kebutuhan listrik Anda

Melihat bahwa banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan pembangkit listrik tenaga matahari dengan komponen-komponennya yang tidak terlalu banyak serta proses kerja yang sederhana, maka PLTS ini bisa menjadi cara baru Anda dalam menikmati listrik. Tentunya Anda bisa mendapatkan energi alami ini secara gratis setiap waktu.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *