Posted On: Agustus 2, 2021

Pelaksanaan Dana Desa Berbasis Permasalahan Desa

pelaksanaan dana desa untuk infrastruktur dana desa sanspower

Jika diberdayakan dengan baik, desa akan menjadi pondasi kokoh untuk menopang stabilitas ekonomi Bangsa Indonesia.

Pelaksanaan Dana Desa — Desa memiliki peran penting terkait perannya dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara. Potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang melimpah menjadikan desa sebagai unsur penting. Unsur penting yang harus diperhatikan untuk membawa peradaban bangsa yang sejahtera.

Selama ini masih banyak permasalahan yang oleh desa beserta seluruh penduduk yang ada di dalamnya. Padahal, jika diberdayakan dengan baik, desa akan menjadi pondasi kokoh untuk menopang stabilitas ekonomi Bangsa Indonesia.

Salah satu permasalahan yang hingga kini masih kerap dihadapi oleh sebuah desa adalah permasalahan kemiskinan, pengangguran, kelaparan, serta kualitas pendidikan yang kurang baik.

Sebenarnya pemerintah juga tidak berpangku tangan dalam menghadapi permasalahan ini. Akan tetapi mungkin karena luasnya daerah indonesia dan berbagai macam bentuk keragamannya menjadikan sulitnya pemerataan kesejahteraan di seluruh penjuru negara Indonesia.

Salah satu terobosan yang kini mulai menampakkan keberhasilannya adalah pelaksanaan Dana Desa. Dana desa berperan penting dalam pembangunan infrastruktur dan pengurangan pengangguran di wilayah pedesaan beberapa tahun terakhir.

Dikutip dari antranews.com, Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT) meminta pelaksanaan Dana Desa didasarkan pada permasalahan desa. “Dana Desa itu sebenarnya adalah untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi di sana (desa, red.), salah satu permasalahan yang dihadapi oleh sebuah desa, yaitu kemiskinan, pengangguran, kelaparan, serta kualitas pendidikan angka partisipasi murni belajar yang selalu menurun,” ujarnya.

Baca Juga >>> Manfaat Dana Desa untuk Bangun Fasilitas Air Bersih

SDGs desa menjadi panduan penting bagi pemerintah desa

Abdul Halim Iskandar mengatakan telah menyiapkan “roadmap” pembangunan desa melalui SDGs Desa yang nantinya bisa menjadi rujukan desa di seluruh Indonesia. “Dan itu butuh dukungan dari semua pihak termasuk dari perguruan tinggi,” katanya. (Sumber: antranews.com)

SDGs desa menjadi panduan penting bagi pemerintah desa dalam memproyeksikan kebutuhan desa yang akan direalisasikan melalui pelaksanaan dana desa. Hal-hal yang dituangkan di dalam SDGs Desa sebenarnya sangat tepat jika semua desa dapat mewujudkannya.

Karena pada dasarnya semua yang dituangkan di sana adalah hal-hal vital yang apabila desa dapat mewujudkannya maka bukan tidak mungkin jika desa itu akan menjadi desa yang sejahtera.

SDGs desa mengatur hal-hal kebutuhan paling mendasar seperti kebutuhan air dan sanitasi sampai dengan wadah yang dapat mengembangkan kewirausahaan dan usaha warga desa seperti Badadan Usaha milik Desa (BUMDes). Sayang sekali jika pemerintah desa tidak dapat mengakomodir semaksimal mungkin maksud baik dari pemerintah pusat.

Kebutuhan mendasar dan berkelanjutan lainnya adalah untuk mewujudkan desa berenergi bersih dan terbarukan.

Kebutuhan mendasar dan berkelanjutan lainnya adalah untuk mewujudkan desa berenergi bersih dan terbarukan. Dalam perumusan SDGs Desa, pemerintah pusat sudah memperhatikan kelestarian alam dan warisan lingkungan yang sehat untuk anak cucu kita. Perwujudan infrastruktur sampai dengan pendataan warga juga diatur dalam SDGs Desa.

Dalam mencapai SDGS desa layak air bersih dan sanitasi, pemerintah desa dapat menggunakan dana desa untuk memasang sistem pompa air tenaga surya (PATS). Pompa ini akan membantu warga dalam upaya mempermudah pasokan air ke rumah mereka agar dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga atau irigasi pekarangan mereka.

PATS merupakan suatu sistem pompa yang tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dan jaringan listrik PLN sebagai sumber energi untuk menggerakkan pompa. Jadi dengan hal ini dapat dipastikan biaya operasional PATS akan dapat ditekan semaksimal mungkin.

Dengan menggunakan PATS maka pemerintah desa juga turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. PATS merupakan pilihan tepat untuk pelaksanaan dana desa. PATS membantu mewujudkan SDGs Desa serta keinginan penduduk desa untuk menciptakan desa berenergi bersih dan terbarukan.

Baca Juga >>> Tingkatkan Daya Beli Warga dengan Alokasi Dana Desa untuk Padat Karya


PT. Java Surya Teknik (Sanspower) telah turut memperkenalkan dan mengembangkan teknologi panel surya khususnya untuk membangun ratusan sistem Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di seluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi mitra terpercaya dengan terdaftar sebagai Approved Partner Distribution dari Lorentz Jerman.

Percayakan kebutuhan panel surya anda kepada perusahaan yang memiliki reputasi dalam membangun dan merancang sistem tenaga surya di wilayah anda.
PT Java Surya Teknik.
Graha Pena Jawa Pos Jl. Ahmad Yani No.88 Lantai 1 ruang 102 Surabaya Jawa Timur
Telp: 031 3360 1211 – 031 3360 1233
Email: hello@sanspower.com
Whatsapp: 081392276191 – 081249911495

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *